Logo BeritaSatu

MA Sunat Hukuman Brigjen Prasetijo Utomo Terkait Kasus Djoko Tjandra

Senin, 25 April 2022 | 20:57 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Mahkamah Agung (MA) mengabulkan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Brigjen Prasetijo Utomo, terpidana pemalsuan surat jalan untuk kepentingan buronan kasus korupsi Djoko Tjandra. Dalam putusannya, MA menyunat atau mengurangi hukuman Brigjen Prasetijo Utomo yang merupakan mantan Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri itu dari 3 tahun penjara menjadi 2,5 tahun penjara.

"Amar putusan, kabul," bunyi putusan MA yang dikutip dari laman kepaniteraan MA, Senin (25/4/2022).

PK itu diajukan Prasetijo Utomo melalui kuasa hukumnya ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada 7 Februari 2022 atas jenis perkara pemalsuan surat. PK itu diputus majelis hakim MA yang terdiri dari Eddy Army, Dwiarso Budi Santiarto dan Jupriyadi pada 12 April 2022.

Bertindak sebagai pengadil dalam sunat hukuman kali ini adalah Eddy Army, Dwiarso Budi Santiarto dan Jupriyadi. Sedangkan panitera pengganti diisi oleh Emmy Evalina Marpaung.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis 3 tahun penjara terhadap Brigjen Prasetijo Utomo karena terbukti bersalah memerintahkan melakukan pemalsuan surat jalan untuk Djoko Tjandra. Meski dinyatakan tetap bersalah sesuai putusan di tingkat pertama, MA melalui putusan PK mengurangi hukuman Prasetijo Utomo menjadi 2,5 tahun penjara.

"Menyatakan terpidana Prasetijo Utomo, S.I.K., M.Si., terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana 'Menyuruh melakukan pemalsuan surat secara berlanjut dan setelah melakukan kejahatan dengan maksud untuk menutupinya, menghancurkan benda-benda dengan mana tindak pidana dilakukan secara bersama-sama'. Menjatuhkan pidana kepada terpidana oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 tahun dan 6 bulan," kata Jubir MA, Andi Samsan Nganro saat dikonfirmasi, Senin (25/4/2022).

Selain perkara surat jalan, Prasetijo Utomo juga dihukum 3,5 tahun penjara karena menerima suap dari Djoko Tjandra melalui pengusaha Tommy Sumardi. Suap sebesar US$ 100.000 itu diberikan lantaran Prasetijo membantu mengurus penghapusan nama Djoko Tjandra dari daftar pencarian orang (DPO) yang dicatatkan di Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen imigrasi).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

Kombes Susanto Haris sempat menduga ada teroris saat disuruh bawa senjata ke rumah dinas Ferdy Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Sikat Tambang Galian Ilegal, Ganjar Inisiasi Pembuatan Aplikasi Khusus

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, membuka seminar bertajuk “Penataan Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan Provinsi Jawa Tengah dan DIY”.

NEWS | 28 November 2022

Kasal Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Calon Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

NEWS | 28 November 2022

Terlambat ke TKP Penembakan, Arif Rachman Dituding Sambo Apatis

Arif Rachman Arifin mengungkapkan momen saat dirinya dimarahi oleh Ferdy Sambo ketika dia terlambat ke TKP. Dia mengaku dituding apatis oleh Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

UMP DKI Jakarta tahun 2023 naik sebesar 5,6 persen. Kenaikan itu menjadi Rp 4.900.798 dari yang sebelumnya sebesar Rp 4.641.854.

NEWS | 28 November 2022

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Seorang anak tega bunuh ayah kandungnya sendiri di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

NEWS | 28 November 2022

Ini Pertimbangan Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Sejumlah organisasi profesi mempunyai beragam alasan untuk menolak penyusunan RUU Kesehatan Omnibus Law oleh Badan Legislasi DPR.

NEWS | 28 November 2022

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Prabowo Subianto memastikan calon Penglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara profesional.

NEWS | 28 November 2022

Diresmikan Jokowi Besok, AMN Libatkan BIN untuk Persiapan

Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada besok Selasa, 29 November 2022.

NEWS | 28 November 2022

Fraksi PDIP: Draf RUU Kesehatan yang Beredar Bukan dari DPR

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR menerima para perwakilan organisasi kesehatan yang berdemontrasi di depan gedung DPR untuk menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE