Logo BeritaSatu

Peradi Otto Tepis Kabar Advokatnya Ditolak Bersidang di PN Jaksel

Jumat, 22 April 2022 | 10:17 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.comDPN Peradi pimpinan Otto Hasibuan menepis kabar advokatnya ditolak bersidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel). Hal ini ditegaskan Sekretaris Jenderal DPN Peradi Hermansyah Dulaimy.

Hermansyah menyoroti pemberitaan yang menyebut advokat dengan kartu keanggotaan Peradi Otto tidak diterima untuk mengikuti persidangan. Hermansyah mengaku telah berkomunikasi langsung dengan Wakil Ketua dan Panitera PN Jaksel.

“Saya ingin kepastian. Saya tanyakan, itu tidak ada (advokat yang ditolak bersidang. Tidak ada sidang yang menolak advokat dari Peradi, karena menggunakan kartu advokat itu (Peradi Otto),” ujar Hermansyah saat konferensi pers di Sekretariat DPN Peradi, kawasan Slipi, Jakarta, Kamis (21/4/2022) malam.

Ditegaskan pula hal tersebut merupakan keterangan resmi dari Wakil Ketua dan Panitera PN Jaksel. Tidak hanya itu, Hermansyah juga menyatakan telah ada klarifikasi dari Wakil Ketua MA bidang Yudisial Andi Samsan Nganro.

Disampaikan Hermansyah, Andi menyampaikan putusan kasasi MA tidak ada kaitannya dengan status kepengurusan Peradi pimpinan Otto Hasibuan. “Jelas, tadi pagi ada keterangan pers dari wakil ketua MA bidang Yudisial bahwa kartu advokat yang masih berlaku itu bisa dipergunakan untuk menjalankan tugas profesi,” ujar Hermansyah.

Diberitakan, penggugat kasus sengketa hak piutang bank di persidangan PN Jaksel diminta mengganti kuasa hukum yang berasal dari Peradi pimpinan Otto Hasibuan. Pasalnya, Peradi Otto dinilai tidak sah dengan mengacu putusan kasasi MA.

Permintaan itu disampaikan Albert selaku kuasa hukum tergugat I saat sidang di PN Jaksel. “Kami keberatan, karena kartu anggota diduga tidak sah. Sebab, MA sudah menyatakan SK Peradi (Otto Hasibuan) sudah tidak sah lagi. Kami meminta kepada penggugat untuk mengganti advokat,” kata Albert.

Albert mengacu putusan kasasi MA Nomor 997 K/PDT/2022. Pada 18 April 2022, MA menolak permohonan kasasi yang diajukan Peradi Otto Hasibuan atas putusan dari putusan PN Lubuk Pakam. Putusan ini dibacakan Majelis Hakim Kasasi yang diketuai Nurul Elmiyah dengan anggota Maria Anna Samiyati dan Pri Pambudi Teguh.

Dengan putusan PN Lubuk Pakam, majelis hakim menyatakan SK DPN Peradi No.KEP.104/PERADI/DPN/IX/2019 tertanggal 4 September 2019 tidak memiliki kekuatan hukum tetap. Hakim menilai SK DPN Peradi Otto, dibentuk berdasarkan rapat pleno dan sudah melewati jangka waktu enam bulan sebagaimana diamanatkan hasil Munas II Peradi di Kampar, Riau.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE