Logo BeritaSatu
FM Venusia R

Empowering Society Buat Perempuan Jadi Produktif dan Beraktivitas Tanpa Batas

Selasa, 17 Mei 2022 | 09:37 WIB
Oleh : Anselmus Bata / AB

Jakarta, Beritasatu.com - FM Venusiana R merupakan satu-satunya perempuan dalam jajaran direksi PT Telkom Indonesia saat ini. Sebagai perempuan, Venusiana memiliki perhatian besar terhadap kondisi dan pemberdayaan, serta upaya memajukan perempuan Indonesia. Berikut wawancara dengannya tentang perempuan Indonesia, serta kiprahnya sebagai direktur PT Telkom dan komunitas perempuan di BUMN.

Bagaimana kondisi perempuan Indonesia saat ini dikaitkan dengan isu kesetaraan gender dan kekerasan terhadap perempuan?
Saya melihat bahwa sudah banyak perempuan yang menempati posisi kepemimpinan dan mampu membangun jaringan yang kuat. Di berbagai perusahaan, khususnya di BUMN, perempuan diberi kesempatan untuk menjadi pemimpin dan berkontribusi dengan hak yang sama seperti laki-laki. Melalui kehadiran pemimpin perempuan di berbagai entitas, tentunya akan menjadi role model bagi perempuan lainnya agar mereka termotivasi dalam menerapkan semangat yang sama.

<em>Empowering Society</em> Buat Perempuan Jadi Produktif dan Beraktivitas Tanpa Batas
FM Venusiana R.

Isu kesetaraan gender sejalan dengan nilai-nilai utama (core values) BUMN, yaitu AKHLAK (amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif), terutama nilai harmonis, serta Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021 – 2025.

Tekad kami dalam isu tersebut sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN untuk menyediakan lingkungan kerja yang saling menghormati, bebas dari diskriminasi, pengucilan atau pembatasan, pelecehan, perundungan dan berbagai bentuk kekerasan lainnya bagi para pengurus grup BUMN, karyawan dan pihak-pihak terkait, serta menjunjung tinggi martabat dan harga diri, untuk menjaga produktivitasnya selama bekerja.

Selain itu, kami juga memberi perhatian pada penyandang disabilitas, kesetaraan gender, serta mencegah adanya bias dan diskriminasi terhadap perempuan di lingkungan BUMN, anak perusahaan BUMN, dan perusahaan afiliasi terkonsolidasi.

Apa saja peran Telkom untuk memajukan perempuan Indonesia?
Peran Telkom untuk memajukan perempuan Indonesia adalah melalui program penerapan empowering society dengan mengusung konsep 3C (connectivity, creativity, dan charity) yang tentunya berkaitan pula dengan bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan.

Dalam aspek connectivity, Telkom berupaya untuk mewujudkan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia dengan koneksi internet stabil dan fasilitas yang lengkap untuk mendukung produktivitas masyarakat, terutama perempuan. Misalnya, pendiri UMKM, pengajar, karyawan perempuan, dan perempuan lainnya dengan berbagai profesi yang membutuhkan akses digital dalam kesehariannya.

Selanjutnya, pada aspek creativity, IndiHome membangun kesempatan untuk berkreasi dan mengenal kebudayaan daerah, mulai dari kompetisi tarian, puisi, film pendek, hingga cover lagu. Selain itu, Telkom juga mengadakan webinar edukasi melalui kolaborasi dengan local creative leaders yang diharapkan dapat mengedukasi perempuan-perempuan masa kini.

<em>Empowering Society</em> Buat Perempuan Jadi Produktif dan Beraktivitas Tanpa Batas
Venusiana ikut menganyam noken di komunitas mama-mama di Sorong, Papua Barat, Jumat, 4 Februari 2022.

Pada aspek charity, Telkom (IndiHome) menggelar berbagai kegiatan sosial, seperti penyerahan bantuan kepada komunitas yang berfokus pada isu lingkungan, kesehatan, dan keagamaan, yang juga menargetkan perempuan sebagai sasaran dari corporate social responsibility. Seluruh konsep yang diterapkan dari 3C ini tidak lepas dari campur tangan seluruh karyawan yang ada di lingkungan Telkom.

Tentunya program empowering society salah satu fokusnya adalah mengajak perempuan dari Sabang sampai Merauke untuk terus produktif, aktif berkreasi, dan beraktivitas tanpa batas. Program ini adalah bentuk dari peran Telkom dalam pengembangan masyarakat, khususnya untuk perempuan di Indonesia, agar dapat dirasakan manfaatnya di berbagai lini, seperti pendidikan, ekonomi, literasi, budaya, seni, game dan content creation, serta olahraga.

Dukungan Telkom untuk memajukan perempuan Indonesia juga telah kami terapkan dalam lingkungan kerja di TelkomGroup. Implementasi di Telkom diwujudkan dengan mengedepankan kesetaraan gender tanpa adanya diskriminasi (zero discrimination) dari semua aspek perjalanan karyawan (talent journey), mulai saat karyawan mengikuti masa perekrutan, pertama kali bergabung, pengembangan, performance management, reward, working arrangement, hingga masa pensiun.

Semua proses tersebut diterapkan secara adil dan tanpa memandang gender. Tak lupa, kami juga secara rutin mengadakan kunjungan ke daerah untuk memastikan proses implementasi kebijakan kesetaraan gender berjalan dengan baik di seluruh Telkom di Indonesia. Terbukti, saat ini jumlah persentase pekerja perempuan di Telkom mencapai lebih dari 33% dan diharapkan akan lebih meningkat dalam waktu dekat.

Apakah ada program khusus di bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi bagi kaum perempuan?
Empowering society adalah satu satu program yang kami fokuskan untuk mendukung pengembangan masyarakat, termasuk kaum perempuan di seluruh Indonesia di berbagai bidang, khususnya pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. Implementasi program empowering society, khususnya di kedua bidang tersebut telah kami jalankan sejak 2021 dengan mendukung para penggerak ekonomi dan industri kreatif serta pegiat pendidikan dari Aceh hingga Papua.

Sebagai contoh, kami mengadakan IndiHome Pesona Aceh. Kami memberikan dukungan di bidang pendidikan kepada para perempuan hebat, seperti Tenri, pegiat pendidikan yang konsisten menjadi guru seni, sastra, dan teater, di sebuah lembaga pendidikan di Aceh dan di sela-sela waktunya bersama perempuan lain di Aceh mengembangkan galeri seni rupa.

Di bidang ekonomi, kami juga memberikan dukungan kepada perempuan hebat, seperti Rubama, penggagas masyarakat Desa Gampong Nusa yang dahulu menjadi korban tsunami Aceh. Atas kegigihan dan kerja kerasnya bersama para perempuan lain, Rubama mampu mengubah sampah menjadi hasil kerajinan tangan yang hasilnya produknya dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat dan komunitas di Aceh.

Kami juga hadir di Papua dengan program IndiHome Wonderful Papua. Melalui program tersebut, kami memberikan dukungan kepada para perempuan hebat pegiat pendidikan, seperti Yakoba Womsiwor, dosen dan pegiat sosial yang sangat tangguh dan konsisten memajukan seni, budaya, dan pendidikan di Papua.

<em>Empowering Society</em> Buat Perempuan Jadi Produktif dan Beraktivitas Tanpa Batas
Venusiana ditemani budayawan dan akademisi Papua, Yakoba Womsiwor, melihat hasil kerajinan batik di Sentani, Jayapura, Papua.

Ada juga pegiat pendidikan lain, Ibu Syulla Tokoro Manoach yang konsisten mendidik generasi masa depan Papua yang berada di panti asuhan di Papua.

Di bidang ekonomi, kami juga mendukung para perempuan penggerak ekonomi dan industri kreatif di Bumi Cenderawasih, antara lain dukungan kepada para perempuan hebat, seperti Ibu Ibo, penggerak dan pencetus batik Papua. Kami juga mendukung perempuan hebat Yakoba Womsiwor, dosen dan pegiat sosial yang sangat tangguh dan konsisten memajukan seni, budaya dan pendidikan di Papua.

Selain di dua bidang di atas, kami juga memiliki program yang turut serta memberdayakan perempuan. Misalnya, dalam Just on IndiHome (JOIN), kami berupaya memberikan konten edukatif yang menghibur kepada pelanggan. Melalui JOIN, kami berkolaborasi dengan para perempuan akademisi dan ahli di bidang-bidang yang bermanfaat untuk memberikan konten terbaik, seperti psikolog muda Analisa Widyaningrum, education influencer Tasya Kamila, dan masih banyak lagi.

Ada juga program LEAD by IndiHome (Limitless Esport Academy) yaitu program yang bertujuan untuk melahirkan calon atlet e-sport bertalenta yang ada di Indonesia. Program LEAD by IndiHome juga membuka peluang sebesar-besarnya terhadap atlet e-sport perempuan.

Di samping itu, program IGBA (IndiHome Gideon Badminton Academy), juga dihadirkan untuk melahirkan calon atlet badminton di Indonesia. Dalam program IGBA, terdapat juga calon atlet badminton perempuan berbakat yang ditempa untuk menjadi kebanggaan negara. Program-program tersebut adalah upaya IndiHome dalam mewujudkan misi empowering society di bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi bagi kaum perempuan.

Ibu juga menjadi ketua bidang kajian dan pendampingan perempuan Srikandi BUMN, apa itu?
Srikandi BUMN merupakan komunitas perempuan berkarya di BUMN untuk saling mendukung dalam berkarya dan berprestasi dengan beragam peran. Visi Srikandi BUMN adalah menjadi kontributor dalam munculnya kepemimpinan yang setara untuk inisiatif Indonesia dalam mencapai daya saing global.

Misi Srikandi BUMN adalah mendukung peningkatan kapabilitas untuk menjadi mitra dalam mencapai kesempatan yang sama, mendorong pemberdayaan teknologi dan digital, melibatkan ekosistem untuk memperkuat jaringan bisnis dan modal sosial, merangkul keragaman, kesetaraan, dan inklusi untuk meningkatkan kreativitas.

Srikandi BUMN fokus pada dua program strategis, yaitu women leadership dan women empowerment. Srikandi BUMN bertujuan mendukung tercapainya 30% perempuan pada posisi top level dan terciptanya kecerdasan dan kepemimpinan digital. Di samping itu, Srikandi BUMN juga sangat mendukung terciptanya kinerja keuangan yang sehat dan terbangunnya masyarakat yang adil melalui pemberdayaan perempuan Indonesia.

<em>Empowering Society</em> Buat Perempuan Jadi Produktif dan Beraktivitas Tanpa Batas
Venusiana melihat proses pembuatan tenun di desa komunitas pembuat tenun di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 10 Maret 2022.

Hal apa saja yang telah dilakukan Srikandi BUMN untuk memberdayakan kaum perempuan Indonesia?
Sebagai bagian dari Srikandi BUMN, tentunya kami turut serta mendukung program-program kerja Srikandi BUMN yang berfokus pada women leadership dan women empowerment. Berkaitan dengan hal tersebut, partisipasi aktif kami lakukan sebagai bagian dari pengurus Srikandi BUMN.

Program women leadership dilakukan dengan upaya membangun leadership capabilities sekaligus menambah exposure experiences untuk talenta perempuan BUMN. Khusus di Telkom, kami memberikan kesempatan kepada para perempuan Telkom untuk berkarya dan berkontribusi lebih luas dalam berbagai aspek pekerjaan.

Beberapa program dan kebijakan yang dijalankan, di antaranya adalah memberi kesempatan lebih banyak perempuan sebagai pemimpin territory sebagai head of regional office, sales manager, sampai dengan kesempatan untuk menduduki posisi BOD-2 dan BOD-1 di Telkom sesuai ketentuan yang berlaku.

Di samping itu, program sharing session dan mentoring secara konsisten dijalankan untuk meningkatkan kemampuan leadership perempuan, baik untuk perempuan di Telkom maupun perempuan di BUMN.

<em>Empowering Society</em> Buat Perempuan Jadi Produktif dan Beraktivitas Tanpa Batas
FM Venusiana R.

Peran untuk mendukung women empowerment, antara lain dilakukan melalui tiga langkah. Pertama, melakukan survei tentang
work engagement untuk mengetahui faktor-faktor yang berperan memengaruhi engagement, satisfaction, serta commitment karyawan. Kemudian, survei harassment di BUMN untuk mengetahui prevalensi harassment, tindakan yang dilakukan saksi maupun penerima, serta ketersediaan kebijakan di perusahaan, serta survei lanjutan terkait peran psychological safety dan big five personality sebagai antecedent variable dari empowerment at work serta survei terkait woman empowerment (perempuan pelaku UMKM)

Kedua, berpartisipasi aktif bersama Kementerian BUMN dalam penerbitan surat edaran respectful workplace policy (RWP) dari menteri BUMN tentang kebijakan berperilaku saling menghargai di tempat kerja (respectful workplace policy) yang meliputi penyiapan pola pikir dan kesadaran, tindakan pencegahan, penanganan dan pengawasan terhadap diskriminasi, kekerasan dan pelecehan di lingkungan kerja grup BUMN. Selanjutnya, memastikan implementasinya di seluruh BUMN serta menjalankan beberapa program internalisasi RWP dalam bentuk online learning, benchmarking, sharing session, dan kolaborasi program, serta melakukan evaluasi efektivitas kebijakan RWP.

Ketiga, selaras dengan Program G-20 tahun 2022, kami turut serta menjadi bagian dari G-20 Empower BUMN Advocates yang berfokus pada pertanggungjawaban implementasi KPI, meningkatkan peran perempuan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, dan membangun ketahanan digital dan keahlian masa depan untuk perempuan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Inmendagri PPKM Hanya Sehari, Epidemiolog Soroti Komunikasi

Epidemiolog menyoroti komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah terkait Inmendagri PPKM Jawa-Bali yang hanya berumur satu hari saja.

NEWS | 7 Juli 2022

Moeldoko: Jadi Pemimpin Jangan Sensitif dengan Perubahan

KSP, Moeldoko menegaskan menjadi seorang pemimpin jangan sensitif terhadap perubahan karena pemimpin harus menyadari kepemimpinan itu bersifat situasional.

NEWS | 7 Juli 2022

Vaksinasi Covid-19: Tambah 2.942, Dosis Lengkap 169.235.116

Update vaksinasi Covid-19 dosis kedua atau lengkap pada hari ini, Kamis (7/7/2022) terjadi penambahan 2.942 suntikan.

NEWS | 7 Juli 2022

Fadli Zon Jadi Saksi Sidang Kasus Hoax Bahar Smith

Politikus Fadli Zon dihadirkan sebagai saksi dalam sidang kasus dugaan penyebaran hoax dengan terdakwa Bahar Smith di PN Bandung.

NEWS | 7 Juli 2022

Inovasi Minyak Makan Merah sebagai Alternatif Pencegahan Stunting

Minyak makan merah merupakan inovasi minyak sawit yang berpotensi dalam membantu pencegahan stunting.

NEWS | 7 Juli 2022

Update Covid-19: Positivity Rate Kembali Lewati Level Aman

Update Covid-19 pada Kamis (7/7/2022), positivity rate kembali menembus level aman yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia.

NEWS | 7 Juli 2022

Tiongkok Apresiasi Indonesia atas Pertemuan Menlu G-20

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menyampaikan apresiasi kepada Indonesia atas penyelenggaraan Pertemuan Menlu G-20.

NEWS | 7 Juli 2022

Unnes Bangga Miliki Dosen Praktisi Seorang Menpora

Unnes mengimplementasikan kampus merdeka dengan program yang spesial yaitu Praktisi Mengajar dengan menghadirkan menpora Zainudin Amali.

NEWS | 7 Juli 2022

Rocky Gerung Usulkan Anggota DPD Punya Hak Buat RUU

Pengamat politik Rocky Gerung mengusulkan agar tiap anggota DPD memiliki hak untuk mengusulkan rancangan undang-undang (RUU) atas nama dirinya.

NEWS | 7 Juli 2022

DMI: Umat Islam Harus Siap Hadapi Tatanan Dunia Baru

Wakil Ketua DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo mengatakan, umat Islam harus mempersiapkan diri menghadapi tatanan dunia baru

NEWS | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Inmendagri PPKM Hanya Sehari, Epidemiolog Soroti Komunikasi

Inmendagri PPKM Hanya Sehari, Epidemiolog Soroti Komunikasi

NEWS | 31 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings