Logo BeritaSatu

Cegah Hepatitis Misterius, Epidemiolog: Tingkatkan Pola Hidup Bersih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:01 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Budiman mengajak masyarakat meningkatkan pola hidup bersih untuk mencegah hepatitis misterius.

Pola hidup bersih melalui protokol kesehatan (prokes) 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan untuk mencegah hepatitis akut.

Advertisement

Meski penyebab penularan hepatitis misterius hingga saat ini belum diketahui dan masih dalam tahap investigasi, Dicky meyakini hal tersebut berkaitan dengan pandemi Covid-19.

“Sembari menunggu kepastian sumber penularan secara pasti kita sebenarnya sudah punya modal untuk melakukan mitigasi dan pencegahan secara tetap. Pengendalian pandemi harus dilakukan upaya hidup bersih dengan 5M termasuk vaksinasi dan perilaku hidup sehat,” kata Dicky saat dihubungi Beritasatu.com, Sabtu (14/5/2022).

Dicky menuturkan. pola hidup bersih dengan upaya prokes 5M seharusnya tetap dipertahankan dan ditingkatkan meski pandemi telah melandai ataupun berakhir guna mencegah kasus-kasus wabah berikutnya seperti hepatitis misterius yang terjadi saat ini.

Menurut Dicky, pengendalian pandemi serta respons komunikasi hingga deteksi kasus untuk koordinasi jauh lebih baik.

Untuk itu, semua pihak harus mengedepankan sikap kewaspadaan dan kehati-hatian pada situasi saat ini.

Dikatakan, Indonesia sebagai bangsa yang besar dengan disparitas masih tinggi dan respons pengendalian kasus antardaerah memerlukan dukungan dari pemerintah pusat. Selain itu, level provinsi juga harus membantu kabupaten/kota.

Menurutnya, adanya kematian dengan dugaan kasus hepatitis misterius ini mendorong sikap proaktif dari semua pihak untuk merespons situasi pandemi dengan memperkuat program kesehatan. Pasalnya, hepatitis akut memberikan pesan penting dampak dari pandemi Covid-19.

Adapun dugaan keterkaitan hepatitis misterius dengan pandemi Covid-19, menurut Dicky, karena kasus hepatitis misterius ini menyerang usia anak.

Bahkan, jumlah kasus hepatitis misterius terbanyak usia di bawah 6 tahun. Usia tersebut merupakan kelompok yang belum mendapat vaksinasi Covid-19 dan merupakan kelompok rawan.

“Penyebab pastinya belum dikonfirmasi karena masih dilakukan riset. Tetapi sejak awal hipotesis saya ini bagian dari pandemi Covid-19 itu. Ini salah satu bentuk dari long Covid-19 sehingga tidak menunggu bertahun-tahun,” ujarnya.

Dicky menuturkan, hipotesanya tersebut didukung oleh studi yang dilakukan oleh Israel yang menyebutkan 90% anak terkena hepatitis misterius merupakan anak terinfeksi Covid-19 satu tahun terakhir. Selain itu, kasus hepatitis misterius tertinggi juga menimpa usia di bawah 5 tahun. Mereka merupakan kelompok belum divaksinasi Covid-19.

“Kasus pada orang dewasa sedikit atau jarang ditemukan. Ini memperkuat hipotesis bahwa proteksi dari vaksinasi itu juga sebagaimana beberapa riset menunjukkan mengurangi potensi long Covid-19,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai penerbangan Rusia, termasuk Aeroflot yang dikendalikan negara, mulai kesulitan suku cadang pesawat.

NEWS | 11 Agustus 2022

Junjung Etika Berinternet Saat Beraktivitas di Ruang Digital

Kompetensi literasi digital menjadi sebuah kebutuhan lantaran di dunia digital acapkali juga dijumpai adanya konten negatif.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Ini dia kronologi penembakan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo sebagai salah satu tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kejagung Bakal Proses Hukum Surya Darmadi secara In Absentia

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan bakal memproses Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi yang rugikan negara Rp 73 triliun secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

6 Terdakwa Pengeroyok Ade Armando Mengaku Terpancing Teriakan Provokatif

Enam terdakwa pengeroyok Ade Armando mengaku mendengar teriakan massa yang bernada provokatif yang membuat mereka terpancing mengeroyok Ade Armando.

NEWS | 10 Agustus 2022

Rumah Digeledah, Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Duren Tiga, digeledah, dan saat penggeledeahan itu, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar.

NEWS | 10 Agustus 2022

KPK Jelaskan Enggan Adili Surya Darmadi secara In Absentia

KPK mengungkap alasan tidak mengambil opsi untuk menyidangkan pemilik PT Darmex/PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

Perti Sambut Baik Ba'asyir Tegaskan Keselarasan Agama-Pancasila

Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) menyambut baik tindakan Abu Bakar Ba'asyir yang mempertegas keselarasan di antara agama dan Pancasila.

NEWS | 10 Agustus 2022

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

PPP, Golkar, dan PAN atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menyusun platform untuk menentukan capres di Pilpres 2024 dalam konsolidasi di Surabaya.

NEWS | 10 Agustus 2022

Polisi Ungkap Peran Menteri Khilafatul Muslimin yang Dibekuk di Lampung

Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin, Indra Fauzi ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Indra Fauzi berperan tampung dana zakat.

NEWS | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

NEWS | 20 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings