Logo BeritaSatu

Ketua DPR Resmikan Proyek Sambungan Air Bersih di Wonogiri

Selasa, 26 April 2022 | 23:38 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Wonogiri, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani meresmikan proyek sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/4/2022). Selama puluhan tahun, warga Desa Gendayakan dan sekitarnya kesulitan air bersih.

Puan meresmikan pemasangan sambungan rumah air bersih untuk 506 rumah warga. Program penanganan krisis air bersih di Desa Gendayakan sudah menjadi skala prioritas sejak 2017.

Advertisement

“Kita butuh air untuk minum, kita butuh air untuk mandi. Kita butuh air untuk mencuci, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kesehatan diri,” kata Puan di Desa Gendayakan.

“Karena itu, ketika ada kabar bahwa Desa Gendayakan sempat puluhan tahun lamanya kesulitan mendapat air bersih, ini tidak boleh dibiarkan. Harus ada solusinya seperti pembangunan sarana air bersih,” tutur Puan.

Puan Maharani menekankan komitmennya dalam mengawal ketersediaan air bersih di desa-desa, seperti Desa Gendayakan. Ia berharap pembangunan sarana air bersih di Desa Gendayakan bisa benar-benar memberi manfaat untuk warga. Sarana air bersih ini bisa terbangun karena gotong royong semua pihak, baik dari pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan warga.

“Walaupun kami ada di pusat, tetapi DPR RI memantau betul kondisi-kondisi di desa-desa seperti Desa Gendayakan. Dengan adanya air bersih, diharapkan warga Desa Gendayakan tidak perlu lagi jalan jauh-jauh hanya untuk mendapatkan air, tidak perlu lagi hanya mengandalkan air tangki bantuan, tidak perlu lagi khawatir kalau tidak ada hujan turun,” kata Puan.

Pembangunan sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri menggunakan dana dari APBD Kabupaten Wonogiri. Pembangunan perpipaan sudah dimulai sejak 2018 hingga 2019. Namun, pembangunan terkendala pandemi Covid-19. Pembangunan baru bisa dilanjutkan pada 2022.

Sebelum ada pembangunan perpipaan, warga desa Gendayakan harus membeli air dari mobil-mobil tangki. Saat kekeringan, bahkan mereka kesusahan mendapat air. Krisis air ini bisa mereka rasakan selama 6-7 bulan.

Kondisi geografis Desa Gendayakan memang berbukit-bukit dan berbatu kapur. Setiap musim kemarau, hampir bisa dipastikan Desa Gendayakan menjadi langganan kekeringan dan krisis air bersih. Desa yang berada di Kecamatan Paranggupito ini terletak 68 kilometer dari Kota Wonogiri dan berada pada ketinggian 195 meter di atas permukaan laut.

Kamti, warga Dusun Ngledok, Desa Gendayakan bercerita ia dan keluarga harus membuat bak penampungan untuk menampung air hujan selama musim penghujan. Biasanya musim penghujan baru terasa pada bulan Desember di Desa Gendayakan. Itupun tidak berlangsung lama. “Bagi kami air itu seperti emas, sangat penting dan tidak ada duanya. Paling susah kalau butuh untuk memasak,” kata Kamti.

Kamti bersyukur akhirnya proyek sambungan rumah air bersih di desanya diresmikan oleh Puan Maharani. Ia berharap program ini bisa benar-benar mempermudah warga Desa Gendayakan mendapatkan akses air. “Terima kasih ibu Puan saya doakan sehat selalu dan bisa menjadi Presiden kami,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

Pihak Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu memohon agar majelis hakim menggugurkan replik jaksa penuntut umum.

NEWS | 2 Februari 2023

Timbun Solar dari Berbagai SPBU, Warga Batam Dibekuk Polisi di Rembang

Polisi menangkap warga Batam bernama Jahudi di Rembang karena menimbun bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar dari berbagai SPBU. 

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Bantah Eliezer Tembak Yosua karena Loyalitas ke Ferdy Sambo

Kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E membantah tudingan jaksa yang menyebut Eliezer menembak Yosua atau Bharada E karena loyalitas kepada Ferdy Sambo.

NEWS | 2 Februari 2023

Hujan Deras, Terjadi Longsor di Jalur Wisata Kawasan Pacet dan Trawas Mojokerto

Hujan deras yang melanda Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (1/2/23) sore kemarin, menyebabkan terjadinya sejumlah tanah longsor.

NEWS | 2 Februari 2023

Bank Jago Syariah Luncurkan Produk Deposito Berbasis Aplikasi

PT Bank Jago Tbk melalui unit usaha syariah (Jago Syariah) meluncurkan produk Deposito Jago Syariah dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

Rynecke Alma Pudihang, ibu Richard Eliezer atau Bharada E, angkat bicara soal peluang anaknya divonis bebas dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua. 

NEWS | 2 Februari 2023

Hotman Paris Sebut Sidang Teddy Minahasa Prematur

Hotman Paris Hutapea menyebut sidang dugaan peredaran narkoba dengan terdakwa Irjen Teddy Minahasa prematur dan belum saatnya digelar. 

NEWS | 2 Februari 2023

Australia Bakal Ganti Gambar Ratu Elizabeth di Pecahan Uang Kertas 5 Dolar

Australia akan mengganti gambar Ratu Elizabeth II dari pecahan uang kertas 5 dolar A$ 5 dengan desain baru mencerminkan dan menghormati sejarah budaya Pribumi.

NEWS | 2 Februari 2023

Ibu Richard Eliezer Harap Anaknya Divonis Seringan-ringannya

Rynecke Alma Pudihang, ibu Bharada Richard Eliezer atau Bharada E berharap anaknya dapat divonis seringan-ringannya dalam kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 2 Februari 2023

Polda Libatkan Tim TAA dalam Rekonstruksi Ulang Kecelakaan yang Tewaskan Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya melibatkan tim TAA Korlantas Polri dalam rekonstruksi ulang kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI M Hasya Atalla Saputra.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

NEWS | 13 menit yang lalu










BERITA TERPOPULER

CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE