Logo BeritaSatu

Afrika Selatan Laporkan 10.000 Kasus Baru Covid

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:56 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Johannesburg, Beritasatu.com- Afrika Selatan (Afsel) melaporkan 10.017 kasus baru Covid-19. Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (22/5/2022), Institut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan menyebut lonjakan itu belum pernah terjadi sejak Januari.

Otoritas kesehatan telah memperingatkan Afrika Selatan mungkin memasuki gelombang kelima infeksi yang didorong oleh sub-varian BA.4 dan BA.5 Omicron. Afrika Selatan telah mencatat kasus dan kematian virus corona terbanyak di benua Afrika dan baru keluar dari gelombang keempat pada Januari.

Para ahli telah memperkirakan gelombang kelima bisa dimulai selama bulan-bulan musim dingin di belahan bumi selatan, sekitar bulan Mei atau Juni.

Hanya di bawah 50 persen dari populasi orang dewasa Afrika Selatan sekitar 40 juta telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid, dengan 45 persen orang dewasa divaksinasi penuh.

Laju vaksinasi telah melambat dalam beberapa bulan terakhir, dengan para pejabat memperingatkan bahwa vaksin berisiko dibuang.

Seperti dilaporkan Xinhua, Kamis (12/5), Abdou Salam Gueye, direktur darurat. kesiapsiagaan dan tanggapan di kantor regional WHO mengatakan Afrika telah mencatat 52.878 kasus Covid-19 dalam pekan yang berakhir pada 8 Mei, naik 38 persen dari minggu sebelumnya, karena Afrika Selatan menyumbang 87 persen dari kasus yang tercatat di benua itu pada periode yang sama.

"Lonjakan saat ini didorong oleh varian Omicron di tengah kesehatan masyarakat dan langkah-langkah sosial yang santai," papar Gueye pada konferensi pers daring yang diadakan di Brazzaville, ibu kota Republik Kongo.

Menurut Gueye, peningkatan di Afrika Selatan sebagian besar diamati di Afrika Selatan di mana kasus yang tercatat mingguan telah meningkat empat kali lipat dalam tiga minggu terakhir. Selain Afrika Selatan, Eswatini dan Namibia juga mencatat peningkatan kasus, dengan keduanya melaporkan 50 persen lebih banyak kasus baru dalam dua minggu terakhir dibandingkan dengan dua minggu sebelumnya.

Sejak April 2022, Afrika Selatan telah mencatat 1.369 kasus sub-varian Omicron BA.2, 703 kasus sub-varian BA.4, dan 222 kasus sub-varian BA.5, menurut penilaian terbaru WHO.

Namun, BA.4 dan BA.5 tetap yang paling mengkhawatirkan karena dua sub-varian mengandung jumlah mutasi terbesar, dan masih belum jelas bagaimana t hai memengaruhi kekebalan, catat pernyataan WHO di akhir konferensi pers.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Yuni Shara dan Andien Bagikan Kenangan bersama Bob Tutupoly

Penyanyi senior, Bob Tutupoly, meninggal dunia di usia 82 tahun. Beberapa musisi sampaikan duka mendalam atas kepergiannya.

NEWS | 5 Juli 2022

Jokowi Minta Polri Kawal KTT G-20, IKN, dan Pemilu 2024

Jokowi meminta Polri mengawal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 dan Pemilu 2024.

NEWS | 5 Juli 2022

Ironis, Skuadron Drone Inggris Tak Punya Armada Drone

Skuadron drone militer Inggris yang konon mewujudkan visi "futuristik dan ambisius" dari Royal Air Force (RAF) ternyata tidak memiliki drone.

NEWS | 5 Juli 2022

Jokowi: 28% Warga Nilai Tindakan Polri Belum Sesuai Visi

Jokowi mengingatkan hasil survei yang menyatakan masih ada 28,6% masyarakat menilai tindakan Polri belum sesuai visi presisi.

NEWS | 5 Juli 2022

Anggapan Galon Guna Ulang Membahayakan Dipertanyakan

Anggota Komisi IX DPR, Dewi Aryani mempertanyakan pihak-pihak yang menyatakan air galon guna ulang membahayakan kesehatan.

NEWS | 5 Juli 2022

Perpanjangan PPKM Jawa-Bali, Jabodetabek Naik ke Level 2

Perpanjangan PPKM ini, ada 14 daerah yang dinaikkan statusnya ke PPKM level 2 dari sebelumnya tidak ada sama sekali.

NEWS | 5 Juli 2022

Tiongkok Bantah Tuduhan NASA soal Ambisi Kuasai Bulan

Tiongkok membantah tuduhan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) soal ambisi menguasai Bulan untuk program militer.

NEWS | 5 Juli 2022

Jokowi Minta Polri Siaga, Waspada untuk Tiga Tugas Berat Ini

Jokowi meminta Polri siaga, waspada, dan siap dalam menjalankan tiga tugas berat yang sedang dihadapi bangsa dan negara Indonesia.

NEWS | 5 Juli 2022

Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Menteri PAN dan RB Ad Interim

Penunjukkan ini Tito Karnavian dilakukan setelah Menteri PANRB Tjahjo Kumolo tutup usia pada Jumat, 1 Juli 2022.

NEWS | 5 Juli 2022

Pelaku Penembakan Massal di Illinois Sudah Ditangkap

Aparat keamanan Amerika Serikat (AS) mengklaim pelaku penembakan massal di Illinois sudah ditangkap, Senin (4/7/2022).

NEWS | 5 Juli 2022


TAG POPULER

# ACT


# Viktor Axelsen


# Santriwati Depok


# Piala AFF U-19


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Yuni Shara dan Andien Bagikan Kenangan bersama Bob Tutupoly

Yuni Shara dan Andien Bagikan Kenangan bersama Bob Tutupoly

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings