Logo BeritaSatu

26 Tahun Otonomi Daerah, Mendagri Miris Masih Ada Daerah dengan PAD di Bawah 20%

Senin, 25 April 2022 | 14:51 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku miris karena masih ada daerah yang memiliki pendapatan asli daerah (PAD) di bawah 20%. Rendahnya PAD membuat sejumlah daerah tersebut bergantung pada keuangan pemerintah pusat.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro yang membacakan sambutan Mendagri dalam acara Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022, Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (25/4/2022).

Advertisement

Tito mengungkapkan, penerapan otonomi daerah (otda) memang telah memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan daerah di Indonesia.

“Setelah 26 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan,” kata Tito Karnavian.

Percepatan pembangunan, lanjut Tito, ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya PAD dan kemampuan fiskal daerah.

“Namun data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan,” ujar Tito Karnavian.

Berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut, ungkap Tito, terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD di bawah 20% dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

“Hal ini tentunya menjadi sangat ironis, mengingat kewenangan telah diberikan kepada daerah sementara keuangan masih tergantung kepada pemerintah pusat,” terang Tito Karnavian.

Untuk itu, Tito mengimbau daerah dengan PAD rendah melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD bahkan melebihi TKDD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.

“Di sinilah ujian sekaligus pembuktian kemampuan leadership dan entrepreneurship (kewirausahaan) untuk menangkap peluang yang ada oleh seluruh kepala daerah di Indonesia,” jelas Tito Karnavian.

Dalam kesempatan ini, Tito mengapresiasi daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya. Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain.

“Kepada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien,” tegas Tito Karnavian.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres Pakai Baju Adat Banten saat Upacara HUT Ke-77 RI, Ini Filosofinya

Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin mengenakan baju adat Banten saat menghadiri Upacara HUT ke-77 RI. Ini makna filosofi baju adat Banten. 

NEWS | 17 Agustus 2022

Tito Karnavian Pimpin Upacara HUT Ke-77 RI di Pulau Rote

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di lapangan Nembrala Kecamatan Rote Barat.

NEWS | 17 Agustus 2022

Makna Merdeka, Firli: Saat Indonesia Bebas Korupsi

 Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan, merdeka yang sesungguhnya yakni pada saat Indonesia sudah terbebas dari masalah korupsi.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT RI, Mentan Sampaikan Terima Kasih kepada Para Petani

Pada HUT RI ke-77, Mentan menyampaikan terima kasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

NEWS | 17 Agustus 2022

Dilaporkan Deolipa, Kuasa Hukum Bharada E: Saya Hadapi

Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy mengatakan bahwa dirinya akan menghadapi laporan yang dilayangkan Deolipa Yumara

NEWS | 17 Agustus 2022

Moeldoko: Terapkan Pesan Jokowi soal Eling lan Waspodo

Moeldoko mengajak masyarakat untuk menerapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal eling lan waspodo dalam kehidupan sehari-hari.

NEWS | 17 Agustus 2022

421 Napi Korupsi Peroleh Remisi, 4 Orang Langsung Bebas

Ada 421 napi perkara korupsi yang memperoleh remisi pada peringatan HUT Ke-77 RI kali ini, dan empat napi di antaranya langsung bebas dari tahanan

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Wapres Ma’ruf Amin: Rapatkan Persatuan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta semua elemen bangsa menjadi peringatan HUT ke-77 RI sebagai kesempatan untuk kembali merapatkan persatuan.

NEWS | 17 Agustus 2022

Lagu Farel Prayoga Membuat Ibu Iriana dan Para Menteri Berjoget di HUT ke-77 RI

Penyanyi cilik Farel Prayoga membuat Ibu Negara Iriana Jokowi serta para menteri dan sejumlah artis berjoget.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Erick Thohir: Indonesia Bangsa Tahan Banting

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, Indonesia adalah bangsa tahan banting sehingga bisa bertahan sampai dengan umur 77 tahun

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings