Logo BeritaSatu

Mendagri Akan Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ini Nama-namanya

Rabu, 11 Mei 2022 | 21:22 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik lima penjabat gubernur pada Kamis (12/5/2022). Kelima penjabat tersebut akan menggantikan kepala daerah yang berakhir masa jabatannya pada 15 Mei 2022.

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Kastorius Sinaga membenarkan informasi pelantikan tersebut. Ia mengatakan pelantikan lima penjabat gubernur dilantik pukul 08.00 WIB di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

“Iya, benar. Rencana besok, Kamis, 12 Mei, jam 08.00 WIB di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, bapak Mendagri Tito Karnavian akan melantik lima pj (penjabat) gubernur,” kata Kastorius Sinaga kepada Beritasatu.com, Rabu (11/5/2022).

Kendati demikian, Kastorius tidak memberitahukan nama-nama penjabat gubernur tersebut. Namun, berdasarkan informasi yang diterima Beritasatu.com, nama-nama itu, yakni Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin (Kepulauan Bangka Belitung), Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar (Banten), Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik (Sulawesi Barat), Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas, Menteri Pemuda dan Olahraga Hamka Hendra Noer (Gorontalo), dan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Paulus Waterpauw (Papua Barat).

Mereka akan menggantikan lima gubernur yang masa jabatannya bakal berakhir, yaitu Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Sulawesi Barat Muhammad Ali Baal Masdar, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Sementara itu, ada dua gubernur lain yang akan berakhir masa jabatannya pada 2022, yaitu Gubernur Aceh Nova Iriansyah (5 Juli 2022) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (16 Oktober 2022).

Pelantikan lima penjabat gubernur ini juga dibenarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. Awalnya, pelantikan akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, karena Presiden harus menghadiri KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat di Washington DC, maka pelantikan akan dilakukan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Tegaskan Liga 1 sampai 3 Dihentikan Sementara

Mahfud MD menegaskan semua kompetisi di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dihentikan sementara.

NEWS | 5 Oktober 2022

Korsel dan AS Latihan Tembak Rudal Balas Tindakan Sembrono Korut

Militer Korsel dan AS melakukan latihan tembak rudal sebagai tanggapan atas peluncuran rudal balistik Korea Utara (Korut) di atas Jepang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wabah Kolera di Malawi, 110 Orang Meninggal sejak Maret

Wabah kolera di Malawi telah menyebar ke-22 dari 28 distrik di negara itu hingga membunuh 110 orang serta menulari 3.891 orang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi TNI yang Terus Jaga Kedaulatan Bangsa

Presiden Jokowi menyampaikan selamat HUT ke-77 kepada TNI di mana pun prajurit berada dan bertugas.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bareskrim Limpahkan Berkas Tersangka Kasus Brigadir J

Polri akan melimpahkan tersangka kasus dugaan pembunuhan terhadap Brigadir J dan obstruction of justice pada hari ini, Rabu (5/10/2022)

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka

Presiden Jokowi  memimpin upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, sebanyak 131 orang meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Polri Perbaharui Data Korban Tragedi Kanjuruhan, 131 Meninggal

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan jumlah korban meninggal tragedi Kanjuruhan sebanyak 131 orang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pilot Presiden Irwanda Syafriadi, Orang Kampung ke Amerika

Bagi Mayor (Penerbang) Irwanda Syafriadi salah satu kebahagiaan adalah saat membawa ibunya naik pesawat Herkules dari Jakarta ke Palembang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Hari Ini Indra Kenz Hadapi Tuntutan Kasus Penipuan Binomo

Akibat perbuatan Indra Kenz, para korban sebanyak 144 orang mengalami kerugian hingga lebih dari Rp 83 miliar.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Tegaskan Liga 1 sampai 3 Dihentikan Sementara

Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Tegaskan Liga 1 sampai 3 Dihentikan Sementara

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings