Logo BeritaSatu

Presiden Tiongkok: Keamanan Regional Tidak Bisa Dijamin Blok Militer

Sabtu, 9 April 2022 | 12:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan keamanan regional tidak dapat dijamin dengan memperkuat blok militer. Seperti dilaporkan TASS, menurut Xi, perkembangan situasi internasional saat ini telah membuktikan bahwa keamanan regional tidak dapat dipastikan dengan memperkuat blok militer.

"Perkembangan situasi internasional saat ini sekali lagi membuktikan bahwa keamanan regional tidak dapat dicapai dengan memperkuat blok-blok militer," tulis situs web Kementerian Luar Negeri Tiongkok yang mengutip pernyataan Xi pada Jumat (8/4/2022), dalam percakapan telepon dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Seperti yang ditunjukkan Xi Jinping, Tiongkok siap bekerja sama dengan Filipina dan negara-negara lain di kawasan untuk secara tegas berpegang pada konsep keamanan bersama, komprehensif, kooperatif dan berkelanjutan, untuk melindungi perdamaian dan stabilitas di kawasan bersama-sama.

Presiden Tiongkok juga menyampaikan bahwa negaranya siap untuk terus bekerja sama dengan Filipina untuk meningkatkan hubungan bilateral, untuk terus memasok vaksin Covid-19 sesuai dengan kebutuhan pihak Filipina.

Tiongkok ingin memperkuat kerja sama dalam penelitian dan pengembangan obat, di bidang kesehatan masyarakat, memperluas perdagangan dan investasi, pendidikan dan pertukaran kemanusiaan.

Sementara itu, Duterte berterima kasih kepada Tiongkok atas dukungannya dalam memerangi pandemi dan menyediakan vaksin. Dia mengatakan bahwa Filipina siap bekerja sama dengan Tiongkok untuk memperkuat persahabatan dan kerja sama serta mempromosikan hubungan bilateral.

Duterte juga menekankan bahwa Filipina juga siap bekerja sama dengan pihak Tiongkok untuk menyelesaikan masalah Laut China Selatan dengan baik, memberikan contoh bagi penyelesaian sengketa secara damai dan untuk melindungi perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Ketegangan di Laut China Selatan telah berlangsung selama bertahun-tahun atas klaim beberapa negara di kawasan itu atas Kepulauan Spratly dan Kepulauan Paracel yang bertetangga. Selain lokasinya yang strategis di persimpangan rute maritim Samudra Hindia dan Pasifik, nilai pulau-pulau itu juga ditentukan oleh fakta bahwa raknya, menurut para ahli, memiliki cadangan minyak dan mineral yang signifikan.

Meskipun Vietnam dan Tiongkok adalah pemain utama dalam sengketa kepemilikan wilayah ini, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Filipina juga membuat klaim sebagian atau seluruhnya atas pulau-pulau dan perairan di sekitarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Seorang Pria Diduga Jadi Pelaku Dugaan Bom Bunuh Diri Bandung

Dari berbagai foto yang beredar terlihat seorang pria tertelungkup dengan kondisi bagian punggung yang hancur. Terlihat pula potongan satu kaki yang terlempar.

NEWS | 7 Desember 2022

Kabar Meninggal Lord Rangga Jadi Trending Topics di Twitter

Berita meninggalnya Edi Raharjo alias Lord Rangga yang tenar berkat klaim kerajaan Sunda Empire langsung jadi trending topics di media sosial Twitter.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan di Polsek Astana Anyar Bandung, Polri: Dugaan Bom Bunuh Diri

Polri menduga kuat bahwa ledakan di Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung karena bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Polri Benarkan Adanya Ledakan Bom di Polsek Astana Anyar Bandung

Ledakan hebat diduga bom bunuh diri di halaman Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung Jalan Astana Anyar Nomor 340, Kota Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Ini Kronologi Ledakan Bom Bandung di Polsek Astana Anyar

Bom bunuh diri terjadi di Polsek Astana Anyar Bandung, menurut Kapolrestabes Bandung, Kombes pol Aswin Sipayung ledakan dilakukan pada pukul 08.20 WIB.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan di Bandung Diduga Bom Bunuh Diri

Bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung, Hingga kini polisi masih menyelidiki dan mengamankan area lokasi ledakan diduga bom tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022

Suara Ledakan Terdengar di Polsek Astana Anyar, Bandung

Suara ledakan terdengar dari Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pagi.

NEWS | 7 Desember 2022

Satu Desa Terisolasi Akibat Banjir Lahar Dingin Semeru

Warga Sumberlangsep yang terisolir itu harus melewati material bekas banjir lahar dingin Semeru untuk bisa beraktivitas keluar.

NEWS | 7 Desember 2022

Lord Rangga Mantan Pimpinan Sunda Empire Dikabarkan Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Lord Rangga yang dikenal dengan klaim pimpinan Sunda Empire beredar luas di media sosial.

NEWS | 7 Desember 2022

Hari Ini, Sebagian Besar Kota di Indonesia Cerah Berawan

BMKG menyebutkan sebagian besar kota di Indonesia diperkirakan cerah berawan pada Rabu (7/12/2022) siang.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Seorang Pria Diduga Jadi Pelaku Dugaan Bom Bunuh Diri Bandung

Seorang Pria Diduga Jadi Pelaku Dugaan Bom Bunuh Diri Bandung

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE