Logo BeritaSatu

Otoritas Shanghai Akui Kelemahan Penanganan Covid

Minggu, 10 April 2022 | 13:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Shanghai, Beritasatu.com- Wakil wali kota Shanghai di Tiongkok mengakui kelemahan dalam penanganan kota terhadap wabah Covid-19. Seperti dilaporkan Reuters, Shanghai melaporkan rekor 23.600 kasus baru pada Sabtu (9/4/2022) saat karantina berlanjut.

Wakil Wali Kota Zong Ming memuji dukungan dari masyarakat dan pekerjaan pekerja garis depan meskipun ada kritik publik terhadap pembatasan yang ketat, tetapi mengatakan penanganan virus perlu ditingkatkan.

“Kami merasakan hal yang sama tentang masalah yang diangkat dan disuarakan semua orang. Banyak pekerjaan kami yang belum cukup, dan masih ada kesenjangan besar dari harapan semua orang. Kami akan melakukan yang terbaik untuk meningkatkan,” kata Zong dalam pengarahan harian.

Beijing melakukan intervensi setelah kegagalan upaya awal Shanghai untuk mengisolasi virus dengan mengunci secara bertahap. Beijing bersikeras bahwa negara itu tetap pada kebijakan tanpa toleransi untuk mencegah sistem medisnya kewalahan.

Di tempat lain pada hari Sabtu, kota besar selatan Guangzhou - rumah bagi lebih dari 18 juta orang - menyatakan akan memulai pengujian di semua 11 distriknya setelah kasus dilaporkan di sana pada hari Jumat.

Di Shanghai, tempat 26 juta orang dikurung, penduduk terus mengeluh tentang kekurangan makanan karena kurangnya kurir dan ketidakpastian tentang kapan pembatasan karantinadapat berakhir.

Pemerintah menyatakan akan melakukan lebih banyak pengujian pada hari Sabtu dan akan mengurangi beberapa pembatasan pergerakan. Beberapa penghuni kompleks perumahan yang tidak memiliki kasus baru-baru ini mengatakan bahwa sudah diberitahu oleh komite lingkungan mereka bahwa mereka dapat meninggalkan rumah untuk berjalan-jalan di dalam kompleks mereka. Namun, iizn itu tidak menandakan perubahan pendekatan.

“Pencegahan dan pengendalian epidemi sekarang berada pada saat yang paling kritis, dan kami tidak dapat mentolerir sedikit pun kelonggaran,” kata Zong.

Gu Jun, direktur komisi perdagangan kota, mengakui masalah dalam mendistribusikan pasokan makanan dan mengatakan pusat distribusi, supermarket, dan apotek harus terus beroperasi secara online sebanyak mungkin.

Perusahaan e-commerce JD.com Inc. menyatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya telah memperoleh lisensi untuk mengirimkan barang ke Shanghai dan menyelenggarakan sesi penjualan streaming langsung yang diikuti oleh lebih dari 3,5 juta orang.

Produk yang ditawarkan terjual habis dalam hitungan detik dan tuan rumah berulang kali memohon kesabaran dalam menanggapi komentator yang mengeluh bahwa mereka tidak dapat membeli.

Seorang pejabat juga membahas laporan pasien yang pulih dari Covid tetapi tidak diizinkan untuk kembali ke kompleks mereka oleh komite lingkungan, menekankan bahwa tidak ada bukti risiko apa pun dari mereka yang telah dipulangkan.

Pada Jumat, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan dalam imbauan perjalanan bahwa mereka mengizinkan staf non-darurat dan keluarga mereka meninggalkan konsulat Shanghai karena lonjakan kasus dan dampak pembatasan.

Deplu AS menyarankan warga AS untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke Tiongkok “karena penegakan hukum setempat yang sewenang-wenang dan pembatasan Covid-19.”

Dari kasus yang baru dilaporkan di Shanghai pada hari Sabtu, 1.015 orang tercatat bergejala sementara 22.609 orang tidak menunjukkan gejala.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

13.809 Mahasiswa Jalani Pendidikan Profesi Guru di 72 LPTK

Kemendikbudristek menyerahkan 13.809 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ke 72 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

NEWS | 30 September 2022

Lantik 3 Anggota MRP, Wamendagri: Jangan Terjebak Dinamika Politik Praktis

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo melantik tiga anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) sisa masa jabatan 2017-2022.

NEWS | 30 September 2022

Legislator: RUU Sisdiknas Tak Ikuti Peta Jalan Pendidikan

Syaiful Huda menuturkan bahwa RUU Sisdiknas dibuat tidak berdasarkan peta jalan pendidikan nasional.

NEWS | 30 September 2022

Pemuka Gereja Kingmi Papua Minta Lukas Enembe Jujur ke KPK

Pemuka gereja Kingmi, Yones Wenda meminta Gubernur Papua Lukas Enembe untuk jujur kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 30 September 2022

Moeldoko: Pemerintah Akselerasi Reformasi Fundamental Sektor Kesehatan

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan pemerintah sedang mengakselerasi reformasi besar-besaran di sektor kesehatan, terutama di daerah.

NEWS | 30 September 2022

Bangun PLTS, Green Lifestyle DPR Dinilai Patut Dicontoh

Langkah DPR membangun PLTS untuk memenuhi tambahan kebutuhan energi di lingkungan kompleks parlemen, Gedung DPR, Senayan, Jakarta mendapat apresiasi.

NEWS | 30 September 2022

Parpol Mulai Tawar-Menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

Partai politik (parpol) mulai tawar-menawar koalisi menuju Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 30 September 2022

Wamendagri Tegaskan Peran MRP Perjuangkan Kepentingan Orang Asli Papua

Wamendagri, John Wempi Wetipo membeberkan peran strategis MRP dalam memperjuangkan kepentingan orang asli Papua. 

NEWS | 30 September 2022

Stunting Bisa Berpengaruh pada Penurunan Kecerdasan Anak

Stunting harus mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius karena bisa berdampak ke penurunan kecerdasan anak.

NEWS | 30 September 2022

PDIP Sebut Bakal Ada Kejutan dalam Safari Politik Puan ke Airlangga Hartarto

Politikus PDIP Bambang Wuryanto menyatakan bakal ada kejutan baru dalam safari politik Ketua DPR Puan Maharani ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dukung G-20, Sejumlah Musisi Bahas Industri Musik di StarsTalk Music20

Dukung G-20, Sejumlah Musisi Bahas Industri Musik di StarsTalk Music20

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings