Logo BeritaSatu

Gandeng Astra, Kemendes PDTT Perluas Ekspor Produk Desa

Selasa, 19 April 2022 | 15:29 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus mengenjot potensi lokal ekonomi skala desa.

Tak tanggung-tanggung bekerja sama dengan PT Astra International TBK dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, Kemendes PDTT secara serius menggarap desa berorientasi ekspor dan perluas ekspor produk desa.

“Pengembangan ekonomi lokal skala desa sudah saatnya mempunyai orientasi ekspor. Kami yakin banyak potensi ekonomi lokal skala desa jika digarap dengan seksama mempunyai peluang besar untuk menjadi komoditas unggulan yang layak ekspor,” ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat menjadi pembicara kunci pada Festival Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA) 2022 sekaligus Kick Off Ekspor DSA dan Awarding Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Innovation secara virtual, pada Selasa (19/4/2022).

Mendes PDTT mengatakan desa-desa Indonesia mempunyai peluang besar untuk mengirim komoditas lokal mereka menjadi produk ekspor. Beberapa produk lokal skala desa yang layak ekspor di antaranya meliputi produk furniture, craft, fashion, agrobisnis, hingga food and beverage.

“Dengan pengelolaan yang benar maka berbagai komiditas unggulan tersebut sangat layak untuk menjadi produk ekspor,” katanya.

Mendes PDTT memberikan apresiasi kepada pihak ketiga yang mau bekerjasama mengembangkan potensi ekonomi skala desa. Menurutnya keterlibatan pihak ketiga seperti PT Astra Internasional maupun kalangan swasta lainnya sangat membantu mempercepat peningkatan kesejahteraan warga desa.

“Kami menyadari bahwa, kerja besar ini tidak dapat kami lakukan sendiri, diperlukan keterlibatan banyak pihak baik dunia usaha, perguruan tinggi, serta komunitas-komunitas kreatif yang ada di masyarakat, untuk dapat bersama-sama melaksanakan cita-cita Kementerian Desa dan Presiden Republik Indonesia melakukan penguatan kapasitas SDM masyarakat desa, termasuk bergerak mewujudkan 18 tujuan SDGs Desa,” ujarnya.

Mendes PDTT pun memuji langkah konkret yang dilakukan PT. Astra Internasional menjadi bagian manifestasi cita-cita Pemerintah dengan turut memperluas program-program peningkatan kapasitas SDM masyarakat melalui manajemen dan evaluasi keuangan keluarga serta kelompok usaha di desa.

“Melalui program KBA-DSA ini, kami bersyukur PT Astra Internasional turut andil mengambil peran strategis dalam memberikan program pelatihan dan pendampingan bagi masyarakat, baik dalam bentuk pelatihan hardskill, quality control product, manajemen keuangan keluarga, pendampingan kelompok usaha, serta monitoring dan evaluasi,” katanya.

PT Astra Indonesia sebagai sayap penggerak dalam mendistribusikan program peningkatan kapasitas SDM serta kemandirian ekonomi desa, lanjut Mendes PDTT, agar menjadi parameter setiap pihak dalam menjalankan program kegiatan pendampingan SDM Desa yang lain.

Tidak hanya itu, dia juga berharap kepada PT Astra Indonesia agar kualitas program yang mendorong kemajuan dan kemandirian desa terus ditingkatkan, demi tercapainya kedaulatan SDM desa yang berkelanjutan.

“Kami berharap, program KBA-DSA ini dapat menjadi percontohan bagi program kegiatan lainnya. Kami juga ingin, kedepan terus dilakukan pengembangan dan perluasan lokus intervensi melalui CSR PT. Astra Internasional, sehingga lebih banyak lagi desa-desa di Indonesia yang bangkit dan maju bersama PT Astra Internasional,” kata Gus Halim.

Sebagai informasi, sejak tahun 2019 hingga tahun 2021 telah ada 133 Kampung Berseri Astra (KBA) dan 930 Desa Sejahtera Astra (DSA) di 34 provinsi yang didampingi melalui program social responsibility PT Astra Internasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tanaman Pemangsa Mahluk Bawah Tanah Ditemukan di Kalimantan

Ilmuwan menemukan tanaman karnivora di Kalimantan yang menumbuhkan alat penangkap untuk memakan makhluk bawah tanah.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Sering Dengar Lantunan Ayat Suci Saat Hendak Tidur

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo sering mendengar lantunan ayat suci Al-Qur’an saat hendak tidur.

NEWS | 1 Juli 2022

Kenang Tjahjo Kumolo, Ganjar Pranowo: Organisator yang Hebat

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengenang sosok Tjahjo Kumolo sebagai organisator yang hebat.

NEWS | 1 Juli 2022

Hari Bhayangkara, IPW Dukung Kapolri Babat Polisi Brengsek

Hari Bhayangkara, kasus Brotoseno dan Napoleon menunjukkan ketidakkonsistenan Polri membersihkan institusi dari polisi brengsek.

NEWS | 1 Juli 2022

Bima Arya Tutup Permanen Elvis Cafe Eks Holywings di Bogor

Wali Kota Bogor, Bima Arya memproses penutupan permanen Elvis Cafe yang berafiliasi dengan Holywings Indonesia karena melakukan pelanggaran berat.

NEWS | 1 Juli 2022

Diserang Hiu, Gadis di Florida Kehilangan Kakinya

Seorang gadis menderita luka serius hingga kehilangan kakinya setelah diserang oleh hiu di sebuah pantai di Florida.

NEWS | 1 Juli 2022

Polda Metro Tetapkan Mahasiswi Penganiaya Polisi Tersangka

Polda Metro Jaya menetapkan mahasiswi berinisial HRF (23), pelaku penganiayaan seorang polisi bernama Ipda RM di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Juli 2022

JQR Beri Santunan kepada Keluarga Korban Longsor di Bogor

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui Jabar Quick Response (JQR) memberikan santunan kepada keluarga korban longsor dan banjir bandang di Kabupaten Bogor.

NEWS | 1 Juli 2022

Menpan RB Tjahjo Kumolo Berpulang, Keluarga Besar PLN Berduka

Segenap keluarga besar PT PLN (Persero) berduka atas berpulangnya Menpan RB Tjahjo Kumolo.

NEWS | 1 Juli 2022

Sebaran Covid-19 Varian Omicron Merata di Seluruh Indonesia

Tren kenaikan Covid-19 varian Omicron saat ini mendominasi penyebaran di seluruh wilayah Indonesia.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tanaman Pemangsa Mahluk Bawah Tanah Ditemukan di Kalimantan

Tanaman Pemangsa Mahluk Bawah Tanah Ditemukan di Kalimantan

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings