Logo BeritaSatu

Ketua MPR Dukung Kampanye Rendang ke Eropa

Kamis, 14 April 2022 | 08:54 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania, Iwan Bogananta, untuk mengampanyekan rendang ke Eropa.

Mengusung semangat Rendang Goes To Europe Dubes Iwan Bogananta menggandeng Bela Ltd., satu perusahaan terkemuka di Bulgaria, untuk mempromosikan dan mendistribusikan rendang ke kawasan lain di Eropa, khususnya ke negara-negara Balkan. Nilai investasinya mencapai US$ 3 juta atau Rp 43 miliar.

“Penandatanganan kerja sama bisnis sudah dilakukan pada 28 November 2021. KBRI bahkan secara khusus mendatangkan pakar kuliner nusantara, William Wongso, untuk mempopulerkan kuliner nusantara dengan melakukan demo memasak rendang," ujar Bamsoet usai menerima Duta Besar Iwan Bogananta bersama Staf Khusus Presiden RI Diaz Hendropriyono, di Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Menyukseskan program kerja Presiden Joko Widodo, "Indonesia Spice Up The World", sebagai salah satu upaya perluasan pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia. Sekaligus menguatkan industri kuliner Indonesia dengan pengembangan restoran Indonesia di luar negeri, serta sebagai bagian dari gastrodiplomasi memperkuat citra positif Indonesia di dunia internasional.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, nilai ekspor bumbu/rempah olahan dan komoditas/rempah segar Indonesia terus mengalami tren positif dengan rata-rata pertumbuhan 2,95 persen selama lima tahun terakhir.

Pada 2020, nilai ekspor tercatat sebesar US$ 1,02 miliar. Target dari "Indonesia Spice Up The World" hingga 2024 mendatang adalah peningkatan nilai ekspor bumbu dan rempah menjadi 2 miliar dolar AS. Selain juga menghadirkan 4.000 restoran Indonesia di luar negeri.

"Potensi pemasaran rendang di pasar internasional sangat besar. CNN Internasional pada tahun 2011 telah menobatkan rendang sebagai hidangan terlezat dalam daftar 50 hidangan di dunia. Rendang juga menempati posisi ke-11 sebagai makanan terenak di dunia pada 2021 versi CNN Travel. Bahkan Cheff Internasional Gordon Ramsay dalam program acaranya 'Uncharted' yang bekerja sama dengan National Geographic secara khusus datang ke Tanah Minangkabau pada tahun 2020 lalu, untuk lebih mengenal belajar memasak rendang. Menunjukan bahwa rendang sudah populer di dunia internasional," papar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia ini menerangkan, tidak hanya menduniakan rendang, pemerintahan Presiden Joko Widodo bahkan sedang mengupayakan agar rendang bisa dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia oleh UNESCO. Sebagaimana Keris dan juga Batik.

"Rendang lebih dari sekadar masakan. Di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya yang sangat kental. Misalnya, menghadirkan rendang pada acara adat perhelatan di Tanah Minang, merupakan bentuk penghormatan terhadap penghulu, ninik mamak, bahkan tamu yang datang ke rumah. Komposisi makanannya yang terdiri dari empat bahan pokok seperti daging, kelapa, cabai, dan bumbu, melambangkan keutuhan masyarakat Minang. Dalam memasaknya pun tidak sekadar membutuhkan keahlian, melainkan juga membutuhkan ketekunan, keuletan, dan juga kesabaran," pungkas Bamsoet.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Strategi Humas Polri Dipamerkan di Festival Inovasi Kepemimpinan Nasional

Program Strategi Kolaborasi Humas Polri dipamerkan dalam Festival Inovasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional 2022.

NEWS | 29 Juni 2022

Menlu Retno Marsudi Matangkan Pertemuan Jokowi dan Zelensky

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bersama Menlu Ukraina, Dmytro Kuleba, terus mematangkan persiapan pertemuan Presiden Jokowi dan Volodymyr Zelensky.

NEWS | 29 Juni 2022

Di Kyiv Ukraina, Iriana Jokowi Serahkan Bantuan Obat-obatan

Ibu Negara Iriana Jokowi menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada rumah sakit di Kota Kyiv, Ukraina Rabu (29/6/2022).

NEWS | 29 Juni 2022

Kasus Video Asusila di Bengkulu Libatkan Anak di Bawah Umur

Polres Rejang Lebong, Bengkulu, menyebutkan kasus video asusila yang menghebohkan warga wilayah ini melibatkan anak di bawah umur.

NEWS | 29 Juni 2022

Sepekan Terakhir, 26 Provinsi Alami Kenaikan Kasus Covid-19

Selama sepekan terakhir sebanyak 26 provinsi mengalami kenaikan kasus Covid-19 yang dipicu subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

NEWS | 29 Juni 2022

Prediksi Puncak Covid-19 Berdasarkan Data 29 Juni 2022

Infografik tentang prediksi puncak Covid-19 di Indonesia berdasarkan data pada tanggal 29 Juni 2022.

NEWS | 29 Juni 2022

Mendagri Lantik Tomsi Tohir sebagai Irjen Kemendagri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Tomsi Tohir Balaw sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

NEWS | 29 Juni 2022

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 29 Juni 2022

Infografik tentang jumlah kasus kumulatif dan suspek Covid-19 di Indonesia sampai dengan 29 Juni 2022.

NEWS | 29 Juni 2022

Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 29 Juni 2022

Infografik tentang data jumlah kematian Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 29 Juni 2022.

NEWS | 29 Juni 2022

Respons Gibran soal Dugaan Pungli di Terminal Tirtonadi Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka merespons dugaan pungutan liar (pungli) oleh oknum petugas Terminal Tirtonadi Solo yang viral di media sosial.

NEWS | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Strategi Humas Polri Dipamerkan di Festival Inovasi Kepemimpinan Nasional

Strategi Humas Polri Dipamerkan di Festival Inovasi Kepemimpinan Nasional

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings