Logo BeritaSatu

Brasil Kehilangan Hutan Azmazon Seluas 140.000 Lapangan Bola

Minggu, 8 Mei 2022 | 11:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brasilia, Beritasatu.com- Para pemerhati lingkungan Brasil menyatakan setara dengan sekitar 140.000 lapangan sepak bola di hutan Amazon pada bulan April. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Jumat (6/5/2022), para pendukung hak-hak lingkungan terus mengecam kebijakan Presiden Jair Bolsonaro yang mempercepat krisis.

Deforestasi Amazon mencapai 1.012.5sq km dari 1 hingga 29 April, menurut data dari badan penelitian luar angkasa nasional INPE yang dirilis pada Jumat (6/55). Badan tersebut akan melaporkan data untuk hari terakhir bulan ini minggu depan.

Kehilangan hutan Amazon mencapai area yang setara dengan sekitar 140.000 lapangan sepak bola. Sejauh ini, area itu merupakan yang terbesar untuk April sejak pencatatan dimulai pada 2015.

Rekor tersebut – yang ketiga dalam empat bulan – juga menandai statistik terbaru tentang deforestasi hutan Amazon di bawah Bolsonaro, yang sejak menjabat pada 2019. Bolsonaro telah melemahkan perlindungan lingkungan yang menurutnya menghambat pembangunan ekonomi yang dapat mengurangi kemiskinan di wilayah tersebut.

“Penyebab rekor ini memiliki nama depan dan belakang: Jair Messias Bolsonaro,” kecam Marcio Astrini, kepala kelompok advokasi Observatorium Iklim Brasil.

Versi sebelumnya dari cerita ini menyatakan bahwa kehilangan sebesar area yang setara dengan 1.400 lapangan sepak bola. Itu tidak benar. Luasnya setara dengan 140.000 lapangan sepak bola.

Deforestasi di Amazon Brasil telah melonjak ke rekor baru untuk bulan April, data resmi menunjukkan, ketika para pendukung hak-hak lingkungan terus mengecam kebijakan Presiden Jair Bolsonaro untuk mempercepat krisis.

Penghancuran Amazon Brasil dalam empat bulan pertama tahun ini juga mencapai rekor untuk periode 1.954 km persegi, meningkat 69 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021 – membuka area lebih dari dua kali lipat ukuran dari Kota New York.

Para ahli juga telah memperingatkan tingkat deforestasi yang tinggi selama musim hujan, saat penebang biasanya lebih sulit mengakses pohon.

“Angka ini sangat tinggi untuk periode tahun ini. Ini adalah peringatan akan tekanan besar yang dialami hutan,” kata Mariana Napolitano, direktur sains di kantor World Wildlife Fund Brasil.

Kantor Bolsonaro dan Kementerian Lingkungan tidak segera menanggapi permintaan komentar dari kantor berita Reuters.

Bolsonaro telah menghadapi kecaman internasional atas kerusakan Amazon. Namun dia mencalonkan diri kembali dalam pemilihan Oktober yang sangat dinanti-nantikan.

Pelestarian hutan hujan terbesar di dunia sangat penting untuk mengendalikan perubahan iklim karena banyaknya gas rumah kaca yang diserap di pohon-pohonnya.

Pekan lalu, aktor Amerika Leonardo DiCaprio mencuit di Twitter untuk mendesak warga Brasil untuk memilih dalam pemilihan mendatang.

“Brasil adalah rumah bagi Amazon dan ekosistem lain yang penting bagi perubahan iklim. Apa yang terjadi di sana penting bagi kita semua dan pemungutan suara kaum muda adalah kunci dalam mendorong perubahan untuk planet yang sehat,” cuitnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Periksa Rekaman CCTV

Kasus KDRT Rizky Billar terhadap Lesti, sudah memasuki tahap penyidikan. Polisi kali ini memeriksa rekaman CCTV di rumah pasangan tersebut.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jalan di Sekitar Istana Ditutup hingga Jam 11.00, Mana Saja?

Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas atau penutupan jalan di kawasan Istana Negara dan Monas, Jakarta pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Potensi Hujan Jabodetabek, Jabar, Banten hingga 8 Oktober

BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten hingga 8 Oktober 2022 mendatang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kemenkes Dorong Swasta Kemandirian Alkes Dalam Negeri

Kemenkes mendorong pihak swasta untuk percepatan kemandirian alat kesehatan (alkes) produk dalam negeri.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: TNI Selalu Jadi Garda Terdepan Hadapi Tantangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai sejarah telah membuktikan bahwa TNI selalu menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan.

NEWS | 5 Oktober 2022

AS Janji Bakal Tambah Peluncur HIMARS untuk Ukraina

AS akan memberi Kyiv bantuan keamanan baru senilai US$ 625 juta, termasuk peluncur HIMARS atau Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Bagikan Santunan kepada Korban Tragedi Kanjuruhan di Malang

Presiden Jokowi akan berangkat ke Malang, Jawa Timur usai memimpin Upacara HUT ke-77 TNI untuk membagikan santunan kepada keluarga korban tragedi kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Menteri PPPA Dorong Stadion Sepak Bola Ramah Perempuan dan Anak

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mendorong semua pihak menghadirkan stadion sepak bola yang ramah perempuan dan anak.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Bersinergi Tangani Krisis Pangan

Presiden Jokowi menginstruksikan TNI dan Polri bersinergi untuk menangani krisis pangan, energi, dan finansial. 

NEWS | 5 Oktober 2022

Imran Nating Wujudkan AKPI yang Modern dan Profesional

Pengurus Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) periode 2022-2025 resmi dilantik di Jakarta, Selasa (4/9/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Periksa Rekaman CCTV

Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Periksa Rekaman CCTV

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings