Logo BeritaSatu

Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Berpotensi Usung Airlangga-Anies di Pilpres 2024

Jumat, 13 Mei 2022 | 17:47 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat politik Ujang Komaruddin menilai koalisi Golkar, PAN dan PPP berpotensi mengusung Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Menurut Ujang, jika koalisi ketiga partai itu bertahan hingga Pilpres 2024, maka Airlangga merupakan tokoh yang berpotensi diusung menjadi calon presiden (capres).

"Kelihatannya Airlangga. Karena dari ketiga ketum partai tersebut hanya Airlangga yang dari awal ingin maju jadi capres. Dan Golkar pun sudah menetapkan dalam munas dan rapimnas-nya, bahwa Airlangga capres dari Golkar," ujar Ujang kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Catatannya, kata Ujang, elektabilitas Airlangga belum tembus lima besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi, bahkan tingkat elektabilitas masih berada di bawah angka 5 persen.

"Kalau Airlangga yang dicapreskan, maka Airlangga harus menggenjot elektabilitas nya agar lebih maksimal," ungkapnya.

Sementara bakal cawapres, menurut Ujang, akan diambil dari tokoh di luar PAN dan PPP yang memiliki elektabilitas tinggi. Salah satu yang berpotensi mendampingi Airlangga adalah Anies Baswedan.

"Anies Baswedan selalu masuk tiga besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi, belum punya partai dan dekat dengan Ketum PAN serta akar rumput PPP cenderung mendukung Anies," jelasnya.

Meski demikian, Ujang mengatakan tidak menutup kemungkinan koalisi Golkar, PAN, dan PPP mengusung tokoh lain sebagai cawapres seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Seperti halnya Anies, Ganjar juga selalu bertengger di tiga besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi. Hanya saja, Ganjar masih merupakan kader PDIP.

"Meskipun demikian, Ganjar tetap masih digandeng dan diusung oleh koalisi tiga partai tersebut," katanya.

Lebih lanjut, Ujang mengatakan koalisi tiga partai ini memenuhi syarat presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden sehingga bisa mengusung capres-cawapres sendiri. Diketahui, Golkar memiliki 85 kursi di parlemen, PAN 44 kursi dan PPP 19 kursi sehingga kalau ditotalkan menjadi 148 kursi atau 25,7 persen dari jumlah kursi di DPR.

"Plus dari koalisi ini, gabungan partai nasionalis dan Islam, ini menarik dan bagus untuk ditawarkan ke publik. Minusnya, belum jelas siapa yang akan dijadikan capres dan cawapres," kata Ujang.

Sebelumnya, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan silaturahmi dan pertemuan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022) malam. Pertemuan tersebut menyepakati bahwa ketiga partai ini akan berkoalisi dan bekerja sama di Pemilu 2024.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal KIB, PAN Pastikan Golkar Tak Tergoda Rayuan Demokrat

Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay memastikan Partai Golkar tidak akan tergoda dengan rayuan Partai Demokrat untuk berkoalisi di Pilpres 2024.

NEWS | 6 Juli 2022

Asosiasi Dokter Medis Sedunia Hanya Akui IDI di Indonesia

Asosiasi Dokter Medis Sedunia atau World Medical Association (WMA) hanya mengakui Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Indonesia.

NEWS | 6 Juli 2022

Ada 198 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Rabu (6/7/2022) berjumlah 198.

NEWS | 6 Juli 2022

2022, Muhammad Jadi Nama Bayi Laki-laki Favorit di Inggris

Muhammad menjadi nama paling populer untuk bayi laki-laki di Inggris tahun 2022. data itu terungkap dari perusahaan media daring BabyCentre.

NEWS | 6 Juli 2022

Ganjar Sebut soal Zonasi Menjadi Masalah Utama PPDB

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut soal zonasi sebagai masalah utama dalam pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2022/2023 di wilayahnya.

NEWS | 6 Juli 2022

Rusia Menggempur Kota Donetsk setelah Merebut Luhansk

Pasukan Rusia menyerang sasaran di seluruh wilayah Donetsk timur Ukraina pada Selasa (5/7/2022) setelah merebut Luhansk.

NEWS | 6 Juli 2022

Kemensos Cabut Izin Pengumpulan Uang dan Barang ACT

Kemensos akhirnya mencabut izin penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) yang telah diberikan kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) tahun 2022

NEWS | 6 Juli 2022

Kasus Covid-19 Kota Bogor Naik 2 Kali Lipat

Kasus positif baru Covid-19, Juli 2022 di Kota Bogor naik 2 kali lipat dibanding Juni kemarin.

NEWS | 6 Juli 2022

Presiden Jokowi Tiba di Nias

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kunjungan kerjanya di Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu (6/7/2022)

NEWS | 6 Juli 2022

Inflasi Tembus 60 Persen, Sri Lanka Berhenti Cetak Uang

Sri Lanka akan berhenti mencetak uang sepenuhnya setelah dilanda inflasi hingga 60 persen pada tahun 2022.

NEWS | 6 Juli 2022


TAG POPULER

# Kepala RS Tewas Ditikam


# Inflasi


# Bob Tutupoly Meninggal


# Polisi Gadungan


# Update Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal KIB, PAN Pastikan Golkar Tak Tergoda Rayuan Demokrat

Soal KIB, PAN Pastikan Golkar Tak Tergoda Rayuan Demokrat

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings