Logo BeritaSatu

Kembalikan Kode Etik Advokat kepada Mahkamah Agung

Selasa, 17 Mei 2022 | 20:27 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Advokat senior Hendra Setiawan Boen mengusulkan agar penegakan kode etik advokat dikembalikan ke Mahkamah Agung (MA). Usulan tersebut disampaikan terkait kembali kisruhnya organisasi advokat yang terjadi belakangan ini.

“Sebenarnya saya tidak mau ikut campur dengan kisruh organisasi advokat yang terjadi untuk kesekian kalinya, karena keributan antarelite advokat senior. Di Indonesia ini klise dan terus terang membosankan. Tetapi kian hari malah semakin tidak sehat karena banyak orang mulai memancing di air keruh merugikan calon advokat atau advokat yang tidak bersalah,” ujar pria yang akrab disapa Hendra, Selasa (17/5/2022).

Hendra menambil contoh kejadian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada April 2022 lalu. Ada advokat meminta lawan ganti advokat karena berasal dari organisasi yang menurut rumor saat itu dinyatakan tidak sah.

Padahal aturannya jelas, mereka menjadi advokat karena diambil sumpah oleh Pengadilan Tinggi yang dibuktikan dengan berita acara sumpah (BAS) dari Ketua Pengadilan Tinggi, dan bukan karena keanggotaan di organisasi advokat,” ujar Hendra.

Hendra menjelaskan tindakan seperti itu patut diduga adalah pelanggaran terhadap Kode Etik Advokat Indonesia terutama Pasal 5 mengenai hubungan dengan teman sejawat antara lain hubungan antar teman sejawat harus dilandasi sikap saling menghormati, saling menghargai, dan saling mempercayai.

“Hari ini saya membaca berita ada advokat menggugat terhadap Peradi dengan tuntutan antara lain meminta Peradi dilarang menerima pendaftaran anggota baru, tidak boleh menerbitkan dan membatalkan sertifikat pendidikan khusus profesi advokat (PKPA), tanda pengenal advokat sampai kartu advokat baru, yang diterbitkan sejak tahun 2019,” terang ahli hukum kepailitan dan restrukturisasi utang ini.

Hendra mengemukakan gugatan itu akan gagal karena Mahkamah Agung sudah memutus advokat Peradi boleh tetap beracara. Terlepas hal itu, apakah pihak penggugat sadar bahwa tuntutan dia berarti membunuh mata pencaharian ratusan ribu rekan sejawat dan keluarga mereka padahal tidak bersalah? Di mana hati nurani penggugat?” tanyanya.

Menurut Hendra, dia juga pernah menjadi salah satu korban perpecahan Peradi pada 30 Mei 2008 yang menyebabkan Mahkamah Agung menunda pengambilan sumpah. Padahal dirinya sudah memenuhi syarat, tetapi nasibnya sempat tanpa kepastian kapan bisa mewujudkan impian menjadi advokat. Karena pengalaman tersebut, dia memiliki keprihatinan mendalam terhadap kondisi saat ini.

“Saya rasa sudah cukup perpecahan elite advokat senior merugikan advokat muda atau sarjana hukum yang beraspirasi menjadi advokat. Solusinya revisi UU Advokat dan kembalikan fungsi penegakan kode etik advokat dan pemberian sanksi advokat kepada badan peradilan, sementara organisasi advokat hanya mengadakan pendidikan profesi dan sampaikan usulan nama calon advokat untuk diambil sumpah oleh Pengadilan Tinggi,” tegasnya.

Baca selanjutnya
Menurutnya usul tersebut sesuai dengan UU Advokat bahwa bukti seseorang advokat ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Picu Gelombang Protes Selama 2 Bulan, Polisi Moralitas Iran Akhirnya Dibubarkan

Iran akhirnya membubarkan polisi moralitas setelah lebih dari dua bulan gelombang protes yang dipicu oleh penangkapan Mahsa Amini.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Mengaku Kaget Saat Sambo Klaim Brigadir J Lecehkan Putri

Ricky Rizal atau Bripka RR mengaku kaget dan antara percaya dan tidak percaya saat Ferdy Sambo menyebut Putri Candrawathi dilecehkan oleh Brigadir J. 

NEWS | 5 Desember 2022

Stok Beras di Gudang Bulog Cirebon Aman hingga Maret 2023

Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, saat ini memiliki stok beras sebanyak 29.506 ton, sehingga dipastikan aman hingga musim panen 2023.

NEWS | 5 Desember 2022

Pengacara Eliezer Ungkap Ciri Wanita Menangis di Rumah Ferdy Sambo

Pengacara Richard Eliezer atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkap ciri wanita yang menangis di rumah Ferdy Sambo.

NEWS | 5 Desember 2022

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Pastikan Stok Pangan Cukup

Satgas Pangan Polri memastikan bahan pangan cukup. Menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, 

NEWS | 5 Desember 2022

Presiden Jokowi Tinjau Dampak Gempa Cianjur di Ponpes Darul Falah

Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak gempa Cianjur di Ponpes Darul Falah, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur.

NEWS | 5 Desember 2022

Buaya Bunuh Bocah 1 Tahun dan Lukai sang Ayah

Seorang ayah terluka parah setelah gagal menghentikan buaya menyerang dan membunuh bayinya yang masih berusia 1 tahun.

NEWS | 5 Desember 2022

Gara-gara Nonton Drakor, 3 Siswa SMA di Korea Utara Dieksekusi Mati

Korea Utara pada awal Oktober lalu mengeksekusi mati tiga siswa SMA karena mereka menonton dan mengedarkan konten drakor alias drama Korea.

NEWS | 5 Desember 2022

Terkena Peluru Nyasar, Balita di Lampung Sempat Kritis

Ibrahim El Rahman, seorang balita berusia 1,5 tahun di Bandar Lampung, Lampung dirawat di rumah sakit akibat terkena peluru nyasar.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru, Petugas dan Warga Evakuasi Hewan Ternak

Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Senin, 5 Desember 2022, mulai mengevakuasi hewan ternak milik mereka.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Yudo Tegaskan Penentuan Calon Kasal Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Yudo Tegaskan Penentuan Calon Kasal Hak Prerogatif Presiden Jokowi

NEWS | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE