Logo BeritaSatu

Pakar Kesehatan Nyatakan Covid-19 Belum Jadi Endemi

Rabu, 11 Mei 2022 | 08:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Los Angeles, Beritasatu.com- Pakar kesehatan mengatakan bahwa Covid-19 belum menjadi endemi. Seperti dilaporkan surat kabar Amerika USA Today, Senin (10/5/2022), pakar menyebut Covid-19 masih dianggap sebagai pandemi.

Meskipun diperkirakan kasus akan meningkat, para ahli kesehatan mengatakan gelombang itu tidak akan separah dua musim panas sebelumnya atau lonjakan varian Omicron dari virus corona.

Meskipun virus corona yang tidak dapat diprediksi membuat sulit untuk menentukan seperti apa musim panas nanti, para ahli memiliki beberapa teori. Skenario kasus terburuk adalah munculnya varian ampuh yang tidak tumpul oleh vaksin dan infeksi sebelumnya, menyebabkan gelombang besar kasus, rawat inap dan kematian.

"Lonjakan penuh selama musim panas akan sangat bergantung pada varian yang muncul sepenuhnya. Itu cenderung menjadi pemicu terbesar yang akan mengirim kita ke lonjakan," kata Keri Althoff, profesor epidemiologi di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

Althoff mengatakan, mencatat bahwa varian yang menular itu bagus dalam menemukan kantong orang yang tidak divaksinasi, dan orang-orang itu lebih berisiko dirawat di rumah sakit dan kematian.

Laporan menambahkan skenario kasus terbaik adalah tingkat transmisi rendah yang berkelanjutan dan tidak ada varian baru.

Laporan itu menunjukkan bahwa Covid-19 masih jauh dari fase endemik, ketika Covid-19 akan menjadi seperti flu musiman, membawa satu atau dua minggu penderitaan tetapi risiko penyakit parah atau kematian menjadi lebih rendah.

“Agar Covid-19 dianggap endemik, para ilmuwan harus menentukan tingkat penularan yang dapat diterima. Itu belum terjadi,” kata laporan itu, mengutip Althoff.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Hartarto Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Mentor

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenang Tjahjo Kumolo yang wafat hari ini sebagai sosok mentor. Sebelum PDIP, Tjahjo merupakan kader Golkar.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

Menkumham Yasonna H Laoly, berduka atas wafatnya Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo. Yasonna mengaku kehilangan sahabat dan senior dalam politik.

NEWS | 1 Juli 2022

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Tjahjo Kumolo akan dimakamkan secara militer.

NEWS | 1 Juli 2022

Diplomasi Presiden Jokowi Diharapkan Hasilkan Gencatan Senjata

Guru Besar Hukum Internasional UI mengharapkan diplomasi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia dapat menghasilkan gencatan senjata.

NEWS | 1 Juli 2022

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengenang jasa Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini dalam penerimaan PNS di Kemenhub.

NEWS | 1 Juli 2022

Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Kasus pembunuhan ibu dan anak di  Subang masih menjadi misteri. Begini kondisi rumah saksi pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu setahun lalu.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Minta Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Megawati meminta seluruh kader, anggota, dan simpatisan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

NEWS | 1 Juli 2022

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Beda Gaya Berpakaian Jokowi Saat Bertemu Putin dan Zelensky

Beda Gaya Berpakaian Jokowi Saat Bertemu Putin dan Zelensky

NEWS | 51 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings