Logo BeritaSatu

Minimarket Menjamur, Pemkot Bogor Diminta Lakukan Moratorium

Senin, 25 April 2022 | 21:08 WIB
Oleh : Vento Saudale / CAR

Bogor, Beritasatu.com - DPRD Kota Bogor mendorong adanya moratorium minimarket. Keberadaan minimarket kian menjamur di Kota Bogor, tetapi tidak diimbangi dengan aturan yang membatasi jumlahnya berdasarkan jarak efektif dan tata kelola kota.

Dari 520 minimarket, 222 di antaranya belum mengantongi izin usaha toko swalayan (IUTS). Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto pun mendorong adanya moratorium dan pembatasan pendirian minimarket agar persaingan usaha bisa lebih sehat.

“Kalau jaraknya tidak sampai 300 meter sudah ada tiga sampai empat minimarket, ini kan jadi crowded dan bisa memancing persaingan usaha yang tidak sehat,” katanya kepada awak media, Senin (25/4/2022).

“Jadi, saya kira, wacana moratorium bagus dan layak didukung terutama untuk memastikan pedagang kecil juga tetap hidup,” imbuh Atang.

Selain itu, keberadaan minimarket juga dinilai tidak diimbangi dengan kedisiplinan dari para investor dalam mengurus perizinan. Sebab, dari data yang ia dapat di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop), dari 520 minimarket, 222 di antaranya belum mengantongi IUTS.

“Saya kira, kita semua sepakat bahwa Kota Bogor akan selalu terbuka bagi para investor, tetapi perlu saya tekankan lagi bahwa para investor juga perlu mematuhi peraturan yang ada dan disiplin dalam mengurus izin,” tegasnya.

Ia menambahkan peraturan dibuat untuk mengatur semua hal menjadi tertib dan bertanggung jawab. Begitu juga kesiapan untuk merekrut tenaga kerja lokal dan memberikan ruang penjualan produk lokal UMKM.

Atang juga menilai perlu adanya support system bagi para pelaku UMKM atau warung kelontong. Sebab, dengan berdirinya minimarket di tengah pemukiman masyarakat, maka para pelaku usaha warung kelontong terancam keberadaannya.

Moratorium minimarket memang belum diterapkan, meskipun jumlah toko modern tersebut kian menjamur dan makin mendekat pemukiman warga. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Firdaus.

Ia mengatakan Kota Bogor tidak menerapkan kebijakan moratorium minimarket, seperti beberapa daerah lain. Hanya saja, tetap ada penyaring dari sisi kelengkapan perizinan. “Kalau moratorium enggak ada. Karena waktu perizinan di DPMPTSP, enggak mengeluarkan perizinan baru yang tidak lengkap persyaratannya,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022

Solidaritas Guru, Alumni UPI Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

56 guru tewas akibat gempa Cianjur, Alumni UPI serentak bergerak menggalang bantuan untuk para korban.

NEWS | 28 November 2022

Tilang Manual Masih Diberlakukan terhadap Sejumlah Pelanggaran

Polda Metro Jaya masih melakukan tilang manual terhadap sejumlah pelanggaran di jalan raya, seperti kendaraan tanpa pelat nomor.

NEWS | 28 November 2022

Menangis, Ferdy Sambo Sebut Sia-sia Pangkat Jenderal jika Tak Bisa Jaga Istri

Ferdy Sambo menangis karena menilai sia-sia bagi dirinya sudah berpangkat jenderal jika tidak mampu menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

NEWS | 28 November 2022

Putri Terus Menangis Saat Beberkan Skenario Ferdy Sambo

Putri Candrawathi terus menangis saat membeberkan skenario Ferdy Sambo terkait peristiwa tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

UMP DKI Naik 5,6% Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Penjelasan Disnaker

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi (UMP) naik 5,6% menjadi sebesar Rp 4,9 juta pada 2023.

NEWS | 28 November 2022

Beda Pandangan, PDSI Dukung RUU Kesehatan Omnibus Law

PDSI memiliki pandangan berbeda dengan organisasi profesi kesehatan lainnya terkait RUU Kesehatan Omnibus Law.

NEWS | 28 November 2022

Jokowi Usulkan Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan, Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. 

NEWS | 28 November 2022

Respons Jokowi soal Pemimpin Pro Rakyat, Prabowo Tunjuk Rambut Putihnya

Prabowo Subianto merespons ciri-ciri pemimpin pro rakyat yang disampaikan Jokowi. Prabowo pun menunjuk bahwa dia memiliki rambut berwarna putih.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Update</em>: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE