Logo BeritaSatu

Arus Mudik, Moeldoko Minta Pemda Jaga Euforia Pemudik

Rabu, 27 April 2022 | 16:49 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta pemerintah daerah (pemda) dapat menjaga euforia pemudik dalam persiapan arus mudik. Menurut Moeldoko, jangan sampai pemudik merasa jengkel melihat persiapan arus mudik yang tidak baik. Hal itu disampaikan Moeldoko dalam rapat koordinasi di Bandar Lampung, Rabu (27/4/2022).

Rapat turut dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung Selatan, perwakilan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry Persero (ASDP), serta PT Hutama Karya dan PT Waskita Karya.

Saat meninjau konektivitas antarmoda mulai dari pelabuhan Bakauheni hingga masuk ke Jalan Tol Trans Sumatera ini, Moeldoko menegaskan semua pihak perlu menjadi fleksibel dan responsif di tengah situasi pandemi yang belum berakhir.

“Jangan sampai orang yang euforia jadi jengkel karena kita tidak mengantisipasi mobilitas orang yang luar biasa. Ini harus jadi atensi kita semua, jaga euforia masyarakat. Pikirkan dengan detail apa yang mungkin terjadi di lapangan dan siapkan solusinya,” kata Moeldoko.

Moeldoko mengapresiasi kesigapan pemda, kepolisian daerah dan para stakeholder terkait dalam mengamankan kondusifitas arus mudik 2022 di Pelabuhan Merak-Bakauheni dan Jalan Tol Trans Sumatera Lampung-Palembang.

“Kedatangan saya ke Lampung ini untuk memastikan kesiapan menghadapi situasi mudik 2022. Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang sudah bekerja keras. Kinerja kolaboratif ini sudah sangat bagus,” ujar Moeldoko didampingi oleh Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta.

Sebagai informasi, penyeberangan Merak-Bakauheni merupakan salah satu jalur mudik padat yang melayani sekitar 3 hingga 5 persen dari total 85 juta pemudik. Peningkatan tren jumlah penumpang dan kendaraan menuju pelabuhan Bakauheni telah terpantau sejak tanggal 17 April 2022. Pada awal musim mudik 2022 ini, rata-rata jumlah pemudik di Pelabuhan Bakauheni mencapai 40.000 hari. Angka ini meningkat dari jumlah penumpang kapal laut rute Merak-Bakauheni yang normalnya hanya mencapai 12.000 hingga 15.000 per hari.

ASDP melaporkan bahwa setidaknya terdapat 68 Kapal yang beroperasi di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni saat ini. Menghadapi arus mudik, kapal berkapasitas 10.000 GRT yang mampu mengangkut hingga 200 mobil pun diperbanyak jumlahnya.

Sementara itu, beberapa permasalahan, seperti potensi penumpukan kendaraan di jalan tol telah dimitigasi melalui koordinasi antara pihak Korlantas, BPJT dan pihak terkait lainnya. Pihak Korlantas dan Polda Lampung juga telah membuka gerai-gerai vaksin Covid-19 di 17 pos pelayanan di sepanjang 234 km Jalan Tol Trans Sumatera Lampung-Palembang. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksinasi booster sebagai persyaratan mudik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Belum Terima Konfirmasi soal Pengunduran Diri Lili Pintauli

KPK mengaku belum menerima konfirmasi dari Lili Pintauli berkaitan dengan kabar pengunduran dirinya.

NEWS | 1 Juli 2022

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022)

NEWS | 1 Juli 2022

NATO Anggap Rusia sebagai Ancaman Paling Signifikan

NATO menyatakan Rusia sebagai ancaman paling signifikan dan langsung bagi perdamaian dan keamanan anggotanya.

NEWS | 1 Juli 2022

Kasus Mardani Maming, KPK Telah Memeriksa 9 Orang Saksi

KPK telah memeriksa 9 saksi untuk mengusut kasus korupsi yang diduga melibatkan  Mardani Maming.

NEWS | 1 Juli 2022

Waktu Iduladha Berbeda, Begini Penjelasan dari Kemenag

Kemenag menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Dengan demikian, Hari Raya Iduladha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

NEWS | 1 Juli 2022

Gubernur Papua Barat Minta Jemaah Haji Berdoa bagi Indonesia

Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw meminta jemaah calon haji mendoakan kehidupan bangsa dan negara Indonesia tetap aman dan damai.  

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Pimpin Langsung HUT Bhayangkara Ke-76 di Semarang

Presiden Jokowi akan memimpin langsung peringatan HUT Bhayangkara Ke-76 di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Selasa (5/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

Gugatan Praperadilan Mardani Maming Tak Hentikan Langkah KPK

KPK menegaskan terus mengumpulkan bukti-bukti terkait dugaan korupsi yang menjerat Mardani Maming.

NEWS | 1 Juli 2022

Selasa Depan, Dewas KPK Gelar Sidang Etik Lili Pintauli

Dewan Pengawas (Dewas) KPK bakal menggelar sidang terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli pada Selasa (5/7/2022)

NEWS | 1 Juli 2022

Lili Pintauli Dikabarkan Mundur dari KPK

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya di lembaga antirasuah itu

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Muhidin Said


# Roy Suryo


# Partai Buruh


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Belum Terima Konfirmasi soal Pengunduran Diri Lili Pintauli

KPK Belum Terima Konfirmasi soal Pengunduran Diri Lili Pintauli

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings