Logo BeritaSatu

Kamis Putih, Paus Fransiskus Basuh Kaki 12 Narapidana di Roma

Jumat, 15 April 2022 | 10:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Roma, Beritasatu.com- Paus Fransiskus membasuh kaki 12 narapidana di satu penjara dekat Roma, Italia dalam ritual Kamis Putih. Seperti dilaporkan AP, Kamis (14/4/2022), pembasuhan kaki melambangkan kerendahan hati dan pelayanan dan menyoroti perhatian Paus Fransiskus kepada orang-orang yang terpinggirkan dalam masyarakat.

Paus Fransiskus tiba dengan iring-iringan mobil polisi Italia di penjara di Civitavecchia, satu kota pelabuhan, 80 kilometer sebelah barat laut Roma. Ritual tersebut ditutup untuk umum karena alasan keamanan dan untuk melindungi privasi para narapidana.

Tetapi setelah itu, Vatikan menyatakan bahwa paus melakukan pembasuhan kaki, mengikuti teladan Yesus, “sebagai tanda cinta yang diilhami oleh cinta” yang ditujukan untuk pelayanan dan kerendahan hati. Ke-12 narapidana itu termasuk pria dan wanita dari berbagai usia dan kebangsaan yang berbeda.

Melambangkan jumlah rasul Yesus, dua belas orang duduk di kursi di atas panggung yang ditinggikan. Paus mencuci, mengeringkan, lalu mencium kaki masing-masing narapidana yang semuanya mengenakan masker melawan penyebaran Covid-19. Beberapa narapidana membungkuk untuk mencium tangan paus sebagai tanda terima kasih.

“Di kapel penjara, Paus merayakan Misa yang dihadiri oleh narapidana, beberapa staf penjara dan menteri kehakiman Italia,” kata Vatikan.

Vatikan tidak menyatakan akomodasi apa yang mungkin telah dibuat untuk memungkinkan paus, yang akhir-akhir ini tertatih-tatih oleh masalah ligamen lutut, untuk melakukan upacara basuh kaki. Selama bertahun-tahun, Paus Fransiskus juga menderita linu panggul, peradangan saraf yang dapat menyebabkan sakit punggung dan kaki.

Sebelumnya, selama Misa Kamis Putih di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Paus Fransiskus mengimbau 1.800 imam yang hadir untuk tidak fokus pada masalah duniawi seperti kekuasaan atau status. Namun Paus mendesak mereka untuk melayani, dengan hati nurani yang bersih, yang kudus dan setia.

Pekan Suci, yang menarik ratusan ribu umat beriman ke Vatikan, dimulai dengan Misa Minggu Palma pada 10 April di Lapangan Santo Petrus dan mencapai puncaknya pada Minggu Paskah ini, ketika umat beriman menandai kebangkitan Yesus.

Tahun ini, prosesi Jalan Salib Jumat Agung yang diterangi obor di Roma kembali ke tempat tradisi di Colosseum kuno setelah absen selama dua tahun karena pandemi virus corona.

Vatikan telah mengundang seorang wanita Rusia dan seorang wanita Ukraina, yang bekerja bersama di satu rumah sakit Roma. Mereka akan membawa salib bersama selama prosesi. Hal itu membuat marah beberapa warga Ukraina, termasuk duta besar negara itu untuk Takhta Suci dan uskup agung Kyiv. Keberatan Ukraina berpusat pada apakah sikap seperti itu, yang menyiratkan rekonsiliasi, cocok, mengingat invasi Rusia terhadap tetangganya dan perang yang sedang berlangsung melawan rakyat negara itu.

Vatikan masih melanjutkan prosesi barisan peserta, yang bergiliran membawa salib ringan selama prosesi, yang dipimpin oleh Paus dan mengenang kematian Yesus dengan penyaliban.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hari Ini, Gubernur Wajib Umumkan Kenaikan UMP

Pemerintah daerah wajib mengumumkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) hari ini, Senin (28/11/2022)

NEWS | 28 November 2022

Tak Mau Pemborosan, Anwar Ibrahim Tolak Mercedes S600 untuk Mobil Dinas

PM Baru Malaysia Anwar Ibrahim menolak penggunaan Mercedes-Benz S600 untuk mobil dinasnya, karena tak mau ada pemborosan dana publik.

NEWS | 28 November 2022

Tolak RUU Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan Gelar Aksi Bersama

Lima organisasi profesi terdiri dari IDI, PDGI, PPNI), IAI beserta organisasi kesehatan lainnya menggelar aksi damai bersama untuk menolak RUU Kesehatan

NEWS | 28 November 2022

Tolak RUU Kesehatan, PPNI Ingatkan DPR Tak Khianati Perjuangan Nakes

Ketua Umum Persatuan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Harif Fadhilla menyampaikan orasi menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022

Tiba di Ruang Sidang, Bharada E Disambut Para Pendukung

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E disambut para pendukungnya saat tiba di ruang persidangan.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak, Nelayan Temukan Sandaran Kursi Penumpang

Terkait helikopter Polri jatuh, seorang nelayan bernama Sobri Wassholat menemukan sandaran kursi penumpang helikopter di Perairan Manggar Belitung Timur, Bangka Belitung.

NEWS | 28 November 2022

Jenazah Bripda Khoirul Anam Ditemukan di Pantai Burung Mandi

Jenazah yang ditemukan di Pantai Burung Mandi itu bernama Bripda Khoirul Anam. Ia merupakan kru helikopter Polri yang hilang kontak.

NEWS | 28 November 2022

Akses bagi Anak-Anak Buruh Tani Sawit Dapatkan Pendidikan Berkualitas

Untuk menguatkan pemulihan pembelajaran, Kepala SDN 005 Tanjung Palas Timur Ludiah Liling merancang empat strategi implementasi Kurikulum Merdeka.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri yang Hilang Kontak Diduga Jatuh karena Cuaca

Helikopter Polri yang jatuh hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, pada Minggu (27/11/2022), diduga jatuh karena cuaca.

NEWS | 28 November 2022

Bertemu Tokoh Supremasi Kulit Putih, Donald Trump Dikritik Republikan

Mantan Presiden AS Donald Trump mendapat kritikan tajam dari sejumlah Republikan atau anggota Partai Republik.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kontribusi Asuransi Syariah Diproyeksikan Tumbuh 15%

Kontribusi Asuransi Syariah Diproyeksikan Tumbuh 15%

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE