Logo BeritaSatu

Kerusuhan di Penjara Ekuador, 44 Napi Tewas, Ratusan Kabur

Rabu, 11 Mei 2022 | 10:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Quitto, Beritasatu.com- Kerusuhan di penjara Ekuador, telah mengakibatkan sedikitnya 44 napi tewas dan 13 napi lainnya luka-luka. Seperti dilaporkan RT, Selasa (10/5/2022), badan pengelola penjara Ekuador menyatakan lebih dari 100 narapinda melarikan diri.

Menurut kepala kementerian, Patricio Carrillo, tragedi di penjara Bellavista di Santo Domingo, provinsi Pichincha, satu provinsi yang terletak di sebelah barat ibu kota Quito, akibat perkelahian antara narapidana dari dua geng saingan: Los Lobos, yang terlibat dalam kerusuhan baru-baru ini di penjara lain di dekat kota Cuenca, dan R7.

Carrillo mengatakan sebagian besar kematian akibat luka tusuk. Ia tidak menutup kemungkinan jumlah korban akan bertambah karena beberapa orang mengalami luka parah. Awalnya, pihak berwenang telah berbicara tentang 41 kasus kematian tetapi pada Selasa (10/5), jumlahnya meningkat menjadi 44 orang.

Presiden Ekuador Guillermo Lasso menanggapi berita tersebut dengan mengatakan bahwa negaranya “tidak akan menyerah pada mafia.”

“Komitmen kami untuk memulihkan ketertiban di penjara adalah tegas. Contohnya adalah tindakan Kementerian Dalam Negeri dan Polisi Ekuador yang langsung melakukan pemindahan 6 pimpinan geng kriminal,” ujarnya.

Para pemimpin geng dipindahkan ke dua penjara dengan keamanan maksimum yang terpisah. Menurut Carrillo, 112 narapidana telah ditangkap kembali sementara 108 narapidana masih buron.

Selama beberapa tahun terakhir, Ekuador telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam insiden penjara. Pada tahun 2021, setidaknya 316 narapidana tewas dalam kerusuhan penjara yang terpisah.

April lalu, sementara itu, 20 korban dilaporkan menyusul bentrokan di penjara Turi, dekat kota Cuenca.

Pemerintah telah menyebutkan peningkatan perdagangan narkoba sebagai salah satu faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kekerasan di lembaga pemasyarakatan negara, meskipun kepadatan di penjara tetap menjadi masalah yang signifikan, meskipun ada peningkatan investasi oleh negara.

Sejumlah 65 penjara Ekuador menampung sekitar 39.000 narapidana tetapi menyatakan kapasitas sebenarnya hanya untuk 30.000 orang. Penjara Bellavista memiliki kapasitas untuk 1.200 narapidana tetapi saat ini menampung 1.700 orang.

November lalu, dalam upaya lain untuk mengatasi masalah ini, Lasso memberikan pengampunan kepada beberapa kategori narapidana. Keputusan ini diambil beberapa hari setelah Komisi Hak Asasi Manusia Inter-Amerika mengeluarkan pernyataan tegas yang mendesak pihak berwenang Ekuador “untuk mengambil tindakan segera dan efektif untuk melindungi hak hidup dan integritas pribadi semua individu dalam tahanan Negara.”



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022

Solidaritas Guru, Alumni UPI Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

56 guru tewas akibat gempa Cianjur, Alumni UPI serentak bergerak menggalang bantuan untuk para korban.

NEWS | 28 November 2022

Tilang Manual Masih Diberlakukan terhadap Sejumlah Pelanggaran

Polda Metro Jaya masih melakukan tilang manual terhadap sejumlah pelanggaran di jalan raya, seperti kendaraan tanpa pelat nomor.

NEWS | 28 November 2022

Menangis, Ferdy Sambo Sebut Sia-sia Pangkat Jenderal jika Tak Bisa Jaga Istri

Ferdy Sambo menangis karena menilai sia-sia bagi dirinya sudah berpangkat jenderal jika tidak mampu menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

NEWS | 28 November 2022

Putri Terus Menangis Saat Beberkan Skenario Ferdy Sambo

Putri Candrawathi terus menangis saat membeberkan skenario Ferdy Sambo terkait peristiwa tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

UMP DKI Naik 5,6% Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Penjelasan Disnaker

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi (UMP) naik 5,6% menjadi sebesar Rp 4,9 juta pada 2023.

NEWS | 28 November 2022

Beda Pandangan, PDSI Dukung RUU Kesehatan Omnibus Law

PDSI memiliki pandangan berbeda dengan organisasi profesi kesehatan lainnya terkait RUU Kesehatan Omnibus Law.

NEWS | 28 November 2022

Jokowi Usulkan Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan, Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. 

NEWS | 28 November 2022

Respons Jokowi soal Pemimpin Pro Rakyat, Prabowo Tunjuk Rambut Putihnya

Prabowo Subianto merespons ciri-ciri pemimpin pro rakyat yang disampaikan Jokowi. Prabowo pun menunjuk bahwa dia memiliki rambut berwarna putih.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat <em>Fit and Proper Test</em>

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE