Logo BeritaSatu

Operasikan PLTS Selayar, PLN Bisa Kurangi Emisi 1.400 Ton Karbon Per Tahun

Sabtu, 16 April 2022 | 12:46 WIB
Oleh : FMB

Makassar, Beritasatu.com - PT PLN mulai mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan yang mampu mengurangi emisi karbon hingga 1.400 ton CO2 per tahun.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) Awaluddin Hafid mengemukakan selain memberikan sumbangsih dalam menurunkan emisi karbon, beroperasinya PLTS di sistem kelistrikan Pulau Selayar ini dapat menghemat biaya operasional hingga Rp 16,5 miliar per tahun.

Advertisement

"Perhitungan kami dapat menghemat biaya operasional sampai dengan Rp 16,5 miliar per tahun dan yang utama adalah dapat mengurangi penggunaan energi fosil dan menekan emisi karbon," kata Awaluddin melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Sabtu (16/4/2022).

PLTS Hybrid Selayar kini tercatat menjadi PLTS terbesar di wilayah kerja PLN UIW Sulselrabar dengan kapasitas 1,3 Megawatt peak (MWp) yang terletak di Desa Parak Kecamatan Bontomanai Kabupaten Selayar, Sulsel.

PLTS Hybrid milik PLN itu sebagai salah satu infrastruktur pembangkit energi baru terbarukan (EBT) di Provinsi Sulawesi Selatan, dibangun di atas lahan seluas 1,46 hektare (ha) dengan total investasi Rp39,5 miliar.

PLTS terbesar di Sulsel ini, kata Awaluddin, akan meningkatkan bauran EBT, serta mendukung komitmen Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 dalam mencapai nol emisi karbon pada tahun 2060.

Pengoperasian PLTS Hybrid Selayar ditandai dengan peresmian dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Kepulauan Selayar, H Muh Basli Ali dan GM UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid di Selayar, Jumat (15/4). Kegiatan ini turut disaksikan Direktur PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara, Adi Priyanto secara daring.

Adi Priyatno menyebutkan kehadiran PLTS Hybrid Selayar diharapkan menjadi trigger PLN untuk berinovasi dalam mengembangkan potensi sumber energi terbarukan seperti energi matahari, angin, geothermal dan bentuk energi terbarukan lainnya.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak dan mitra kerja yang terlibat dalam pembangunan ini. Berkat koordinasi yang baik, PLTS ini dapat rampung serta menjadi berkah bagi masyarakat Selayar," ujar Adi.

Bupati Selayar Muh Basli Ali mengucapkan terimakasih atas hadirnya PLTS Selayar dalam mendukung keandalan sistem kelistrikan di wilayah kepulauan Sulsel tersebut.

"Saya mewakili masyarakat Selayar mengucapkan terima kasih kepada PLN. Ini adalah Berkah Ramadhan, Selayar memiliki kepulauan yang terpisah dengan daratan lain. Oleh karena itu dengan hadirnya PLTS ini kami berharap dapat menunjang kegiatan ekonomi masyarakat," ujar Basli Ali.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Ini dia kronologi penembakan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo sebagai salah satu tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kejagung Bakal Proses Hukum Surya Darmadi secara In Absentia

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan bakal memproses Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi yang rugikan negara Rp 73 triliun secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

6 Terdakwa Pengeroyok Ade Armando Mengaku Terpancing Teriakan Provokatif

Enam terdakwa pengeroyok Ade Armando mengaku mendengar teriakan massa yang bernada provokatif yang membuat mereka terpancing mengeroyok Ade Armando.

NEWS | 10 Agustus 2022

Rumah Digeledah, Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Duren Tiga, digeledah, dan saat penggeledeahan itu, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar.

NEWS | 10 Agustus 2022

KPK Jelaskan Enggan Adili Surya Darmadi secara In Absentia

KPK mengungkap alasan tidak mengambil opsi untuk menyidangkan pemilik PT Darmex/PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

Perti Sambut Baik Ba'asyir Tegaskan Keselarasan Agama-Pancasila

Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) menyambut baik tindakan Abu Bakar Ba'asyir yang mempertegas keselarasan di antara agama dan Pancasila.

NEWS | 10 Agustus 2022

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

PPP, Golkar, dan PAN atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menyusun platform untuk menentukan capres di Pilpres 2024 dalam konsolidasi di Surabaya.

NEWS | 10 Agustus 2022

Polisi Ungkap Peran Menteri Khilafatul Muslimin yang Dibekuk di Lampung

Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin, Indra Fauzi ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Indra Fauzi berperan tampung dana zakat.

NEWS | 10 Agustus 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah kasus dan kematian Covid-19 Jakarta sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022

Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings