Logo BeritaSatu

PresUniv dan Pemkab Bekasi Kerja Sama Sistem Kesehatan Akademik

Rabu, 20 April 2022 | 20:55 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Bekasi, Beritasatu.com - Rencana President University (PresUniv) untuk mendirikan fakultas kedokteran terus bergerak maju. Ini seiring ditandatanganinya Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) antara President University (PresUniv) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

PresUniv dengan Pemkab Bekasi menandatangani nota kesepahaman pengembangan sistem kesehatan akademik (academic health system atau AHS) di Kabupaten Bekasi. MoU tersebut ditandatangani Rektor PresUniv Prof Dr Chairy dan Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki di Bekasi, Rabu (20/4/2022).

AHS adalah collaborative ecosystem yang melibatkan tiga pihak, yakni penyedia layanan kesehatan di Kabupaten Bekasi, seperti klinik, Puskesmas, RSUD Kabupaten Bekasi, dan RS swasta; kalangan industri (yang memiliki klinik in-house, asuransi, termasuk penerapan program Kesehatan dan keselamatan kerja atau K3; dan Fakultas Kedokteran, PresUniv. Melalui kolaborasi ini diharapkan akan muncul institusi dan sistem layanan kesehatan yang unggul.

“PresUniv tidak hanya mendirikan Fakultas Kedokteran, tapi juga ingin ikut membangun AHS di Kabupaten Bekasi. Kami menyadari bahwa membangun AHS itu tidak mudah. Perlu dukungan dari pemerintah, termasuk Pemkab Bekasi,” ujar Ketua Yayasan Pendidikan Universitas Presiden, Budi Susilo Soepandji dalam sambutannya.

Jadi, lanjut Budi Susilo, MoU yang ditandatangani hari ini merupakan wujud dukungan Pemkab Bekasi terhadap rencana PresUniv dalam mendirikan fakultas kedokteran. “Penandatanganan MoU ini adalah simbol bahwa kita akan bahu membahu mewujudkan AHS di Kabupaten Bekasi,” tegas dia.

Sementara, Plt Bupati Akhmad Marjuki mengapresiasi rencana PresUniv dalam mendirikan fakultas kedokteran. “Setelah mendengar penjelasan tentang AHS, saya nyatakan bahwa kerja sama antara Pemkab Bekasi dengan PresUniv ini benar-benar harus kita wujudkan. AHS jangan hanya menjadi simbol semata.”

MoU yang ditandatangani tersebut diharapkan bisa menjadi landasan bagi PresUniv dan Pemkab Bekasi dalam mengembangkan AHS di Kabupaten Bekasi. Pelaksanaan lebih detail dari MoU tersebut akan dituangkan dalam perjanjian kerja sama.

Untuk mendirikan Fakultas Kedokteran, PresUniv dibimbing oleh Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran (Unpad). Dekan Fakultas Kedokteran Unpad, Yudi Mulyana, yang juga hadir dalam acara ini mengatakan, “Jumlah dokter masih kurang. Jadi, harus ditambah.”

Pandemi Covid-19 yang melanda memberi pelajaran bahwa standar World Health Organization (WHO) belum terpenuhi di Indonesia. WHO menetapkan standar 1 dokter per 10.000 penduduk. Dalam kondisi normal, standar tersebut mungkin cukup. Namun, jika terjadi bencana kesehatan, seperti pandemi atau wabah lainnya, jumlah tersebut sangat kurang.

Pandemi Covid-19 mengingatkan bahwa menambah jumlah dokter, termasuk fasilitas pendukung, kini menjadi kebutuhan. Jangan sampai bencana kesehatan, yang menelan banyak korban akibat kurangnya jumlah dokter, berulang kembali.

Di sisi lain distribusi dokter di Indonesia masih belum merata. “Distribusi dokter memang masih menjadi masalah,” kata Yudi Mulyana. Di kota-kota besar ada banyak dokter, tetapi di kota-kota kecil sebaliknya. Jika terjadi pandemi atau wabah, ini tentu mempersulit penanganan dan meningkatkan risiko.

Selain kurangnya jumlah dokter, distribusinya juga menjadi masalah. Pendirian Fakultas Kedokteran di PresUniv diharapkan bisa ikut memberikan kontribusi dalam menyelesaikan tantangan tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polda Papua Dalami Sumber Dana Pembelian 615 Amunisi oleh Oknum ASN

Polda Papua masih menyelidiki dari mana sumber dana pembelian 615 buti amunisi yang dimiliki oknum ASN berinisial AN.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Meme Stupa, Roy Suryo Klaim Belum Terima Surat Panggilan Polisi

Roy Suryo mengeklaim belum menerima surat panggilan dari Polda Metro Jaya untuk diperiksa terkait kasus meme stupa Borobudur yang diedit mirip Jokowi.

NEWS | 4 Juli 2022

Kepemimpinan dan Ideologi Tentukan Peran Parpol bagi Dunia

Kepemimpinan strategik dengan muatan ideologi menentukan peran aktif parpol dalam perjuangan keadilan dan perdamaian dunia.

NEWS | 4 Juli 2022

Komisi II DPR Pilih Perppu Dibandingkan Revisi UU Pemilu

Komisi II DPR cenderung memilih penerbitan Perpp) Pemilu dibandingkan revisi UU Pemilu terkait status Pemilu 2024 di IKN dan tiga DOB Papua.

NEWS | 4 Juli 2022

Imbas 3 DOB Papua, Jokowi Perlu Terbitkan 2 Perppu Pemilu

Kode Inisiatif menilai Presiden Jokowi perlu menerbitkan dua Perppu Pemilu untuk memastikan tiga DOB Papua atau pemekaran Papua bisa melaksanakan Pemilu 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Ibadah Haji, 650.000 Jemaah Sudah Tiba di Arab Saudi

Pihak otoritas melaporkan, sebanyak 650.000 jemaah haji dari luar negeri telah tiba di Arab Saudi, hingga Minggu (3/7/2022).

NEWS | 4 Juli 2022

Menkes: Indonesia Akan Jadi Negara yang Mampu Jaga Lonjakan Pandemi

Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang mampu menjaga lonjakan pandemi.

NEWS | 4 Juli 2022

Jokowi Minta Masyarakat Jalankan Prokes dan Vaksinasi Covid-19

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Presiden Jokowi meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 4 Juli 2022

Rektor UI: Parpol Harus Berkontribusi pada Perdamaian Dunia

Rektor UI Ari Kuncoro mendorong peran parpol semakin diperkuat agar dapat memberikan solusi masalah keadilan dan perdamaian dunia.

NEWS | 4 Juli 2022

Menkes: Antibodi Tinggi Penyebab Kasus Covid-19 di Indonesia Melandai

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan antibodi masyarakat yang tinggi mengakibatkan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia melandai.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Puan: Pondok Pesantren Buntet Punya Peran Signifikan

Puan: Pondok Pesantren Buntet Punya Peran Signifikan

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings