Logo BeritaSatu

Taiwan Tidak Akan Terapkan Karantina Covid seperti Shanghai

Minggu, 24 April 2022 | 11:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Taipei, Beritasatu.com- Taiwan tidak akan melakukan karantina wilayah seperti Shanghai untuk mengendalikan peningkatan kasus Covid-19 domestik. Seperti Reuters, Sabtu (23/4/2022), sebagian besar warga Taiwan yang terinfeksi tidak memiliki gejala atau hanya menunjukkan gejala ringan.

Pada Sabtu (23/4), Perdana Menteri Su Tseng-chang berjanji untuk terus membuka diri. Taiwan telah menghadapi lonjakan kasus lokal sejak awal tahun, tetapi jumlahnya secara keseluruhan tetap kecil yakni 18.436 kasus sejak 1 Januari untuk populasi sekitar 23 juta, dan hanya empat orang yang meninggal.

Didukung oleh tingkat vaksinasi yang tinggi, pemerintah telah mempromosikan "model Taiwan baru", belajar untuk secara bertahap hidup dengan virus. Taiwan juga menghindari penutupan ekonomi, tidak seperti di Shanghai yang pada minggu ketiga karantina untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

Berbicara kepada wartawan, Su mengatakan pemerintah yakin dengan langkah-langkah yang diambil dan "beruntung" lebih dari 99 persen kasus tidak menunjukkan gejala atau memiliki penyakit ringan.

“Kami akan menghadapinya secara bertahap dan tidak akan seperti Shanghai dan melakukan karantina, tetapi kami juga tidak akan segera berhenti mengenakan masker dan tidak mengambil tindakan anti-pandemi,” tambahnya.

Pemerintah memperkirakan kasus harian akan mencapai 10.000 pada akhir bulan dan telah memperingatkan puncaknya kemungkinan beberapa minggu lagi.

Su mengatakan lebih banyak vaksin dan tes cepat sedang dalam perjalanan untuk membantu mengatasi peningkatan kasus infeksi. Taiwwan sedang "mempersiapkan langkah selanjutnya dalam pembukaan kembali" dan mengurangi jumlah waktu yang harus dihabiskan orang-orang dengan Covid-19 atau kontak mereka di karantina.

Pemerintah telah memotong menjadi 10 hari dari dua minggu karantina untuk semua kedatangan di Taiwan, dan sedang mempertimbangkan pengurangan bertahap lebih lanjut karena tampaknya akan membuka kembali perbatasannya.

Sekitar 80 persen dari 23 juta orang Taiwan sekarang divaksinasi ganda dan hampir 60 persen telah mendapatkan dosis booster pertama, sementara mandat memakai masker tetap berlaku. Taiwan telah melaporkan 47.100 infeksi sejak pandemi dimulai lebih dari dua tahun lalu, dan 856 kasus kematian.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PDIP Sebut Bakal Ada Kejutan dalam Safari Politik Puan ke Airlangga Hartarto

Politikus PDIP Bambang Wuryanto menyatakan bakal ada kejutan baru dalam safari politik Ketua DPR Puan Maharani ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

NEWS | 30 September 2022

2026, Tirta Pakuan Bogor Targetkan Pelanggan Capai 220.000

Tirta Pakuan Bogor menargetkan pelanggan dapat bertambah menjadi 220.000 pada 2026. Saat ini, Tirta Pakuan mempunyai 172.552 pelanggan.

NEWS | 30 September 2022

Habiskan Ratusan Juta, Perda Kota Religius Depok Ditolak Kemendagri

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku kecewa dengan keputusan Kemendagri menolak Perda Kota Religius Depok yang sudah menghabiskan ratusan juta rupiah.

NEWS | 30 September 2022

Ini 9 Flyover di Jateng yang Diinisiasi Gubernur Ganjar

Flyover Ganefo adalah salah satu dari sembilan flyover yang dibangun selama masa kepemimpinan Ganjar.

NEWS | 30 September 2022

Pj Gubernur 3 Provinsi Baru di Papua Bakal Dilantik Akhir Oktober

Kemendagri menargetkan pelantikan penjabat gubernur atau Pj gubernur di tiga provinsi DOB Papua bakal digelar pada akhir Oktober ini. 

NEWS | 30 September 2022

Importir Kedelai AS akan Dapat Sertifikat SSAP dan Bisa Dialihkan ke Konsumen

Pengimpor kedelai AS akan menerima sertifikat SSAP termasuk di Indonesia dan dapat mengalihkannya kepada pihak konsumen hingga empat kali.

NEWS | 30 September 2022

BNPT: Generasi Z dan Milenial Rentan Terpapar Radikalisme

BNPT menyebut bahwa para pemuda generasi Z dan milenial di Tanah Air hingga kini masih rentan terpapar paham radikal.

NEWS | 30 September 2022

Komnas HAM Jelaskan Konteks Pertemuan dengan Lukas Enembe Usai Dicecar DPR

Komnas HAM menjelaskan konteks pertemuan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang kini menjadi tersangka KPK. 

NEWS | 30 September 2022

BMKG: Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi di Jatim

BMKG Juanda Sidoarjo mengingatkan masyarakat adanya potensi bencana hidrometeorologi terkait perkembangan dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur.

NEWS | 30 September 2022

Kasus Rizky Billar, KPI Pusat Larang Stasiun Televisi dan Radio Undang Pelaku KDRT

Imbauan dari KPI Pusat ini datang setelah ramainya kasus dugaan KDRT yang dilakukan artis Rizky Billar kepada istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PDIP Sebut Bakal Ada Kejutan dalam Safari Politik Puan ke Airlangga Hartarto

PDIP Sebut Bakal Ada Kejutan dalam Safari Politik Puan ke Airlangga Hartarto

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings