Logo BeritaSatu

Uni Eropa Longgarkan Aturan Masker untuk Penerbangan dan Bandara

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Berlin, Beritasatu.com- Uni Eropa (UE) melonggarkan aturan masker untuk penerbangan dan bandara. Seperti dilaporkan AFP, Rabu (11/5/2022), panduan di seluruh UE tentang persyaratan masker untuk perjalanan udara akan dicabut mulai minggu depan ketika pandemi mereda di Eropa.

Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA) mengatakan bahwa di bawah pedoman baru yang dikembangkan dengan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), masker tidak lagi dianggap penting untuk semua penerbangan dan bandara.

Namun demikian regulator dan maskapai nasional masih memiliki ruang lingkup untuk menuntut penutup wajah dan hidung oleh penumpang dan staf, katanya.

"Mulai minggu depan, masker wajah tidak perlu lagi menjadi kewajiban dalam perjalanan udara dalam semua kasus, sejalan dengan perubahan persyaratan otoritas nasional di seluruh Eropa untuk transportasi umum," kata Direktur Eksekutif EASA Patrick Ky.

“Bagi penumpang dan awak pesawat, ini adalah langkah maju yang besar dalam normalisasi perjalanan udara,” ujarnya.

Terlepas dari pedoman baru, Jerman sebagai negara terpadat di Uni Eropa dan ekonomi teratas mengatakan tidak memiliki rencana untuk mencabut mandat masker untuk penerbangan.

"Persyaratan masker di pesawat terus berlaku untuk semua rute domestik serta pada penerbangan yang lepas landas atau mendarat di Jerman," kata juru bicara kementerian kesehatan Hanno Kautz dalam pernyataan email.

EASA menyatakan setelah Senin, “aturan untuk masker khususnya akan terus bervariasi menurut maskapai setelah tanggal tersebut.”

Disebutkan bahwa “penerbangan ke atau dari tujuan di mana penggunaan masker masih diperlukan di transportasi umum harus terus mendorong penggunaan masker.”

“Penumpang yang rentan dengan kesehatan yang terganggu harus terus memakai masker wajah terlepas dari aturannya,” tambahnya.

EASA menyatakan penumpang juga didorong untuk mengamati jarak sosial di bandara. Namun operator harus mengadopsi "pendekatan pragmatis," yang berarti menghindari tindakan yang akan menyebabkan kemacetan di lokasi lain dalam perjalanan penumpang.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) yang berbasis di Jenewa menyambut baik pedoman baru untuk UE. Namun IATA mengakui gambaran pedomannya lebih kompleks dalam konteks internasional.

“Meskipun protokol Eropa mulai berlaku minggu depan, tidak ada pendekatan yang konsisten secara global untuk mengenakan masker di pesawat,” kata Willie Walsh, direktur jenderal IATA.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings