Logo BeritaSatu

Puan Dorong Peraturan Turunan UU TPKS Segera Terbit

Kamis, 12 Mei 2022 | 22:30 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua DPR Puan Maharani mendorong agar peraturan turunan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) segera terbit. Menurut Puan, pemerintah tidak perlu menunggu waktu lama untuk menerbitkan berbagai peraturan teknis dari UU TPKS yang disahkan dalam rapat paripurna DPR pada 12 April 2022 dan diundangkan pada Senin (9/5/2022) melalui Lembaran Negara Tahun 2022 Nomor 120.

“Tidak perlu menunggu sampai batas waktu dua tahun. Semakin cepat peraturan turunan diterbitkan, semakin baik. Karena penanganan kasus kekerasan seksual akan lebih optimal,” ucap Puan, Kamis (12/5/2022).

Puan mengatakan implementasi UU TPKS tak hanya sekadar memberi jaminan terhadap penanganan kasus kekerasan seksual. Namun, penerapan UU TPKS akan berfungsi dalam hal pencegahan, termasuk perlindungan dan pemulihan untuk korban kekerasan seksual.

“Kita kini bisa semakin lega karena UU TPKS sudah resmi diundangkan dan sudah siap untuk diimplementasikan. Kita berharap dengan hadirnya UU TPKS seluruh masyarakat, khususnya kaum perempuan, dapat terlindungi dari ancaman kekerasan seksual,” kata perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR ini.

“Lewat UU TPKS dan aturan turunannya, negara dapat menjamin rasa aman rakyat dan perlindungan dari ancaman kekerasan seksual. Payung hukum ini juga akan memberi keadilan bagi seluruh korban,” imbuh Puan Maharani.

Nantinya akan ada lima peraturan pemerintah (PP) dan lima peraturan presiden (perpres) untuk mendukung pelaksanaan UU TPKS. Puan Maharani menggarisbawahi aturan terkait tim terpadu dan penyelenggaraan pelayanan terpadu dalam penanganan kasus kekerasan seksual.

“Aturan yang semakin rigid akan memperbaiki pola penyelesaian kasus-kasus kekerasan seksual yang selama ini sering kali buntu akibat belum adanya aturan khusus. Kita berharap dengan adanya layanan terpadu yang terintegrasi antara para stakeholder terkait, korban kekerasan seksual dapat lebih mudah mendapat perlindungan dan pertolongan,” tutur politikus PDIP ini.

Puan Maharani juga meminta pemerintah agar gencar menyosialisasikan UU TPKS beserta aturan turunannya. Untuk yang pertama, sosialisasi perlu dilakukan di kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan lembaga penegak hukum.

“Sehingga tidak lagi ada alasan pemakluman terhadap bentuk-bentuk kekerasan seksual, sekecil apa pun itu. Apabila terjadi tindak kekerasan seksual, penegakan hukum harus diterapkan dengan tegas,” kata Puan Maharani.

Tak hanya itu, mantan Menko PMK ini juga mengingatkan agar pemerintah masif menyosialisasikan UU TPKS dan aturan turunannya kepada masyarakat. Pemerintah bisa bekerja sama dengan kelompok masyarakat sipil, khususnya yang selama ini fokus ikut memperjuangkan UU TPKS.

“Sosialisasikan di kalangan pendidikan, termasuk sekolah dan perguruan tinggi yang cukup banyak terjadi kasus-kasus kekerasan seksual. Kemudian di kalangan swasta agar perusahaan dapat lebih melindungi seluruh pekerjanya, dan tentunya di seluruh lapisan masyarakat lainnya,” kata Puan Maharani.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, KPK Panggil 4 Saksi

KPK menjadwalkan pemanggilan terhadap empat orang sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Stadion Mandala Krida.

NEWS | 4 Juli 2022

Sri Lanka Hanya Miliki Sisa Bahan Bakar Kurang dari Sehari

Sri Lanka pada hari Minggu (3/7/2022) mengatakan, hanya memiliki sisa bahan bakar kurang dari konsumsi sehari.

NEWS | 4 Juli 2022

Airlangga: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 1 Agustus

Pemerintah memutuskan memperpanjang kebijakan PPKM di luar Jawa dan Bali mulai dari 5 Juli hingga 1 Agustus 2022

NEWS | 4 Juli 2022

Jelang Iduladha, Kementan Siapkan Kebutuhan Pangan Jakarta

Kementan mendukung kesiapan Iduladha di wilayah DKI Jakarta dengan menyiapkan ribuan hewan ternak dan kebutuhan pangan lainnya.

NEWS | 4 Juli 2022

Airlangga Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

NEWS | 4 Juli 2022

Tiongkok Laporkan Penurunan Kasus Harian Covid-19

Tiongkok melaporkan 460 kasus harian Covid-19 pada 3 Juli, di mana72 di antaranya bergejala dan 388 tanpa gejala, yang menurun.

NEWS | 4 Juli 2022

Besok, PN Jakpus Gelar Sidang Kedua Penganiayaan Ade Armando

PN Jakarta Pusat akan menggelar sidang kedua kasus penganiayaan Ade Armando besok, Rabu (4/7/2022) dengan agenda pembacaan dakwaan

NEWS | 4 Juli 2022

Zelensky Bertekad Rebut Kembali Kendali di Ukraina Timur

Zelensky mengatakan, pasukannya sudah ditarik dari Lysychansk di Donbas, namun ia bertekad merebut kembali kendali di wilayah timur itu.

NEWS | 4 Juli 2022

Sore Ini Dishub DKI Uji Coba Rekayasa Lalin di Bundaran HI

Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

NEWS | 4 Juli 2022

DPRD Kota Bogor Mediasi Persoalan Warga BMW dengan Developer

DPRD Kota Bogor menindaklanjuti aspirasi warga perumahan Bukit Mekar Wangi (BMW) Bogor dengan mengundang pihak terkait.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, KPK Panggil 4 Saksi

Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, KPK Panggil 4 Saksi

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings