Logo BeritaSatu

Tips Lindungi Anak dari Covid-19 Saat Mudik

Senin, 18 April 2022 | 23:59 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Para orang tua diminta tak perlu khawatir mengajak anak di bawah usia 6 tahun ikut mudik Lebaran 2022. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan sejumlah tips guna melindungi anak dari penularan Covid-19 saat pulang kampung.

Anggota Satgas Imunisasi IDAI, Soedjatmiko menjelaskan, benteng utama untuk melindungi anak di bawah usia 6 tahun dari paparan virus corona adalah dengan memastikan orang-orang di sekitar anak tersebut telah menerima dosis vaksin lengkap.

Advertisement

"Ayah ibunya pokoknya semua yang di rumah harus sudah divaksin, sehingga anak yang kurang dari enam tahun terlindungi. Kalau ada virus masuk sudah dibentengi oleh bapak, ibu, nenek, kakek, teteh dan lainnya," kata Soedjatmiko dalam webinar Pekan Imunisasi Dunia 2022: Lengkapi Imunisasi Rutin dan Covid-19 pada Anak yang digelar secara daring, Senin (18/4/2022).

Soedjatmiko menyarankan setiap orang memastikan seluruh anggota keluarganya dalam kondisi aman sebelum keberangkatan mudik. Salah satunya dengan memastikan tidak ada orang dalam satu kendaraan yang mengalami gejala Covid-19.

Selain itu, pastikan juga anggota keluarga dengan usia enam hingga 17 tahun telah menerima dua dosis vaksin, sementara keluarga dengan usia 18 tahun ke atas telah menerima tiga dosis vaksin. Hal ini dikarenakan anak usia di bawah 6 tahun belum mendapat rekomendasi untuk menerima vaksinasi Covid-19.

Selain itu, anak usia di bawah 6 tahun juga disarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Anak di bawah 2 tahun dianjurkan menggunakan face shield sembari diawasi agar tidak menggangu pernapasan, sementara usia 2 tahun ke atas dianjurkan menggunakan masker.

"Selalu pakai masker selama di kerumunan. Jelaskan juga apa bahayanya. Hindari kerumunan kecuali di dalam bus, kapal, kereta api, pesawat, atau mobil pribadi. Mau umur berapa pun, pakai masker jangan longgar, jangan melorot, cuci tangan, jaga jarak, dan bagi yang umur di atas enam tahun, vaksinasi Covid-19," jelasnya.

"Kalau enam sampai remaja itu dua kali (vaksin Covid), yang remaja sampai lansia itu tiga kali, di bawah 6 tahun lengkapi dengan imunisasi rutin," paparnya.

Soedjatmiko juga menganjurkan agar anak di bawah usia 6 tahun diimunisasi lengkap untuk memberikan perlindungan dari penyakit lainnya seperti campak, rubella, difteri, hingga tetanus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Salman Rushdie dalam Kondisi Serius, Terancam Kehilangan Matanya

Salman Rushdie berada dalam kondisi serius dan terancam kehilangan sebelah matanya, setelah ditikam di sebuah acara sastra di negara bagian New York.

NEWS | 13 Agustus 2022

Banjir Bandang di Tiongkok, 4 Orang Tewas dan 9 Cedera

Empat orang tewas dan sembilan lainnya cedera saat banjir bandang di Tiongkok barat daya pada Sabtu (13/8/2022), kata pihak berwenang.

NEWS | 13 Agustus 2022

Turnamen DCT KBPP Polri Cup 2022 Ditutup, Ini Daftar Pemenang

Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty berharap para pemenang dapat memacu prestasi yang lebih tinggi dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kapan Matahari Berhenti Bersinar dan Mati? Ini Jawaban Ilmuwan

Sebuah studi berdasarkan analisis jutaan bintang, telah menghasilkan perkiraan berapa tahun kehidupan Matahari tersisa sebelum mati.

NEWS | 13 Agustus 2022

Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

Seorang pesepak bola meninggal di tempat akibat tersambar petir saat menjalani laga persahabatan antara Pepermi FC dan YGS FC di Sukabumi.

NEWS | 13 Agustus 2022

AKKMI Sesalkan Penyelundupan BBM di Tiongkok oleh ABK WNI

AKKMI menyesalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) oleh empat anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan polisi laut Tiongkok.

NEWS | 13 Agustus 2022

Pria Diselamatkan dari Terowongan Runtuh, Dituduh Hendak Bobol Bank

Seorang pria diselamatkan dari terowongan yang runtuh di Roma telah dituduh menggalinya sebagai bagian untuk membobol bank.

NEWS | 13 Agustus 2022

Paman Tikam Keponakan di Kelas, Polisi Ungkap Motifnya

Aparat kepolisian mengungkap motif pembunuhan oleh seorang paman Rahmat (32) terhadap keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang kelas.

NEWS | 13 Agustus 2022

Bakamla Akan Membangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil kerja sama Bakamla dengan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, dan BP Batam.

NEWS | 13 Agustus 2022

Angin Puting Beliung Terjadi di Dua Desa di Kabupaten Kudus

Angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sehingga mengakibatkan puluhan rumah rusak ringan hingga sedang.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Salman Rushdie dalam Kondisi Serius, Terancam Kehilangan Matanya

Salman Rushdie dalam Kondisi Serius, Terancam Kehilangan Matanya

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings