Logo BeritaSatu

Berkat Visa on Arrival, WNA ke Indonesia Naik Drastis

Sabtu, 16 April 2022 | 06:26 WIB
Oleh : Chairul Fikri / FMB

Tangerang, Beritasatu.com - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno Hatta mencatat ada peningkatan kunjungan wisata ke Indonesia yang cukup drastis melalui pintu bandara internasional yang terletak di Tangerang, Banten itu.

Kenaikan ini sejak diberlakukannya fasilitas keimigrasian berupa Bebas Visa Kunjungan serta Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa on Arrival) Khusus Wisata (BVKKW dan VKSKKW) pada 6 April lalu. Terlebih saat ini warga negara asing yang ingin masuk ke Indonesia tidak lagi wajib menjalani karantina usai tiba di Indonesia. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta. Tito Andrianto dalam keterangan persnya, Jumat (15/4/2022).

"Banyak warga negara asing yang memanfaatkan fasilitas ini untuk masuk ke Indonesia, jumlahnya terus meningkat. Selama seminggu hingga tanggal 12 April kemarin sudah ada 820 orang WNA pengguna Visa On Arrival Khusus wisata yang masuk ke ke wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta," ungkap Tito.

Dari data yang diperoleh kantornya, Tito menyebut WNA asal Amerika Serikat menjadi penyumbang WNA yang menggunakan layanan VoA untuk bisa masuk ke Indonesia.

"Untuk pengguna layanan VoA yang paling banyak WN Amerika Serikat dengan 119 orang lalu, WN India dengan 83 orang, WN Prancis 75 orang, WN Belanda 63 orang, Australia 59 orang, sisanya WNA dari berbagai negara," lanjutnya.

"Sedangkan untuk WNA yang masuk masuk lewat TPI Bandara Soekarno-Hatta pada bulan Maret 2022 adalah sebanyak 10.323 sedangkan di bulan April (1-11 April 2022) sebanyak 14.311 pelintas," terangnya lagi.

Tito menjelaskan pula, untuk mengantisipasi lonjakan WNA pengguna VoA, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta telah menyiagakan enam counter VoA di area Imigrasi Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

"Kita sudah antisipasi dengan menyiagakan petugas, juga sarana dan prasarana untuk menyambut WNA yang datang agar tidak terjadi lagi antrian seperti kemarin-kemarin," tandasnya.

Sekedar informasi, Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0549.GR.01.01 tanggal 5 April 2022 mengenai Kemudahan Keimigrasian Dalam Rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 dimana sembilan negara ASEAN dapat masuk dengan fasilitas Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata (BVKKW), sementara 43 negara dapat menggunakan fasilitas Keimigrasian melalui Visa Kunjungan Saat Kedatangan/VoA Khusus Wisata (VKSKKW).

Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten sendiri yang menjadi salah satu dari tujuh tempat Pemeriksaan Imigrasi, ada Bandar Udara lainnya yang membuka fasilitas ini yakni di Bandara Ngurah Rai di Bali, Kualanamu di Sumatera Utara, Juanda di Jawa Timur, Hasanuddin di Sulawesi Selatan, Sam Ratulangi di Sulawesi Utara dan Yogyakarta di DIY.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Strategi MAN 2 Kota Malang Ukir Berbagai Prestasi

Ini Strategi MAN 2 Kota Malang Ukir Berbagai Prestasi

LIFESTYLE | 1 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings