Logo BeritaSatu

Australia Akan Bangun Kapal Selam Nirawak

Jumat, 6 Mei 2022 | 14:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Canberra, Beritasatu.com- Australia akan membangun kapal selam nirawak di tengah ketegangan dengan Tiongkok. Seperti dilaporkan RT, Kamis (5/5/2022), Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton mengatakan tiga kapal purwarupa akan dibangun dalam tiga tahun ke depan.

Australia sedang berusaha untuk membangun “kemampuan perang bawah laut robotik otonom baru,” kata Menteri Pertahanan Peter Dutton pada Kamis (5/5).

Dutton mengumumkan program baru untuk mengembangkan kapal selam nirawak bawah air untuk angkatan laut. Pada hari yang sama, Dutton juga memperingatkan bahwa Australia harus “bersiap untuk perang.”

Proyek ini akan didanai bersama oleh Kementerian Pertahanan dan anak perusahaan Australia dari Anduril, satu perusahaan yang bermarkas di AS yang bekerja di bidang perang otonom.

“Defence dan Anduril Australia akan mendanai bersama program untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi Extra Large Autonomous Undersea Vehicles (XLAUV) di Australia untuk penilaian kemampuan dan pembuatan purwarupa,” kata Dutton.

Kapal selam nirawak diharapkan untuk melengkapi dan meningkatkan kelincahan dan potensi kapal selam angkatan laut saat ini dan kekuatan kombatan permukaan di kawasan Indo-Pasifik, pejabat itu menjelaskan.

Kapal-kapal itu juga diharapkan memberi pasukan itu "opsi misi inovatif" karena mereka akan menjadi "masalah bawah laut yang mengganggu dan sulit" bagi musuh mana pun.

“Program penelitian dan pengembangan diharapkan berjalan selama tiga tahun ke depan, menghasilkan tiga purwarupa kapal selam nirawak dan, pada akhirnya, menghasilkan XLAUV yang siap manufaktur,” kata Dutton.

Saat menteri tidak memberikan perkiraan biaya untuk program tersebut, media lokal menyarankan akan membutuhkan investasi AU$2 miliar dolar Australia (US$1,4 miliar).

“Selain mengembangkan kapal selam nirawak bawah permukaan, militer Australia juga akan membeli kapal nirawak buatan AS. Evolved Sea Sparrow Missile (ESSM) Block 2,” kata Dutton dalam pernyataan terpisah.

Evolved Sea Sparrow Missile (ESSM) Block 2 adalah rudal anti-pesawat angkatan laut modern, yang dirancang khusus untuk mencegat rudal anti-kapal manuver supersonik, serta target udara lainnya.

Menurut menteri, gelombang pertama rudal telah tiba di Australia untuk integrasi awal dan tujuan pengujian. Rudal-rudal itu akan digunakan oleh kapal angkatan laut permukaan Australia.

Pengumuman itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Canberra dan Beijing di kawasan itu, yang dihidupkan kembali oleh perjanjian keamanan dan kerja sama yang ditandatangani oleh Tiongkok dan Kepulauan Solomon akhir bulan lalu.

Perjanjian itu telah memicu kemarahan para pejabat tinggi Australia, dengan PM Scott Morrison pekan lalu menyatakan bahwa potensi munculnya pangkalan militer Tiongkok di pulau-pulau itu akan menjadi “garis merah” bagi Canberra.

Kementerian Pertahanan Tiongkok, bagaimanapun, membantah bahwa mereka memiliki rencana untuk mendirikan pos terdepan di negara yang terletak tepat di seberang Laut Coral di lepas pantai Australia.

Pada Kamis, selama debat dengan Menteri Pertahanan Bayangan Brendan O'Connor di National Press Club menjelang pemilihan federal Australia 2022, Dutton secara terbuka memperingatkan bahwa negara itu harus bersiap-siap untuk perang ketika ia mengeluhkan pengaruh "fenomenal" Tiongkok di seluruh dunia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Setengah Abad Revitalisasi Kota Tua Belum Kelar Juga

Menteri BUMN Erick Thohir akan menggarap revitalisasi Kota Tua di kawasan Jakarta Utara, tahun depan.

NEWS | 28 Juni 2022

Jika Mangkir Lagi, Iko Uwais Akan Dijemput Paksa Polisi

Polda Metro Jaya meminta aktor laga Iko Uwais bersikap kooperatif dalam menghadapi proses hukum. Jika mangkir lagi, Iko Uwais akan dijemput paksa.

NEWS | 27 Juni 2022

Jateng Rawan Bencana, Taj Yasin Minta PMI dan BPBD Tingkatkan Sinergisitas

Taj Yasin Maimoen meminta Palang Merah Indonesia meningkatkan sinergisitas dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota.

NEWS | 27 Juni 2022

Bakamla RI Buka Pelatihan Terkoordinasi VBSS Internasional

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Aan Kurnia membuka pelatihan terkoordinasi VBSS Internasional

NEWS | 27 Juni 2022

HUT Ke-6, PYC Bedah Buku "Politik Energi: Teori dan Aplikasi"

Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) merayakan ulang tahun ke-6 dengan menggelar soft launching dan bedah buku “Politik Energi: Teori dan Aplikasi”

NEWS | 27 Juni 2022

BPOM Berharap Vaksin Merah Putih Didaftarkan ke WHO

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito berharap vaksin Merah Putih didaftarkan ke Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

NEWS | 27 Juni 2022

Warga Sipil Korban Tembak KKB di Deiyai Papua Diterbangkan ke Sulsel

Jenazah Muhammad Jainal (29), korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Deiyai, Papua, diberangkatkan ke kampung halamannya.

NEWS | 27 Juni 2022

Puan: Sosialisasi Pembelian Migor Curah dengan PeduliLindungi Harus Gencar

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menyosialisasikan pembelian minyak goreng (migor) curah dengan aplikasi PeduliLindungi secara masif.

NEWS | 27 Juni 2022

Kejagung Usut Dugaan Korupsi di Garuda, Ini Respons KPK

KPK menyampaikan apresiasi terhadap langkah Kejagung mengusut dugaan korupsi di Garuda dengan menetapkan dua tersangka baru

NEWS | 27 Juni 2022

Hadapi Puncak Subvarian Omicron, Ini Kebijakan yang Perlu Dibenahi

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut puncak gelombang subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia diperkirakan terjadi pada minggu kedua atau ketiga Juli 2022

NEWS | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Rahasia di Balik Kemajuan Industri BPD di Tanah Air

Ini Rahasia di Balik Kemajuan Industri BPD di Tanah Air

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings