Logo BeritaSatu

PUPR Tuntaskan Pembangunan Rumah Khusus MBR di Gorontalo

Selasa, 10 Mei 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Imam Muzakir / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan rumah khusus (rusus) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Pembangunan rusus merupakan komitmen pemerintah dalam penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat melalui Program Sejuta Rumah sekaligus pemerataan hasil-hasil pembangunan di seluruh pelosok negeri, terutama di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal.

“Ini merupakan bukti pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak. Kami harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangannya, Selasa (10/5/2022).

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan, pemerintah terus fokus membangun infrastruktur perumahan untuk memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat termasuk di daerah. Hal itu karena dengan adanya rumah yang layak maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kami berharap dengan adanya program pembangunan rusus ini, masyarakat bisa menghuni rumah yang layak huni,”ujar Iwan.

Rusus yang dibangun di Desa Bumbulan, Kecamatan Paguat tersebut berjumlah 50 unit dengan tipe 28 couple serta telah dilengkapi prasarana, sarana, dan utilitas seperti jalan paving dan saluran drainase. Total anggaran pembangunan Rusus ini sekitar Rp 6,07 miliar.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I Recky W Lahope menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan proses serah terima pengelolaan penghunian Rusus MBR tersebut kepada pemerintah daerah setempat untuk dikelola. Prosesi serah terima ditandai penandatanganan berita acara serah terima (BAST) pengelolaan rusus oleh kepala BP2P Sulawesi I kepada bupati Pohuwato.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo Alwi Mahdali, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Susun dan Rumah Khusus Faharuddin, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Pohuwato Fadli Sanad, serta masyarakat penerima bantuan.

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga menyatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR yang telah membangun rusus untuk masyarakatnya.

“Rusus ini akan dihuni masyarakat berpenghasilan rendah sehingga mereka bisa lebih fokus untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Kami harap Kementerian PUPR bisa terus membantu penyediaan perumahan di daerah ini, mengingat masih banyak masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni,” harapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Teror Bom Bandung, Pelaku Terobos Barisan Apel Polisi

Pelaku teror bom Bandung atau tepatnya di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, menerobos barisan apel polisi.

NEWS | 7 Desember 2022

Pedagang Angkringan Dapat Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina

Seorang pedagang angkringan di Solo mendapatkan undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Gempa M 6,2 Tak Timbulkan Kerusakan Signifikan di Jember

Gempa dengan magnitudo 6,2 yang terjadi pada Selasa (6/12/2022) siang tidak menimbulkan kerusakan signifikan di wilayah Kabupaten Jember.

NEWS | 7 Desember 2022

Seorang Pria Diduga Jadi Pelaku Dugaan Bom Bunuh Diri Bandung

Dari berbagai foto yang beredar terlihat seorang pria tertelungkup dengan kondisi bagian punggung yang hancur. Terlihat pula potongan satu kaki yang terlempar.

NEWS | 7 Desember 2022

Kabar Meninggal Lord Rangga Jadi Trending Topics di Twitter

Berita meninggalnya Edi Raharjo alias Lord Rangga yang tenar berkat klaim kerajaan Sunda Empire langsung jadi trending topics di media sosial Twitter.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan di Polsek Astana Anyar Bandung, Polri: Dugaan Bom Bunuh Diri

Polri menduga kuat bahwa ledakan di Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung karena bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Polri Benarkan Adanya Ledakan Bom di Polsek Astana Anyar Bandung

Ledakan hebat diduga bom bunuh diri di halaman Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung Jalan Astana Anyar Nomor 340, Kota Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Ini Kronologi Ledakan Bom Bandung di Polsek Astana Anyar

Bom bunuh diri terjadi di Polsek Astana Anyar Bandung, menurut Kapolrestabes Bandung, Kombes pol Aswin Sipayung ledakan dilakukan pada pukul 08.20 WIB.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan di Bandung Diduga Bom Bunuh Diri

Bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung, Hingga kini polisi masih menyelidiki dan mengamankan area lokasi ledakan diduga bom tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022

Suara Ledakan Terdengar di Polsek Astana Anyar, Bandung

Suara ledakan terdengar dari Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pagi.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Van Gaal: Permainan Brasil Mirip Belanda

Van Gaal: Permainan Brasil Mirip Belanda

SEMESTA BOLA 2022 | 9 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE