Logo BeritaSatu

Korban Tewas Kecelakaan Lebaran 2022 Turun 66% dari 2019

Jumat, 6 Mei 2022 | 05:28 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Semarang, Beritasatu.com – PT Jasa Raharja (Persero) mencatat korban tewas kecelakaan pada periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 turun 66,6% mencapai 476 orang dibanding Lebaran 2019. Sementara korban luka-luka sebanyak 3.767 atau berkurang 48,8% dibanding periode Lebaran 2019.

"Kami telah menyerahkan santunan sebesar Rp 55,4 miliar dengan jumlah 476 orang korban meninggal dunia, dan 3.767 orang korban luka-luka yang masih dirawat, kami terbitkan surat jaminan melalui integrasi online dengan Rumah Sakit (RS). Tentunya angka-angka kecelakaan tersebut menurun bila dibandingkan tahun 2019, di mana untuk korban meninggal dunia turun 66,6% dan korban luka turun 48%," kata Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono di sela-sela kunjungan peninjauan kesiapan Pos PAM Lebaran di Bawen dan Kalikangkung Semarang. Hadir dalam kesempatan itu Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi Kamis (5/4/2022).

Dalam keterangan yang diterima Jumat (6/5/2022), data kecelakaan lalu lintas tersebut dirangkum pada periode H-7 sampai H+3 Lebaran 2022 atau Kamis (5/4/2022).

Rivan menyampaikan, meski angka kecelakaan mengalami penurunan dibandingkan periode Lebaran tahun 2019, diharapkan masyarakat yang kembali balik ke Jakarta tetap turut berperan aktif dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban dengan menaati peraturan yang berlaku, seperti rekayasa lalu lintas sistem ganjil-genap, oneway, atau contraflow. Selain itu, diharapkan pemudik mempersiapkan segala keperluan perjalanan sebaik mungkin, tetap menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan.

Lebih lanjut Rivan mengatakan, para pemudik juga bisa memanfaatkan fasilitas untuk beristirahat apabila lelah pada pos pelayanan terpadu atau rest area serta melakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum berangkat. “Kami apresiasi setinggi-tinggi kepada masyarakat yang turut berperan aktif menjaga keteriban selama perjalanan mudik," kata dia.

Selain itu, penghargaan yang sebesar-besarnya atas kerja sama dan dukungan serta upaya yang telah dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian BUMN, Korlantas Polri, pemerintah daerah, instansi/lembaga terkait, serta BUMN, sehingga angka kecelakaan dapat dikendalikan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, serta Program Mudik Aman Mudik Sehat Tahun 2022 dapat terselenggara dengan baik.

Dia mengatakan pemerintah melalui sinergi dari berbagai instansi terus melakukan upaya-upaya strategis agar arus balik ke Jakarta dapat melakukan perjalanan aman dan sehat. "Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat betul-betul terwujud sebagai Mudik Aman Mudik Sehat yang memberi berkah untuk semua lapisan masyarakat,” kata Rivan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Telusuri Perjalanan Lukas Enembe ke Banyak Tempat Pakai Private Jet

KPK menelusuri perjalanan Gubernur Papua Lukas Enembe ke banyak tempat dengan menggunakan private jet.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Periksa Rekaman CCTV

Kasus KDRT Rizky Billar terhadap Lesti, sudah memasuki tahap penyidikan. Polisi kali ini memeriksa rekaman CCTV di rumah pasangan tersebut.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jalan di Sekitar Istana Ditutup hingga Jam 11.00, Mana Saja?

Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas atau penutupan jalan di kawasan Istana Negara dan Monas, Jakarta pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Potensi Hujan Jabodetabek, Jabar, Banten hingga 8 Oktober

BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten hingga 8 Oktober 2022 mendatang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kemenkes Dorong Swasta Kemandirian Alkes Dalam Negeri

Kemenkes mendorong pihak swasta untuk percepatan kemandirian alat kesehatan (alkes) produk dalam negeri.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: TNI Selalu Jadi Garda Terdepan Hadapi Tantangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai sejarah telah membuktikan bahwa TNI selalu menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan.

NEWS | 5 Oktober 2022

AS Janji Bakal Tambah Peluncur HIMARS untuk Ukraina

AS akan memberi Kyiv bantuan keamanan baru senilai US$ 625 juta, termasuk peluncur HIMARS atau Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Bagikan Santunan kepada Korban Tragedi Kanjuruhan di Malang

Presiden Jokowi akan berangkat ke Malang, Jawa Timur usai memimpin Upacara HUT ke-77 TNI untuk membagikan santunan kepada keluarga korban tragedi kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Menteri PPPA Dorong Stadion Sepak Bola Ramah Perempuan dan Anak

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mendorong semua pihak menghadirkan stadion sepak bola yang ramah perempuan dan anak.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Bersinergi Tangani Krisis Pangan

Presiden Jokowi menginstruksikan TNI dan Polri bersinergi untuk menangani krisis pangan, energi, dan finansial. 

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Periksa Rekaman CCTV

Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Periksa Rekaman CCTV

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings