Logo BeritaSatu

Tiongkok Akan Bangun Stasiun Pengujian Covid Permanen

Minggu, 8 Mei 2022 | 10:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok sedang menyiapkan ribuan stasiun pengujian PCR permanen, dan 9.000 stasiun sudah selesai di Shanghai saja. Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (6/5/2022), pihak berwenang berusaha untuk "menormalkan" kontrol pandemi yang keras bahkan setelah putaran karantina saat ini berakhir.

Saat ini, hampir 25 juta penduduk di pusat keuangan timur Shanghai tetap berada di bawah beberapa bentuk karantina saat kota itu memerangi wabah virus corona terbesar yang pernah ada di Tiongkok.

Tetapi dalam upaya untuk mencegah gejolak di masa depan, otoritas kota telah menyiapkan sistem yang akan membuat pengujian Covid-19 reguler menjadi fitur permanen kehidupan sehari-hari. Sementara kota-kota lain mengambil langkah serupa.

“Dari 9.000 situs pengujian Shanghai, 5.000 sudah beroperasi, kata wakil walikota Wu Qing, Jumat (6/5).

Sebagai bagian dari strategi nol-Covid "dinamis" Tiongkok, penduduk kota-kota termasuk Beijing telah sering menghadapi tes, dan telah lama terbiasa menampilkan aplikasi seluler "kode kesehatan" untuk menunjukkan bahwa mereka tidak mengunjungi daerah berisiko tinggi.

Namun sistem baru akan mewajibkan siapa pun untuk memiliki tes PCR negatif sebelum memasuki ruang publik. Tidak jelas seberapa baru tes itu perlu dilakukan.

“Stasiun pengujian - terletak di daerah perumahan, taman industri, blok kantor, dan di pintu masuk ke stasiun kereta api dan kereta bawah tanah - akan memungkinkan orang untuk diuji hanya dalam 15 menit,” kata para pejabat.

Pada Kamis, Beijing, yang sedang memerangi wabah, juga menyatakan akan menerapkan pengujian "normal". Beijing memastikan bahwa siapa pun yang memasuki gedung-gedung publik harus menunjukkan hasil tes negatif yang diambil dalam tujuh hari terakhir.

Kota Hangzhou, 176 km barat daya Shanghai, juga telah berjanji untuk mendirikan 10.000 stasiun pengujian permanen. Hangzhou akan memungkinkan akses ke tempat-tempat indahnya hanya untuk orang-orang dengan tes Covid-19 negatif dari 48 jam sebelumnya.

Tiongkok telah menggandakan retorika nol-Covid-nya, dengan mengatakan strategi itu tetap menjadi cara yang paling hemat biaya dan kemanusiaan untuk menangani pandemi, tetapi banyak penduduk dan kelompok bisnis telah menimbulkan kekhawatiran tentang biaya penguncian yang sering.

Analis di bank asing terbagi atas manfaat rencana pengujian reguler. Goldman Sachs menyatakan bahwa pengujian reguler dapat menawarkan jalan keluar bagi Tiongkok karena mempertahankan "nol-Covid" sambil mengurangi dampak ekonomi. Sachs menambahkan, biaya pengujian hanya akan menjadi sebagian kecil dari PDB negara itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022

Sufmi Dasco Jadi Profesor, Prabowo: Guru Besar Penentu Peradaban Bangsa

Terkait pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai profesor, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan guru besar merupakan penentu peradaban bangsa.

NEWS | 1 Desember 2022

Update Gempa Cianjur, 329 Orang Meninggal dan 595 Luka Berat

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyampaikan hingga saat ini terdapat 349 orang meninggal dunia dan 595 orang luka berat akibat gempa Cianjur. 

NEWS | 1 Desember 2022

KLHK Raih Peringkat Pertama Indonesia SDGs Action Awards 2022

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga.

NEWS | 1 Desember 2022

Ganjar Sebut Pendidikan Anti Korupsi di 23 SMA/SMK di Jateng Efektif

Pendidikan anti korupsi bisa diberikan melalui komunikasi yang kreatif lain seperti melalui media sosial, kaus, atau berbagai media seperti stiker dan lainnya.

NEWS | 1 Desember 2022

Ganjar Dorong Seluruh Daerah Komitmen Antikorupsi Usai Hadiri Hakordia di Surabaya

Acara dibuka oleh Ketua KPK RI Firli Bahuri, dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Parawansa, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X, Wagub Kalteng, dan Sekda Kalbar.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE