Logo BeritaSatu

Hari Kartini, Puan Ajak Kaum Perempuan Bersyukur UU TPKS Disahkan

Kamis, 21 April 2022 | 13:21 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani mengajak kaum perempuan bersyukur undang-undang (UU) tindak pidana kekerasan seksual (TPKS) telah disahkan. Menurut Puan, UU TPKS merupakan hadiah bagi perempuan dalam momen Hari Kartini. Puan menyatakan UU TPKS adalah buah kerja keras berbagai elemen bangsa.

“Di peringatan Hari Kartini kali ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk bergembira merayakan UU TPKS yang baru saja disahkan pada 12 April lalu, setelah satu dekade kita perjuangkan,” ujar Puan di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Puan mengatakan UU TPKS diperuntukkan untuk seluruh rakyat Indonesia. Namun, secara khusus UU TPKS menjadi kado bagi perempuan Indonesia di Hari Kartini. Hal ini mengingat, kaum perempuan banyak menjadi korban kekerasan seksual.

“Karena perempuan harus merdeka dalam segala aspek kehidupan,” imbuh Puan Maharani.

Puan mengatakan UU TPKS meliputi pencegahan, pemenuhan hak korban, pemulihan korban, termasuk mengatur tentang penanganan selama proses hukum kasus kekerasan seksual. Dengan regulasi ini, para korban kekerasan seksual akan lebih mendapat perlindungan dari negara.

“Tentu saja keberhasilan pengesahan UU TPKS tidak terlepas atas kerja keras elemen perempuan Indonesia. Terutama para aktivis dan akademisi perempuan dari berbagai latar belakang yang selama ini tak mengenal lelah memperjuangkan UU TPKS,” tutur Puan.

Mantan Menko PMK itu pun mengapresiasi gugus tugas dari pemerintah yang berkomitmen bersama DPR dalam mewujudkan UU TKPS. Puan juga menyebut UU TPKS akhirnya dapat disahkan atas perjuangan mayoritas anggota dewan perempuan.

“Secara khusus saya berterima kasih untuk Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati serta Ibu Menteri Sosial Tri Rismaharani, dan tentunya untuk teman-teman anggota dewan perempuan yang mengawal tuntas UU TPKS,” ujarnya.

Diakui juga bahwa banyak aktivis dan relawan perempuan yang selalu menyuarakan UU TPKS baik lewat forum-forum resmi maupun di berbagai sarana media, termasuk di media sosial. Menurut Puan, mereka adalah Kartini masa kini yang penuh dedikasi membela korban-korban kekerasan seksual dan kelompok terpinggirkan.

Kini, semua pihak menunggu untuk UU TPKS segera diundangkan dan masuk dalam lembaran negara. Puan pun berharap agar pemerintah cepat menerbitkan peraturan turunan, sehingga UU TPKS dapat segera diimplementasikan.

“Pemerintah harus mendengarkan suara rakyat dalam penyusunan peraturan turunan UU TPKS, khususnya elemen masyarakat yang berjasa atas terealisasinya UU TPKS,” kata Puan.

Lebih lanjut, Puan mendorong peningkatan partisipasi perempuan dan kalangan muda dalam pengambilan keputusan di berbagai badan publik. Apalagi, perempuan menjadi salah satu kelompok yang paling rawan dalam situasi konflik.

“Perempuan muda harus bisa menjadi agen perubahan. Dengan kita semua bergotong royong berperan dalam pengambilan keputusan, banyak hal besar yang bisa kita capai bersama,” ungkap Puan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Kabur, Satu Tahanan Lapas Pangkalan Bun Bawa Senjata Petugas

Seorang tahanan kabur dan diduga mencuri senjata petugas yang berisi enam butir peluru dari Lapas Pangkalan Bun, Kalteng, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Hari ini upaya pencarian 8 korban gempa Cianjur belum membuahkan hasil, sehingga total jumlah korban yang meninggal dunia masih 334 jiwa.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Keluarga Tewas di Kalideres Rampung Sebelum HUT Polda Metro

Kasus keluarga tewas di Kalideres rampung sebelum hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya, 6 Desember 2022.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE