Logo BeritaSatu

Berkat Visa on Arrival, WNA ke Indonesia Naik Drastis

Sabtu, 16 April 2022 | 06:26 WIB
Oleh : Chairul Fikri / FMB

Tangerang, Beritasatu.com - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno Hatta mencatat ada peningkatan kunjungan wisata ke Indonesia yang cukup drastis melalui pintu bandara internasional yang terletak di Tangerang, Banten itu.

Kenaikan ini sejak diberlakukannya fasilitas keimigrasian berupa Bebas Visa Kunjungan serta Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa on Arrival) Khusus Wisata (BVKKW dan VKSKKW) pada 6 April lalu. Terlebih saat ini warga negara asing yang ingin masuk ke Indonesia tidak lagi wajib menjalani karantina usai tiba di Indonesia. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta. Tito Andrianto dalam keterangan persnya, Jumat (15/4/2022).

"Banyak warga negara asing yang memanfaatkan fasilitas ini untuk masuk ke Indonesia, jumlahnya terus meningkat. Selama seminggu hingga tanggal 12 April kemarin sudah ada 820 orang WNA pengguna Visa On Arrival Khusus wisata yang masuk ke ke wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta," ungkap Tito.

Dari data yang diperoleh kantornya, Tito menyebut WNA asal Amerika Serikat menjadi penyumbang WNA yang menggunakan layanan VoA untuk bisa masuk ke Indonesia.

"Untuk pengguna layanan VoA yang paling banyak WN Amerika Serikat dengan 119 orang lalu, WN India dengan 83 orang, WN Prancis 75 orang, WN Belanda 63 orang, Australia 59 orang, sisanya WNA dari berbagai negara," lanjutnya.

"Sedangkan untuk WNA yang masuk masuk lewat TPI Bandara Soekarno-Hatta pada bulan Maret 2022 adalah sebanyak 10.323 sedangkan di bulan April (1-11 April 2022) sebanyak 14.311 pelintas," terangnya lagi.

Tito menjelaskan pula, untuk mengantisipasi lonjakan WNA pengguna VoA, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta telah menyiagakan enam counter VoA di area Imigrasi Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

"Kita sudah antisipasi dengan menyiagakan petugas, juga sarana dan prasarana untuk menyambut WNA yang datang agar tidak terjadi lagi antrian seperti kemarin-kemarin," tandasnya.

Sekedar informasi, Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0549.GR.01.01 tanggal 5 April 2022 mengenai Kemudahan Keimigrasian Dalam Rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 dimana sembilan negara ASEAN dapat masuk dengan fasilitas Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata (BVKKW), sementara 43 negara dapat menggunakan fasilitas Keimigrasian melalui Visa Kunjungan Saat Kedatangan/VoA Khusus Wisata (VKSKKW).

Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten sendiri yang menjadi salah satu dari tujuh tempat Pemeriksaan Imigrasi, ada Bandar Udara lainnya yang membuka fasilitas ini yakni di Bandara Ngurah Rai di Bali, Kualanamu di Sumatera Utara, Juanda di Jawa Timur, Hasanuddin di Sulawesi Selatan, Sam Ratulangi di Sulawesi Utara dan Yogyakarta di DIY.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jelang Pemutaran Avatar, Bioskop di Beijing Bebaskan Syarat PCR

Beijing menghapus persyaratan tes negatif PCR bagi para pengunjung bioskop mulai Rabu (7/12/2022) malam.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Pacitan

Disebutkan guncangan gempa dengan magnitudo 4,7 di Pacitan itu dirasakan di Pacitan, Trenggalek dan Bantul.

NEWS | 8 Desember 2022

KPU Akan Terjunkan Tim Lakukan Coklit Data Pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menerjunkan tim untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

NEWS | 8 Desember 2022

Ketua KPK Ungkap Lukas Enembe Pernah Dirawat di RSPAD

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan KPK telah mendapatkan data bahwa Lukas Enembe pernah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

NEWS | 8 Desember 2022

Bupati Bangkalan Diduga Patok Rp 50-150 Juta Terkait Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga tersangka Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mematok tarif Rp 50-150 juta terkait lelang jabatan.

NEWS | 8 Desember 2022

Wapres Ma’ruf Minta KBPP Polri Lebih Banyak Berkontribusi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri lebih banyak berkontribusi melalui program-program kemasyarakatan.

NEWS | 8 Desember 2022

Pantau Dampak Gempa, PMI Kota Sukabumi Patroli Keliling

PMI Kota Sukabumi dikerahkan untuk melakukan patroli keliling memantau dampak gempa dengan magnitudo 5,8, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan enam tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan di Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Ini Pengalaman Netizen

Gempa Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) pagi 07.50 WIB terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut BPBD Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang melanda daerah itu, Kamis (6/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jelang Pemutaran Avatar, Bioskop di Beijing Bebaskan Syarat PCR

Jelang Pemutaran Avatar, Bioskop di Beijing Bebaskan Syarat PCR

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE