Logo BeritaSatu

Kabar Baik! 1 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Zifivax Diproduksi di Indonesia

Sabtu, 9 April 2022 | 07:25 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk mempercepat transfer teknologi pengembangan vaksin Covid-19, PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia bekerja sama dengan PT Jakarta Biophramaceuticals Industry (JBio) memproduksi 3 batch atau sekitar 1 juta dosis vaksin Zifivax yang dikembangkan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical asal Tiongkok dengan platform rekombinan protein sub-unit. Kerja sama mencakup penggunaan fasilitas fill and finish di Biotis.

Kepala Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengapresiasi kolaborasi transfer teknologi kedua perusahaan. Pasalnya, PT JBio membutuhkan waktu lama untuk menyiapkan fasilitas produksi yang memenuhi standar Good Laboratory Practice (GLP) and Good Manufacturing Practice (GMP). Sementara, PT Biotis telah mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) atau Good GMP dari BPOM dalam rangka mendukung pengembangan vaksin Merah Putih.

“Ada 3 batch atau 1 juta dosis vaksin Zifivax siap diproduksi, tetapi akan melewati uji stabilitas guna mendapatkan data-data registrasi UEA (emergency use authorization/izin penggunaan darurat). Vaksin Zifizax diproduksi di Indonesia fill and finish-nya,” kata Penny pada saat konferensi pers terkait “Pendampingan Produksi Vaksin Zifivax” di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia di Kawasan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/4/2022).

Sebagaimana diketahui, vaksin Zifivax secara global telah mendapatkan EUA dari BPOM. Namun untuk bulk vaksin Zifivax yang diproduksi di Indonesia harus melalui tahap registrasi dan kelengkapan data-data.

Penny menjelaskan bahwa persetujuan EUA setelah dilakukan serangkaian uji pra-klinis dan uji klinis untuk menilai keamanan, imunogenisitas, dan efikasi/khasiat. EUA ini juga diterbitkan setelah melalui pengkajian secara intensif oleh BPOM bersama Tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19 dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Penny menegaskan BPOM terus melakukan pendampingan dan pengawasan pengembangan vaksin Zifivax untuk menegakkan standar-standar internasional sehingga menghasilkan vaksin Covid-19 bermutu dan bisa menjadi produk yang bisa diekspor.

Ia menambahkan, pengembangan vaksin merupakan hal positif untuk mengendalikan pandemi. Semua pihak berkolaborasi untuk menjadi pemenang melawan pandemi. Untuk itu, Penny berharap industri farmasi Indonesia terus berkembang sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa mandiri terkait pengadaan obat dan vaksin.

Vaksin Zifivax digunakan untuk indikasi pencegahan Covid-19 yang disebabkan Virus SARS-CoV-2 pada orang berusia 18 tahun ke atas. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali suntikan secara intramuskular (IM) dengan interval pemberian 1 bulan dari penyuntikan pertama ke penyuntikan berikutnya. Dosis vaksin yang diberikan pada setiap kali suntikan adalah 25 mcg (0,5 mL).


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KSP: Iriana, Sosok Ketulusan dalam Proses Perdamaian Ukraina-Rusia

Keikutsertaan Ibu Negara Iriana menemani Presiden Jokowi ke Ukraina, memberi pesan keterlibatan perempuan yang membawa ketulusan.

NEWS | 30 Juni 2022

Jokowi Buka Lebar Pintu Indonesia bagi Warga Ukraina

Kunjungan Presiden Jokowi ke Ibu Kota Kyiv Ukraina sekaligus membuka pintu Indonesia melalui penandatanganan perjanjian pembebasan visa.

NEWS | 30 Juni 2022

Hari Ini, RUU KIA Cuti Hamil Akan Disahkan Jadi Inisiatif DPR

DPR hari ini akan menggelar rapat paripurna pengesahan RUU KIA, yang mengatur cuti hamil, sebagai RUU inisiatif DPR.

NEWS | 30 Juni 2022

Ukraina Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Suriah

Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (29/6/2022) mengumumkan berakhirnya hubungan diplomatik antara Ukraina dan Suriah.

NEWS | 30 Juni 2022

Tiongkok Peringatkan Bentukan NATO Versi Asia Pasifik

Tiongkok memperingatkan kemungkinan pembentukan NATO versi Asia Pasifik. NATO versi Asia-Pasifik hanya akan membawa lebih banyak kekacauan.

NEWS | 30 Juni 2022

Kronologi dan Motif Penganiayaan Remaja di Taman Sempur

Polresta Bogor Kota mengungkapkan kronologi dan motif penganiayaan remaja putri FC (15) oleh 5 teman di Taman Sempur, Kota Bogor.

NEWS | 30 Juni 2022

Zelensky Minta Dukungan NATO Rp 74 Triliun Per Bulan

Zelensky meminta dukungan dana US$ 5 miliar per bulan atau Rp 74 triliun dari blok Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

NEWS | 30 Juni 2022

AS akan Distribusikan Dua Juta Vaksin Cacar Monyet

Amerika Serikat (AS) akan mendistribusikan dua juta dosis vaksin cacar monyet. AS melampaui 300 kasus infeksi secara nasional.

NEWS | 30 Juni 2022

Cek Bantuan Jalan, Ganjar Pranowo Diserbu Emak-emak

Sosok dan karisma Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memang selalu menjadi daya tarik bagi banyak orang.

NEWS | 30 Juni 2022

NATO Resmi Undang Swedia dan Finlandia untuk Jadi Anggota

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) telah secara resmi mengundang Swedia dan Finlandia yang sebelumnya nonblok untuk bergabung sebagai anggota

NEWS | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KSP: Iriana, Sosok Ketulusan dalam Proses Perdamaian Ukraina-Rusia

KSP: Iriana, Sosok Ketulusan dalam Proses Perdamaian Ukraina-Rusia

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings