Logo BeritaSatu

Wabah Covid di Shanghai Ancam Rantai Pasokan Global

Kamis, 7 April 2022 | 11:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Shanghai, Beritasatu.com- Wabah Covid-19 yang suram di Shanghai, Tiongkok mengancam lebih banyak gangguan rantai pasokan global. Seperti dilaporkan The Guardian, Rabu (6/4/2022), lockdown yang diberlakukan atas wabah Covid-19 terburuk di Tiongkok telah memukul manufaktur dan dapat menyebabkan penundaan dan harga yang lebih tinggi.

Ketika Shanghai mengumumkan rekor tertinggi harian lainnya dengan 16.766 kasus pada Rabu, direktur kelompok kerja kota untuk pengendalian epidemi dikutip oleh media pemerintah mengatakan bahwa wabah di kota itu "masih berjalan pada tingkat tinggi".

Meskipun rendah menurut standar internasional, Shanghai adalah wabah terburuk di Tiongkok sejak virus itu menyerang Wuhan pada Januari 2020 yang memicu pandemi global.

Seluruh populasi Shanghai yang berjumlah 26 juta sekarang di-lockdown dan ada ketidakpuasan yang meningkat di antara orang-orang yang telah hidup dengan pembatasan pergerakan mereka selama berminggu-minggu karena pihak berwenang tetap teguh pada kebijakan nol-Covid mereka untuk menghilangkan penyakit.

Setidaknya 38.000 personel medis telah dikerahkan ke Shanghai dari bagian lain Tiongkok, bersama dengan 2.000 personel militer, dan kota itu sedang menguji penduduk secara massal.

Wabah terpisah terus mengamuk di provinsi timur laut Jilin dan ibu kota, Beijing, juga melihat sembilan kasus tambahan. Pekerja menutup seluruh pusat perbelanjaan di kota di mana sebuah kasus telah terdeteksi.

Ada tanda-tanda yang meningkat bahwa ekonomi Tiongkok melambat tajam karena lockdown. Aktivitas di sektor jasa Tiongkok mengalami kontraksi pada laju paling tajam dalam dua tahun di bulan Maret karena lonjakan kasus Covid-19 membatasi mobilitas dan membebani permintaan. Indeks manajer pembelian (PMI) Caixin yang diawasi ketat turun ke 42,0 pada Maret dari 50,2 pada Februari. Penurunan di bawah tanda 50 poin memisahkan pertumbuhan dari kontraksi.

Survei yang sama menunjukkan kontraksi di sektor manufaktur raksasa negara itu minggu lalu dan para ekonom memperingatkan pada Rabu (6/4) bahwa mungkin ada yang lebih buruk yang akan datang ketika penguncian Shanghai mulai memengaruhi angka-angka untuk beberapa bulan mendatang.

Pasar saham di Asia adalah lautan merah pada hari Rabu dengan Nikkei turun 1,5% dan Hang Seng turun lebih dari 2%. Pasar Eropa juga turun di awal perdagangan.

Alex Holmes dari Capital Economics mengatakan tumpahan ke seluruh Asia dari wabah Covid di Tiongkok sejauh ini relatif kecil tetapi "kemungkinan gangguan besar pada rantai pasokan tetap menjadi risiko besar dan terus meningkat".

“Semakin lama gelombang berlangsung, semakin besar peluangnya. Faktor risiko tambahan adalah bahwa setelah berbulan-bulan mengalami gangguan, rantai pasokan global sudah sangat meregang. Sekarang ada potensi yang jauh lebih besar untuk hambatan kecil untuk memiliki dampak yang besar,” ujarnya.

Dua tahun gangguan dari pandemi telah menggeser rantai pasokan ekonomi global yang kompleks, menyebabkan kenaikan tajam pada harga komoditas, makanan, dan barang konsumsi.

Perang di Ukraina telah menambah inflasi, terutama dalam harga minyak dan biji-bijian, dan penutupan lebih lanjut di Tiongkok dapat memperburuk situasi.

Christian Roeloffs, salah satu pendiri dan kepala eksekutif perusahaan logistik yang berbasis di Hamburg, Container xChange, mengatakan volatilitas pasar telah menyebabkan ketidakpastian yang menyebabkan penundaan besar-besaran dan pengurangan kapasitas.

Lockdown yang disebabkan oleh Covid-19 di Tiongkok dan perang Rusia-Ukraina telah menghancurkan harapan pemulihan rantai pasokan, yang telah bergulat untuk mengimbangi tekanan implikasi yang dihasilkan dari ini dan banyak lagi gangguan lainnya.”

Roeloffs mengatakan dislokasi yang dipicu oleh coronavirus dan ketegangan geopolitik berarti bahwa perusahaan sedang mencari cara untuk mengurangi ketergantungan mereka pada arteri perdagangan utama AS-Tiongkok dan berusaha untuk mendiversifikasi jalur pasokan mereka.

Agustín Carstens, kepala Bank for International Settlements, mengatakan tarif yang lebih tinggi mungkin diperlukan selama beberapa tahun untuk memerangi inflasi. Harga berjalan panas di seluruh dunia dengan ekonomi maju melihat tingkat inflasi tertinggi selama beberapa dekade. Di Inggris Raya, inflasi mencapai 6,2%, sedangkan di AS harga telah meningkat sebesar 7,9% sepanjang tahun hingga Februari – tingkat tertinggi dalam 40 tahun.

Di Jenewa, Carstens mengatakan membangun rantai pasokan baru yang mengurangi ketergantungan barat pada Tiongkok akan mahal dan mengakibatkan produksi yang lebih tinggi diteruskan ke konsumen dalam bentuk harga dan oleh karena itu suku bunga yang lebih tinggi untuk mengekang inflasi.

“Apa yang dimulai sebagai sementara dapat menjadi mengakar, karena perilaku beradaptasi jika apa yang dimulai dengan cara itu berjalan cukup jauh dan berlangsung cukup lama. Sulit untuk menentukan di mana ambang batas itu berada, dan kami mungkin baru mengetahuinya setelah melewatinya,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ditetapkan Tersangka, Dirut PT LIB Dinilai Lalai Verifikasi Stadion

Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita ditetapkan sebagai tersangka tragedi Kanjuruhan, karena dinilai lalai tidak memverifikasi stadion layak fungsi.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri: 11 Personel Tembakkan Gas Air Mata

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa, sebanyak 11 anggotanya menembakkan gas air mata di dalam stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur

NEWS | 6 Oktober 2022

KTT G-20, Relokasi PLTG Grati ke Bali Tuntas Akhir Oktober

PLN menargetkan relokasi PLTG Grati ke Bali selesai akhir Oktober sebagai bentuk dukungan untuk KTT G-20.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dirut LIB Tersangka Tragedi Kanjuruhan Pernah Jadi Terlapor Kasus Rumah Judi

Salah satu tersangka tragedi Kanjuruhan, Dirut Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita sebelumnya sempat jadi terlapor di kasus rumah judi

NEWS | 6 Oktober 2022

Jadi Tersangka, Dirut PT LIB Sempat Sesalkan Tragedi Kanjuruhan

Salah satu pihak yang ditetapkan sebagai tersangka pada tragedi Kanjuruhan yakni Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita

NEWS | 6 Oktober 2022

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri menyebutkan banyak korban tewas pada tragedi Kanjuruhan karena pintu stadion terkunci dan tidak ada petugas yang berjaga.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Sebanyak enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 6 Oktober 2022

Komnas Perempuan: Pencegahan KDRT Harus Dilakukan secara Sistematik

Komnas Perempuan untuk melakukan pencegahan terhadap kekerasan dalam rumah tangga KDRT harus dilakukan secara sistematik

NEWS | 6 Oktober 2022

Perkara Korupsi Helikopter AW-101 Tunggu Jadwal Sidang

Perkara dugaan korupsi Helikopter AW-101 kini tinggal menunggu jadwal untuk disidangkan. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang Puncak G-20, Mendagri Tinjau Pembangunan TPST Kesiman Kertalangu

Mendagri berharap, pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu rampung pada akhir Oktober 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Kapolri: 11 Personel Tembakkan Gas Air Mata

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri: 11 Personel Tembakkan Gas Air Mata

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings