Logo BeritaSatu

Bupati Banggai Ungkap Strategi Genjot Perekonomian

Kamis, 12 Mei 2022 | 22:20 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Bupati Banggai, Amirudin mengungkap sejumlah strategi yang dilakukan pihaknya untuk menggenjot sektor perekonomian di wilayah tersebut yang sempat terdampak pandemi Covid-19. Amirudin mengatakan, selama enam bulan terakhir, pihaknya terus berupaya memulihkan sektor ekonomi dengan tetap fokus pada sektor kesehatan yang menjadi kunci penanganan pandemi Covid-19.

Salah satu strategi untuk mendongkrak perekonomian, Amirudin mengatakan, pihaknya telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 105,9 miliar untuk pembangunan infrastruktur, termasuk untuk membangun, meningkatkan dan merehabilitasi jalan.

"Infrastruktur adalah hal vital yang terus kami kejar capaian-capaian terbaiknya," kata Amirudin dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Dalam pembangunan infrastruktur itu, Amirudin mengingatkan kepada para kontraktor untuk menggunakan tenaga kerja lokal. Dengan demikian, lapangan kerja terbuka, uang bisa berputar, dan bermuara pada peningkatan daya beli masyarakat.

Selain itu, dalam pengerjaan proyek padat karya, kontraktor lokal dilibatkan untuk menghindari capital flight agar APBD yang dikucurkan bisa mengungkit ekonomi yang terpuruk karena pandemi Covid-19. Amirudin menyadari salah satu persoalan di daerah di ujung timur Sulawesi Tengah ini adalah keterbatasan infrastruktur yang membuat hasil pertanian dan perikanan sulit didistribusikan ke pasar atau konsumen.

"Kami mempercepat pemenuhan infrastruktur pelayanan dasar yaitu air bersih, rumah layak huni, dan sanitasi layak, serta infrastruktur wilayah yaitu jalan, jembatan, infrastruktur perhubungan, telekomunikasi dan ketenagalistrikan," papar Amirudin.

Di bidang ketenagalistrikan, Pemkab mengalokasikan anggaran sekitar Rp 2,1 miliar untuk menerangi jalan di kawasan kota dan sejumlah desa. Anggaran tersebut untuk 367 unit dari total 497 unit penerangan yang dibutuhkan.

Selain itu, Amirudin telah meresmikan menara telekomunikasi di Desa Ondo-ondolu Kecamatan Batui, Desa Maleo Jaya dan Sinorang di Kecamatan Batui Selatan, dan Desa Padang di Kecamatan Kintom untuk mengatasi ketimpangan akses komunikasi. Dengan menara telekomunikasi itu, Amirudin menargetkan tak ada lagi desa di Kabupaten Banggai yang tak memiliki akses internet pada tahun ini.

Tidak hanya itu, pada di semester kedua tahun anggaran 2021, Amirudun mengucurkan dana Rp 2,3 miliar untuk menggerakkan ekonomi desa melalui 23 BUMDes di Kabupaten Banggai.

Amirudin berjanji pembangunan infrastruktur dan percepatan pemulihan ekonomi terus dilakukan agar Kabupaten Banggai bisa bangkit dari terpaan pandemi Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nasdem Usung Anies Jadi Capres 2024, Ini Respon Jokowi

Presiden Jokowi belum mau berkomentar terkait dukungan Partai Nasdem yang telah secara resmi mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Baswedan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Polri Periksa 32 Titik CCTV di Sekitar Stadion Kanjuruhan

Polri menganalisis 32 titik CCTV yang ada di sekitar stadion Kanjuruhan pascakericuhan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Update Covid-19: Hari Ini Kasus Positif Capai 1.134

Hari ini, Senin (3/10/2022), kasus harian Covid-19 di Indonesia sebanyak 1.134. Sehingga total kasus Covid-19 pada hari ini tercatat 6.435.719

NEWS | 3 Oktober 2022

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat untuk mematangkan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20.

NEWS | 3 Oktober 2022

Anies Capres, Ridwan Kamil Ucapkan Selamat sebagai Sahabat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Partai Nasdem.

NEWS | 3 Oktober 2022

DPR Pilih 9 Komisioner Komnas HAM, Ini Daftarnya

Komisi III DPR telah memilih sembilan komisioner Komnas HAM periode 2022-2027, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Itsus dan Propam Periksa 18 Polisi

Inspektorat Khusus (Itsus) dan Divisi Propam Polri memeriksa 18 anggota Polri berkaitan dengan tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polri Dalami Penggunaan Gas Air Mata

Polri saat ini tengah mendalami penerapan prosedur tetap (protap) pengunaan gas air mata untuk membubarkan massa di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Andika Akan Sanksi Pidana Oknum Prajurit TNI yang Diduga Tendang Suporter

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan oknum prajurit TNI yang diduga menendang suporter dalam tragedi Kanjuruhan, bakal disanksi pidana.

NEWS | 3 Oktober 2022

Eksepsi Ditolak, Sidang Korupsi Rp 86,5 Triliun Surya Darmadi Dilanjutkan

Eksepsi atau keberatan bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng ditolak oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendes PDTT: Dana Desa Berhasil Dongkrak Pembangunan Desa

Mendes PDTT: Dana Desa Berhasil Dongkrak Pembangunan Desa

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings