Logo BeritaSatu

Harga Pangan Global Capai Rekor Tertinggi Selama Perang Ukraina

Sabtu, 9 April 2022 | 11:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Paris, Beritasatu.com- Harga pangan dunia mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada Maret karena invasi Rusia ke Ukraina. Seperti dilaporkan AFP, Jumat (8/4/2022), Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menyatakan invasi Rusia ke Ukraina telah memicu kekhawatiran krisis kelaparan global, terutama di Timur Tengah dan Afrika.

Rusia dan Ukraina, dengan daerah penghasil biji-bijian yang luas yang merupakan salah satu lumbung pangan utama dunia, menyumbang sebagian besar ekspor dunia dalam beberapa komoditas utama seperti gandum, minyak sayur, dan jagung.

"Harga komoditas pangan dunia membuat lompatan signifikan pada bulan Maret untuk mencapai level tertinggi yang pernah ada, karena perang di wilayah Laut Hitam menyebarkan kejutan melalui pasar untuk biji-bijian dan minyak nabati," kata FAO.

Indeks harga pangan FAO, yang telah melaporkan rekor pada Februari, melonjak 12,6 persen bulan lalu, "membuat lompatan raksasa ke level tertinggi baru sejak didirikan pada 1990. Indeks, ukuran perubahan bulanan harga internasional sekeranjang komoditas makanan, rata-rata 159,3 poin pada bulan Maret.

“Kenaikan [Harga] adalah yang paling terlihat di negara-negara di mana bagian pendapatan yang dapat dibelanjakan yang dihabiskan untuk makanan adalah yang tertinggi. Dalam kasus ini, yang paling rentan cenderung melewatkan waktu makan, membeli makanan yang kurang bergizi, atau menggunakan strategi penanggulangan lainnya, yang akan memiliki efek jangka panjang pada kesehatan dan kesejahteraan mereka,” tambah FAO.

Joseph Glauber, peneliti senior di Institut Penelitian Kebijakan Pangan Internasional, mengatakan sebelum invasi, harga sudah mendekati rekor tertinggi karena terbatasnya pasokan global.

“Tingkat stok yang diproyeksikan sudah rendah dibandingkan beberapa tahun terakhir, yang berarti hanya ada sedikit pasokan yang tersedia untuk menahan dampak pengurangan ekspor yang berasal dari Laut Hitam,” katanya.

IFPRI memperkirakan bahwa Ukraina dan Rusia menyumbang 12% dari kalori yang diperdagangkan di dunia.

Glauber mengatakan volatilitas harga pangan terasa di mana-mana. Negara-negara yang sangat bergantung pada gandum dari Rusia dan Ukraina mungkin harus beralih ke UE, AS, Australia, Kanada, dan Argentina untuk pasokan gandum.

“Banyak dari negara-negara ini berada di Afrika utara dan Timur Tengah di mana gandum sering menyumbang sebanyak 35% dari total kalori yang dikonsumsi dan sebagian besar gandum diimpor, banyak dari Laut Hitam,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

 AKBP Raindra Ramadhan Syah tidak mengajukan banding saat putusan sanksi demosi empat tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings