Logo BeritaSatu

Jokowi: Indonesia Siap Jadi Hub Produksi dan Distribusi Vaksin

Jumat, 13 Mei 2022 | 08:21 WIB
Oleh : Novy Lumanauw/ Lenny Tristia Tambun / JEM

Washington, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjadi hub dan distribusi vaksin Covid-19 di Kawasan Asia Tenggara. Penyebaran pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir, selain meluluhlantakkan infrastruktur kesehatan dan perekonomian global, juga telah merenggut jutaan nyawa masyarakat di berbagai negara.

“Dengan kapasitasnya, Indonesia siap menjadi hub produksi dan distribusi vaksin di kawasan,” kata Presiden Jokowi saat berpidato secara virtual pada Global Covid-19 Summit di Washington DC, Amerika Serikat (AS), pada Kamis (12/5/2022).

Kepala Negara menyatakan, pandemi Covid-19 memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi dunia, yakni ketahanan kesehatan dan kesiapsiagaan dunia terhadap pandemi ternyata tidak cukup kuat. Akibatnya, harga yang harus dibayar sangatlah mahal. Jutaan orang yang kehilangan nyawanya dan perekonomian dunia pun mengalami keterpurukan.

“Oleh karenanya, kita harus bekerja sama mengatasi pandemi serta membangun arsitektur kesehatan dan kesiapsiagaan dunia yang lebih kuat. Untuk mengatasi pandemi, percepatan vaksinasi harus dilakukan untuk menjangkau 70% penduduk setiap negara,” jelas Kepala Negara.

Ia mengatakan, momentum turunnya jumlah kasus saat ini harus dimanfaatkan untuk meluncurkan pukulan terakhir terhadap Covid-19. Vaksin harus secepatnya menjadi vaksinasi. “Kolaborasi kita harus menjembatani tantangan vaksinasi, mulai dari pembiayaan, logistik, dan sumber daya manusia,” kata Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan, untuk membangun arsitektur kesehatan dan kesiapsiagaan dunia yang lebih kuat, paling tidak diperlukan tiga hal.

Pertama, akses kesehatan yang inklusif. Menurutnya, seluruh masyarakat tanpa terkecuali harus memiliki akses terhadap layanan kesehatan dasar.

"Infrastruktur kesehatan dasar harus memadai dan siap menghadapi pandemi. Di tingkat global, setiap negara besar maupun kecil, kaya maupun miskin, harus memiliki akses yang setara terhadap solusi kesehatan," kata Presiden Jokowi.

Kedua, akses pembiayaan yang memadai. Terkait hal itu, Presiden Jokowi mendorong perlunya mekanisme pembiayaan kesehatan baru yang melibatkan negara donor dan bank pembiayaan multilateral karena tidak semua negara memiliki sumber daya untuk memperbaiki infrastruktur kesehatannya.

"Dukungan pembiayaan kesehatan harus dilihat sebagai sebuah investasi dan tanggung jawab bersama mencegah pandemi," lanjutnya.

Ketiga, pemberdayaan. Presiden Jokowi memandang bahwa kapasitas kolektif harus diupayakan dan kerja sama antarnegara menjadi kuncinya. Menurutnya, kerja sama riset, kerja sama transfer teknologi, dan akses ke bahan mentah harus diperkuat.

"Tidak boleh ada monopoli rantai pasok industri kesehatan. Diversifikasi pusat produksi obat, vaksin, alat diagnostik dan terapeutik harus dilakukan. Dengan kapasitasnya, Indonesia siap menjadi hub produksi dan distribusi vaksin di kawasan," kata Presiden Jokowi.

Di akhir pidatonya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa presidensi Indonesia di G-20 memberikan perhatian besar terhadap kerja sama kesehatan secara inklusif. Untuk itu diperlukan peran dan keterlibatan semua negara, serta penguatan peran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan multilateralisme.

"Tidak boleh ada yang tertinggal dalam upaya kita membangun arsitektur kesehatan dan kesiapsiagaan dunia yang lebih kuat. Recover together, recover stronger," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rugikan Rp 106 Triliun, Kasus KSP Indosurya Timbulkan Kerugian Terbesar

Berdasarkan analisis PPATK, nominal kerugian Rp 106 triliun yang diderita para korban KSP Indosurya adalah yang terbesar di Indonesia. 

NEWS | 28 September 2022

Eks Pegawai KPK Harap Febri Diansyah-Rasamala Tak Bela Sambo

Yudi Purnomo berharap Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang mengubah keputusan untuk tidak membela Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 28 September 2022

Daewoong Foundation Gandeng ITB Dirikan Lembaga Penelitian Farmasi Mutakhir

Ini sebagai upaya Daewoong Foundation untuk membina bakat penelitian untuk pengembangan penelitian farmasi di Indonesia.

NEWS | 28 September 2022

Pengacara Ungkap Putri Candrawathi Tidak Siap Ditahan

Pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Arman Hanis mengungkapkan bahwa kliennya Putri Candrawathi tidak siap untuk ditahan.

NEWS | 28 September 2022

Ibas Tegaskan SBY Bukan Golden Boy of America

Ibas menegaskan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukan golden boy of America atau anak emas Amerika Serikat (AS).

NEWS | 28 September 2022

Presiden Jokowi Memberikan Handphone Baru untuk Sabrila

Sabrila, pelajar SMA Negeri 1 Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Sultra mendapatkan  sebuah handphone baru dari Presiden Joko Widodo.

NEWS | 28 September 2022

Platform Kampus Merdeka Ternyata Dibuat Oleh Shadow Team

Shadow team yang dibentuk Mendikbudristek Nadiem Makarim membantu menciptakan berbagai aplikasi untuk pendidikan.

NEWS | 28 September 2022

Arab Saudi Sita 765.000 Tablet Amfetamin di dalam Semangka

Pihak berwenang Arab Saudi berhasil menyita 765.000 tablet amfetamin yang disembunyikan dalam buah semangka yang dikirim ke Riyadh.

NEWS | 28 September 2022

Wilayah Garut Rawan Bencana, Ini Peringatan Badan Geologi

Badan Geologi mengingatkan Pemkab Garut, Jawa Barat tentang pentingnya mitigasi bencana karena daerah Garut rawan bencana alam.

NEWS | 28 September 2022

Pengacara: Kondisi Kesehatan Lukas Enembe Mulai Membaik

Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stevanus Roy Rening mengakui saat ini kondisi Gubernur Lukas Enembe membaik.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Masyarakat Papua Diimbau Tak Terprovokasi Bela Lukas Enembe

Masyarakat Papua Diimbau Tak Terprovokasi Bela Lukas Enembe

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings