Logo BeritaSatu

Wanita Afghanistan Protes Dekrit Taliban untuk Pakai Burkak

Rabu, 11 Mei 2022 | 12:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Wanita Afghanistan menggelar aksi protes Dektrit Taliban untuk mengenakan burkak dan menutupi tubuh mereka saat berada di depan umum. Seperti dilaporkan AFP, Selasa (10/5/2022), Aksi unjuk rasa yang diikuti puluhan orang itu digelar di Kota Kabul.

Pemimpin tertinggi Afghanistan dan kepala Taliban Hibatullah Akhundzada mengeluarkan mandat selama akhir pekan. Dekrit memerintahkan wanita untuk menutupi sepenuhnya, idealnya dengan burkak tradisional yang menutupi semua.

Aturan itu adalah yang terbaru dari serangkaian pembatasan yang merayap di Afghanistan, di mana kelompok Islamis telah mengembalikan keuntungan marginal yang dibuat oleh perempuan setelah invasi pimpinan AS menggulingkan rezim Taliban pertama pada tahun 2001.

"Keadilan, keadilan!" teriak para pemrotes, banyak dengan wajah terbuka, di Kabul tengah.

Para demonstran juga meneriakkan "Burkak bukan hijab kami!" - menunjukkan keberatan mereka untuk memperdagangkan jilbab yang tidak terlalu ketat dengan burkak yang benar-benar tertutup.

Setelah prosesi singkat, pawai dihentikan oleh milisi Taliban, yang juga menghalangi wartawan untuk meliput acara tersebut.

Dekrit Akhundzada, yang juga memerintahkan perempuan untuk "tinggal di rumah" jika mereka tidak memiliki pekerjaan penting di luar, telah memicu kecaman internasional.

"Kami ingin hidup sebagai manusia, bukan sebagai hewan yang ditawan di sudut rumah," kata pengunjuk rasa Saira Sama Alimyar pada rapat umum tersebut.

Akhundzada juga memerintahkan pihak berwenang untuk memecat pegawai pemerintah perempuan yang tidak mengikuti aturan berpakaian yang baru. Dia juga menskors pekerja laki-laki jika istri dan anak perempuan mereka tidak mematuhinya.

Dalam 20 tahun antara dua tugas Taliban berkuasa, perempuan membuat beberapa keuntungan dalam pendidikan, tempat kerja dan kehidupan publik tetapi sikap sangat konservatif dan patriarki masih berlaku.

Di pedesaan, banyak wanita terus mengenakan burkak dalam dua dekade itu.

Tetapi beberapa cendekiawan dan aktivis agama mengatakan pakaian itu tidak memiliki dasar dalam Islam dan lebih merupakan aturan berpakaian Taliban yang dirancang untuk menindas wanita.

Setelah merebut kekuasaan tahun lalu, Taliban telah menjanjikan versi yang lebih lembut dari aturan Islam keras yang menandai tugas pertama mereka berkuasa dari 1996 hingga 2001, tetapi banyak pembatasan telah diberlakukan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Terus Menangis Saat Beberkan Skenario Ferdy Sambo

Putri Candrawathi terus menangis saat membeberkan skenario Ferdy Sambo terkait peristiwa tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

UMP DKI Naik 5,6% Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Penjelasan Disnaker

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi (UMP) naik 5,6% menjadi sebesar Rp 4,9 juta pada 2023.

NEWS | 28 November 2022

Beda Pandangan, PDSI Dukung RUU Kesehatan Omnibus Law

PDSI memiliki pandangan berbeda dengan organisasi profesi kesehatan lainnya terkait RUU Kesehatan Omnibus Law.

NEWS | 28 November 2022

Jokowi Usulkan Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan, Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. 

NEWS | 28 November 2022

Respons Jokowi soal Pemimpin Pro Rakyat, Prabowo Tunjuk Rambut Putihnya

Prabowo Subianto merespons ciri-ciri pemimpin pro rakyat yang disampaikan Jokowi. Prabowo pun menunjuk bahwa dia memiliki rambut berwarna putih.

NEWS | 28 November 2022

Tolak Permenaker, Apindo Jabar: Formula UMP 2023 Dipaksakan

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat tegas menolak kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang mengacu Permenaker 18/2022.

NEWS | 28 November 2022

Kasus Tambang Ilegal, Bareskrim Jadwalkan Periksa Ismail Bolong Besok

Tim penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri menjadwalkan memeriksa Ismail Bolong Selasa (29/11/2022) terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 28 November 2022

Harga Beras Premium di Jayapura Tembus Rp 15.000 Per Kg

Harga beras di Pasar Induk Youtefa, Kota Jayapura, mulai merangkak naik seiring kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

NEWS | 28 November 2022

Polda Metro Jaya Akan Tangkap Kendaraan Tanpa Pelat Nomor

Polda Metro Jaya akan menangkap kendaraan tanpa pelat nomor. Dengan tanpa pelat nomor dan pelat nomor palsu, akan terhindar dari ETLE.

NEWS | 28 November 2022

Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Nikita Mirzani

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Serang menolak keberatan atau eksepsi yang diajukan Nikita Mirzani. 

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Kamerun Samakan Kedudukan Lawan Serbia

Piala Dunia 2022: Kamerun Samakan Kedudukan Lawan Serbia

SEMESTA BOLA 2022 | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE