Logo BeritaSatu

Cek Harga Pangan, Puan Maharani Peduli terhadap Emak-emak

Rabu, 27 April 2022 | 17:53 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com – Tak ingin harga sembako melonjak tinggi, Ketua DPR Puan Maharani melakukan pengecekan ke sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah pada 26-27 April 2022. Tindakan Puan Maharani tersebut dinilai sebagai bentuk kepedulian terhadap para ibu rumah tangga atau sering disebut emak-emak.

"Langkah Puan Maharani ini menunjukkan sikap peduli terhadap emak-emak atau para ibu rumah tangga. Mereka yang paling merasakan dampak kenaikan harga sembako. Pemantauan harga sembako menunjukkan bahwa Puan tak ingin harga melonjak naik,” ujar ekonom dari Institute of Developing Indonesian Economy (IDEA), Candra Surya Utama, di Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani berkunjung ke sejumlah pasar di Jawa Tengah, salah satunya Pasar Jungke, Karanganyar, Rabu (26/4/2022). Puan meninjau kondisi pasar dan harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idulfitri.

Didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Puan Maharani ingin memastikan kebijakan pemerintah pusat dalam menstabilkan harga berdampak langsung ke masyarakat.

“Kami turun ke lapangan, melihat langsung masalahnya, dan kita dorong pemerintah supaya ada solusi kebijakan. Jangan sampai kebijakan yang dibuat di pusat untuk menstabilkan harga tidak terasa dampaknya di lapangan,” kata Puan.

Dalam kesempatan tersebut, Puan berdialog dengan beberapa pedagang. Para pedagang berharap agar harga kebutuhan pokok bisa terkendali, terutama menjelang Lebaran ini.

Dalam kunjungan kerja pada 26-27 April 2022, selain Kabupaten Karanganyar, Puan Maharani juga mendatangi Kota Solo, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Sragen.

Candra mengapresiasi sikap Puan yang mau turun ke bawah untuk memantau harga sembako. Kunjungan seperti itu wajar dilakukan Puan sebagai pimpinan lembaga legislatif atau wakil rakyat, yang bertugas mendengar dan meneruskan aspirasi rakyat kepada pemerintah.

Menurut Candra, kenaikan harga sembako mendekati lebaran karena adanya mekanisme pasar. Ketika permintaan melonjak, otomatis harga juga ikut melonjak. Pemerintah, kata Candra, mesti melakukan beberapa kebijakan agar harga tetap stabil dan daya beli masyarakat tetap terjaga.

"Pemerintah dapat melakukan operasi pasar. Pemerintah bisa juga memastikan agar tidak ada penimbunan yang menyebabkan harga menjadi naik," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Melihat Kembali Abainya Dirut PT LIB yang Berujung Tragedi Kanjuruhan

Ada momen yang menunjukkan abainya Dirut PT LIB Akhmad Hadian dalam merespons saran terkait jadwal pelaksanaan pertandingan yang berujung tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Usai Dicapreskan Nasdem, Anies Akan Bertemu AHY Besok

Anies Baswedan akan melakukan kunjungan dan silaturahmi ke kantor DPP Partai Demokrat, di Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

Kapolri: 8 Tembakan Gas Air Mata Diarahkan ke Tribun pada Tragedi Kanjuruhan

Sebanyak 11 personel keamanan menembakkan gas air mata ke arah tribun penonton pada tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ditetapkan Tersangka, Dirut PT LIB Dinilai Lalai Verifikasi Stadion

Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita ditetapkan sebagai tersangka tragedi Kanjuruhan, karena dinilai lalai tidak memverifikasi stadion layak fungsi.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri: 11 Personel Tembakkan Gas Air Mata

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa, sebanyak 11 anggotanya menembakkan gas air mata di dalam stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur

NEWS | 6 Oktober 2022

KTT G-20, Relokasi PLTG Grati ke Bali Tuntas Akhir Oktober

PLN menargetkan relokasi PLTG Grati ke Bali selesai akhir Oktober sebagai bentuk dukungan untuk KTT G-20.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dirut LIB Tersangka Tragedi Kanjuruhan Pernah Jadi Terlapor Kasus Rumah Judi

Salah satu tersangka tragedi Kanjuruhan, Dirut Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita sebelumnya sempat jadi terlapor di kasus rumah judi

NEWS | 6 Oktober 2022

Jadi Tersangka, Dirut PT LIB Sempat Sesalkan Tragedi Kanjuruhan

Salah satu pihak yang ditetapkan sebagai tersangka pada tragedi Kanjuruhan yakni Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita

NEWS | 6 Oktober 2022

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri menyebutkan banyak korban tewas pada tragedi Kanjuruhan karena pintu stadion terkunci dan tidak ada petugas yang berjaga.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Sebanyak enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Melihat Kembali Abainya Dirut PT LIB yang Berujung Tragedi Kanjuruhan

Melihat Kembali Abainya Dirut PT LIB yang Berujung Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings