Logo BeritaSatu

Dukung Ketersedian Pangan, Mahasiswa Unhas Terjun Langsung Tanam Kedelai

Senin, 11 April 2022 | 12:31 WIB
Oleh : JNS

Makassar, Beritasatu.com - Komunitas Mahasiswa Bertani (KMB) dari Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mendukung upaya pemerintah dalam memenuhi ketersediaan bahan pokok selama bulan puasa dan lebaran mendatang. Utamanya komoditas beras, cabai, bawang, daging dan juga kedelai.

"Kita mendukung program-program pemerintah, dalam hal ini program yang diselenggarakan Kementerian Pertanian. Apalagi mengenai kebutuhan bahan pokok," ujar Arham, Ketua KMB Unhas, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis, Senin (11/4/2022).

Advertisement

Arham menjelaskan dukungan tersebut salah satunya adalah melakukan penanaman dan panen raya kedelai di lahan milik kampus Unhas melalui Demonstrasi Farming (Demfarm) Moncongloe. Lahan tersebut meruapakan lahan penanaman berbagai komoditas yang mencapai luasan 16,7 hektare.

Menurut Arham, penanaman kedelai penting dilakukan mengingat selama ini Indonesia masih mendatangkan kedelai dari luar negeri dalam jumlah yang cukup besar. Di sisi lain, kedelai merupakan komoditas utama sebagai bahan baku pembuatan tempe dan tahu. Apalagi saat ini harga kedelai di pasar internasional terbilang cukup bagus, yakni berada di kisaran Rp 10.000 per kilogram.

"Menurut saya sektor pertanian sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik, apalagi untuk komoditas kedelai yang saat ini harganya sudah stabil dibanding sebelumnya, ditambah lagi pemilihan varietas sesuai iklim suatu daerah harus dipertimbangkan. Ayo menanam kedelai," katanya.

Sebagai informasi, komunitas mahasiswa bertani saat ini genap berumur 1 tahun dengan jumlah anggota mencapai 100 orang lebih. Kegiatan komunitas ini meliputi pemantauan varietas unggul, melakukan penanaman dan berbagai aktivitas pertanian lainya.

"Sekali lagi kami dukung Kementan dalam memenuhi ketersediaan bahan pokok," katanya.

Dekan Fakultas pertanian Unhas, Salengke mengatakan bahwa sektor pertanian akan semakin berkembang karena dukungan SDM muda yang terus bergerak serta perhatian besar pemerintah terhadap kemajuan pertanian Indonesia.

"Pertanian ke depannya akan semakin berkembang karena selain sebagai kebutuhan pangan juga akan digunakan untuk kebutuhan energi. Karena itu ketahanan pangan kita harus dibangun sendiri, kita tidak bisa lagi bergantung pada negara lain, apa yang kita lakukan di sini adalah awal yang baik," ujarnya.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri mengapresiasi dukungan mahasiswa terhadap pembangunan pertanian Indonesia. Menurutnya, sektor pertanian saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi dan mekanisasi yang jauh lebih maju, mandiri dan modern. Karena itu Kuntoro berharap, dukungan semacam ini bisa dilakukan juga di Kampus-kampus lainya di seluruh Indonesia.

"Tentu kami berharap ada banyak mahasiswa lain yang juga turun langsung dalam proses pembangunan pertanian Indonesia untuk meningkatkan produksi dan menguatkan ketersediaan pangan kita," katanya.

Sebagai informasi tambahan, Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP (Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian) telah membuka kesempatan bagi generasi muda untuk mengikuti berbagai pelatihan pertanian yang dilakukan secara virtual maupun offline. Pelatihan ini berhasil menjaring jutaan anak muda untuk menerima bekal ilmu usaha.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menangi Covid-19, Korea Utara Mencabut Aturan Wajib Masker

Korea Utara telah mencabut aturan wajib masker dan melonggarkan pembatasan virus lainnya setelah klaim menangi perang Covid-19.

NEWS | 14 Agustus 2022

Kasus Brigadir J, Labfor Dampingi Komnas HAM Cek TKP Duren Tiga

Labfor Polri akan mendampingi Komnas HAM untuk mengecek TKP tewasnya Brigadir J di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

NEWS | 14 Agustus 2022

Jenderal AS Peringatkan, Taliban Masih Sangat Berbahaya

Mantan komandan militer Amerikat Serikat (AS) Jenderal David Petraeus memperingatkan bahwa Taliban masih sangat berbahaya.

NEWS | 14 Agustus 2022

Pentagon Bantah Senjata AS yang Hancurkan Pangkalan Udara Krimea

Pentagon membantah senjata yang dipasok Amerika Serikat (AS) yang telah menghancurkan pangkalan udara Krimea.

NEWS | 14 Agustus 2022

Menang 4-2, Stefano Pioli: Dua Gol Akibat Kecerobohan

Stefano Pioli, pelatih Milan menyebutkan, dua gol Udinese akibat kecerobohan timnya. Pada akhirnya, Milan menang 4-2 atas Udinese.

NEWS | 14 Agustus 2022

Cuaca Jakarta Hari Ini:Hujan dari Siang hingga Malam Disertai Petir

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta hari ini akan diwarnai dengan hujan yang mengguyur di seluruh wilayah dengan intesitas ringan hingga sedang.

NEWS | 14 Agustus 2022

WHO Berikan Nama Baru untuk Varian Virus Cacar Monyet

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan nama baru untuk varian virus cacar monyet yang saat ini beredar.

NEWS | 14 Agustus 2022

Irma Suryani Ajak Masyarakat Dukung Sorgum sebagai Bahan Mi Instan

Menurutnya, sorgum merupakan tanaman asli Indonesia yang pas dijadikan sebagai pengganti gandum.

NEWS | 14 Agustus 2022

Komisi IV Dukung Kementan Perluas Substitusi Pangan Lokal

Perluasan substitusi pangan lokal disebut merupakan langkah tepat mengingat sorgum adalah kebutuhan pokok yang bisa menjadi pengganti gandum.

NEWS | 14 Agustus 2022

Kebakaran di Portugal Hanguskan 16.000 Hektare Hutan Lindung

Kebakaran di Portugal telah menghanguskan lebih dari 16.000 hektar lahan di kawasan hutan lindung terbesar Taman Serra da Estrela.

NEWS | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPU: Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 Berjalan Lancar

KPU: Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 Berjalan Lancar

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings