Logo BeritaSatu

Libur Lebaran, Satgas Covid-19: Disiplin Prokes Belum 90%

Senin, 9 Mei 2022 | 18:31 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Disiplin masyarakat dalam menerapkan prokes selama libur Lebaran 2022 belum mencapai 90%. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sub Bidang Dukungan Kesehatan Darurat Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) Alexander Kaliaga Ginting menyebut disiplin protokol kesehatan (prokes) pemakaian masker secara benar dan proporsional masyarakat selama libur Lebaran 2022 belum mencapai 90%.

"Di beberapa daerah karena sudah merasa aman dan terkendali, seringkali pemakaian maskernya jatuh ke bawah artinya masker tidak terpasang sesuai dengan ketentuan," katanya kepada Beritasatu.com, Senin (9/5/2022).

Maka dari itu, Satgas Covid-19 menyatakan disiplin prokes khususnya penggunaan masker belum mencapai 90%, meski masyarakat sudah banyak yang menggunakannya. Dengan begitu, pihaknya tetap melakukan evaluasi dua minggu sekali dan berharap kasus Covid-19 tidak naik tinggi.

Sementara untuk disiplin prokes di bandara dan kendaraan umum pesawat terbang, sudah berjalan cukup baik dan lancar.
Para penumpang sudah menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi atau sertifikat vaksin, bahkan para pramugari dan pramugara bertindak sebagai Satgas dengan mengatur naik turunnya penumpang sehingga tidak menciptakan kerumunan.

"Walaupun saat check in terjadi antrean yang cukup panjang, tapi hampir semua penumpang memakai masker, walaupun pemakaiannya kadang ada yang kurang sempurna seperti lebih rendah posisi maskernya atau ada yang terlalu tinggi. Tetapi keinginan prokes penumpang cukup baik," ungkap Alexander.

Untuk yang di terminal bus sudah disiapkan dengan baik oleh oleh Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan di mana supir Bis nya sudah vaksin dan kemudian memakai masker. Kemudian ada disefektan, kesempatan dan mereka yang lain menjadi penumpang juga secara random juga diperiksa apakah ada gejala klinis atau tidak demam atau tidak dan ini berjalan dengan baik.

Untuk di jalur darat yang menggunakan kendaraan mobil pribadi dan bus, Satgas dan Kemenhub menganjurkan mobil jangan melebihi kapasitas atau terlalu penuh dan sebaiknya diisi maksimal 75%. Lalu diimbau tetap memakai masker di dalam mobil atau luar mobil.

"Hanya mungkin yang perlu kita sorot adalah apakah setelah 4 jam, mereka mengganti maskernya atau tidak. Kami juga imbau bagi yang sakit di tempat asal mudik atau tempat tujuan mudik, ditunda dulu untuk kepulangannya. Begitu juga dengan ditiadakannya halal bihalal di lingkungan internal RT, RW hingga kecamatan," ucapnya.

Pergerakan Masyarakat
Sementara untuk pergerakan masyarakat selama libur Lebaran 2022, Google traffic mencatat banyak terjadi perpindahan dari aglomerasi ke daerah kabupaten/kota lain. Masyarakat yang bergerak ini khususnya di wilayah Jawa Bali.

"Kalau di luar Jawa Bali, mungkin yang tinggi itu adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan. Selain itu pergerakan dari pesawat relatif lebih terkontrol karena menggunakan aplikasi PeduliLindungi," urai dia.

Menurutnya, untuk masyarakat yang berkendaraan mobil termonitor karena menggunakan sosial media atau telepon selular. Pergerakannya pun cukup masif menjelang Lebaran hingga kemarin mendekati puncaknya arus balik. Hal itu bisa terlihat dari sinyal telepon masyarakat.

"Jadi ini yang kita monitor dan kemudian dari pergerakan ini kita bisa melihat mereka berapa jam di perjalanan dan kemudian di rest area mereka berapa lama transit. Semua termonitor dari situ," ucap dia.

Diakui berbagai rest area ini ini disiapkan untuk agar tidak terjadi kerumunan, termasuk diberlakukannya contraflowsehingga mengurangi kerumunan di rest area, termasuk dengan berbagai infrastruktur rest area seperti restoran dan lainnya.

"Jadi walaupun masih ada beberapa keluhan, namun itu masih bisa terkendali. Kita tetap apresiasi kerja keras dari Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan yang sudah bekerja keras untuk mengelola perjalanan massal ini baik saat pergi maupun pulang dan kemudian juga mengatur kendaraan mulai dari kereta api, bis dan juga berbagai mobil-mobil termasuk rest area," sebut Alexander.

Dikatakan, yang menjadi hambatan saat mudik kemarin adalah jumlah yang pemudik yang jauh lebih besar daripada mudik 2019 lalu, karena saat 2020 dan 2021 mudik dilarang pemerintah. Jadi wajar angka mudik sangat tinggi karena sudah 2 tahun masyarakat tidak pulang kampung.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KLHK Serahkan Anugerah Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2022

KLHK atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2022.

NEWS | 1 Desember 2022

Kebakaran Usaha Laundry di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

Tiga orang meninggal dunia akibat kebakaran tempat usaha laundry di Perumahan Taman Cikande, RW02 RT09 Desa Cikande, Kabupaten Tangerang.

NEWS | 1 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Total Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 24.107 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Kamis (1/12/2022) sebanyak 24.107 unit.

NEWS | 1 Desember 2022

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

PP Pemuda Katolik menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Polri melimpahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi pemberian kredit proyek BPD Jawa Tengah (Jateng) cabang Jakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Kanada vs Maroko

Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Kanada vs Maroko

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE