Logo BeritaSatu

Wamen BUMN Pahala Mansury Tinjau Mitra Warung Pangan PPI

Senin, 16 Mei 2022 | 12:50 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri BUMN Pahala N Mansury meninjau mitra Warung Pangan PPI (PT Perusahaan Perdagangan Indonesia) bersama Direksi PPI, ID Food dan Nusindo di Jakarta Timur, Sabtu (14/5/2022).

Peninjauan ini dititikberatkan pada ketersediaan stok dan harga minyak goreng sesuai HET pemerintah Rp 14.000 per liter di pasar-pasar tradisional dan mitra-mitra Warung Pangan yang dijadikan pilot project distribusi minyak goreng curah di DKI.

"Pada Mei 2022 ini target kita adalah 5.000 titik lokasi secara nasional, yang merupakan sinergi antara Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, dan kementerian terkait lainnya serta para penyuplai industri minyak goreng di Indonesia," kata Pahala N Mansury.

Wamen Pahala juga menyampaikan harapannya, agar ID Food Grup terus melakukan penyesuaian atas aplikasi Warung Pangan PPI untuk memastikan pendistribusian minyak goreng serta monitoring keterjangkauan harga minyak goreng Rp 14.000 per liter sampai ke tingkat konsumen atau masyarakat yang dapat diakses secara online.

Saat ini, terdapat 69.000 mitra Warung Pangan PPI yang tersebar di lebih dari 27 kota di Indonesia. Jaringan distribusi warung pangan ini yang akan terus dikembangkan oleh PPI sebagai Langkah strategis lainnya dalam menjalankan program pemerintah, khususnya minyak goreng dan secara umum ketersediaan dan keterjangkauan pangan di masyarakat.

“Target pilot project distribusi minyak goreng curah Rp 14.000 per liter akan didistribusikan ke 5.000 titik lokasi yang tersebar seluruh Indonesia sinergi BUMN, Kementerian Perdagangan, kementerian terkait hingga sektor swasta," papar Pahala.

Wamen BUMN melanjutkan pilot project ke 5.000 titik ini akan dilaksanakan BUMN Holding Pangan ID FOOD bersama anak usahanya di sektor perdagangan yakni PT PPI dan Rajawali Nusindo.

“Hari ini saya meninjau langsung warung- warung di pasar tradisional selain untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dan harga di pasaran, juga memastikan pilot project distribusi minyak goreng curah ke 5.000 titik yang akan dilaksanakan BUMN Pangan dapat terealisasi dengan baik," ungkap Pahala lagi.

Menurutnya BUMN Pangan potensi mengembangkan pasar dengan menggandeng pengusaha kecil ataupun pengecer dalam mendistribusikan minyak goreng agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. Hal ini pun untuk meningkatkan peran BUMN dalam menjaga pasokan pangan.

“Tidak hanya pedagang ataupun pengusaha skala besar, para pengecer atau warung-warung bahkan usaha mikro kecil pun bisa menjadi mitra BUMN dalam pendistribusian minyak goreng,” katanya saat meninjau pasar tradisional di Jakarta Timur.

Diakui Pahala, isu minyak goreng saat ini adalah tidak hanya kelangkaan pasokan melainkan upaya stabilisasi harga minyak goreng curah sesuai ketetapan pemerintah yakni Rp 14.000 per liter. "Masih banyak para pengecer maupun warung- warung kecil yang masih menjual di atas HET," tutur Pahala.

Direktur Utama PPI Nina Sulistyowati menambahkan, "PPI menjalankan pendistribusian minyak goreng curah ini melalui mitra Warung Pangan (WP) yakin upaya pemerintah dalam menyediakan minyak goreng dengan harga terjangkau sampai ke tingkat konsumen atau masyarakat dapat kita lakukan dengan upaya terbaik."

“Saat ini kami terus meningkatkan platform WP supaya lebih user friendly dengan fitur-fitur yang disesuaikan. Dengan target 5.000 titik dan terus bertambah secara paralel dan bertahap dalam pendistribusian minyak goreng ini. Para mitra kami terus diberikan sosialisasi untuk pemenuhan minyak goreng di kios, toko atau warungnya secara online supaya lebih terkontrol dan tepat sasaran," tutur Nina lagi.
Wiwik, salah satu mitra Warung Pangan yang dikunjungi Wamen Pahala, menyampaikan terima kasih. Menurutnya aplikasi Warung Pangan PPI sangat membantu dirinya.

"Saya sangat terbantu sebagai mitra WP. Kalau kita pesan stok minyak goreng pakai online di aplikasi WP malam hari, besok pagi sudah diantar berjeriken-jeriken ke warung,” ujar Wiwik.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini 4 Favorit Juara Piala Dunia 2022 Menurut Lionel Messi

Ini 4 Favorit Juara Piala Dunia 2022 Menurut Lionel Messi

SEMESTA BOLA 2022 | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE