Logo BeritaSatu

Rekam Jejak Lin Che Wei Tersangka Baru Kasus Minyak Goreng

Selasa, 17 Mei 2022 | 22:50 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.comLin Che Wei telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait izin ekspor crude palm oil dan turunannya oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Berdasarkan informasi yang dihimpun Beritasatu.com, Lin Che Wei memang memiliki rekam jejak yang panjang dalam sektor perekonomian.

Tercatat, Lin Che Wei mengalami kariernya sebagai analis keuangan di beberapa perusahaan asing. Pada 2005 sampai pertengahan 2007, ia menjabat sebagai Presiden Direktur dari Danareksa. Pada 2008, Lin Che Wei mendirikan perusahaan riset dengan fokus analisis kebijakan dan analisis industri, yakni PT Independent Research Advisory Indonesia.

Tak hanya itu, ia sempat menjadi staf khusus sejumlah menteri. Pada 2014, Lin Che Wei menjabat anggota tim asistensi di Kementerian Koordinator Perekonomian. Jabatan serupa juga dipegangnya di Kementerian PPN/Bappenas, dan Kementerian ATR/BPN.

Diberitakan, Jaksa Agung ST Burhanuddin mengungkapkan dugaan persekongkolan yang dilakukan Lin Che Wei dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana dalam kasus tersebut.

“Tersangka (Lin Che Wei) di dalam perkara ini diduga bersama-sama dengan IWW selaku Dirjen Perdagangan Luar Negeri telah mengondisikan produsen CPO untuk mendapatkan izin persetujuan ekspor CPO dan turunannya secara melawan hukum,” kata Burhanuddin dalam keterangan pers melalui video, diterima Selasa (17/5/2022).

Menurut Burhanuddin, seharusnya pemberian izin ekspor CPO harus memenuhi ketentuan domestic market obligation (DMO) sebesar 20 persen. Atas dasar itu, Lin Che Wei ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Lin Che Wei disangka melanggar Pasal 2 juncto Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dengan demikian, sudah ada lima tersangka dalam kasus tersebut. Sebelumnya, Kejagung menetapkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana (IWW).

Kejagung juga menetapkan tiga tersangka lainnya yakni Senior Manager Corporate Permata Hijau Group, Stanley MA (SMA); Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor (MPT); dan General Manager bagian General Affair PT Musim Mas, Pierre Togar Sitanggang (PTS).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dukungan di Masa Tersulit, Ukraina Terima Kasih ke Boris Johnson

Kyiv mengucapkan berterima kasih kepada Perdana Menteri Boris Johnson dari Inggris karena mendukung Ukraina di "masa-masa tersulit".

NEWS | 7 Juli 2022

PN Surabaya Jatuhkan Vonis Mati Pengedar Sabu-sabu 43,4 Kg

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya memvonis hukuman mati kepada dua terdakwa pengedar sabu-sabu.

NEWS | 7 Juli 2022

Airlangga Dinilai Sukses Pimpin Golkar dan Kemenko Perekonomian

Airlangga Hartarto dinilai sukses memimpin Partai Golkar dan Kemko Perekonomian. Sebagai menteri, Airlangga berhasil menjaga ekonomi di Indonesia.

NEWS | 7 Juli 2022

DPR Belum Bahas Kebijakan Pelabelan BPA pada Galon

Belum ada pembicaraan dengan BPOM sebagai mitra kerja Komisi IX DPR terkait rencana pelabelan BPA terhadap air minum kemasan galon.

NEWS | 7 Juli 2022

Satgas: Sebanyak 317.889 Kasus PMK Tersebar di 21 Provinsi

Saat ini terdapat 317.889 kasus PMK yang tersebar di 231 kabupaten/kota di 21 provinsi di berbagai penjuru Tanah Air.

NEWS | 7 Juli 2022

LPSK Dukung Tangkap Paksa Tersangka Cabul Pesantren Shiddiqiyah

LPSK mendukung penuh upaya paksa penangkapan terhadap tersangka kejahatan asusila Moch Subchi Azal Tsani alias Bechi di Pesantren Shiddiqiyah

NEWS | 7 Juli 2022

Kasus Mamberamo Tengah, KPK Sita Dokumen Aliran Uang

KPK menyita dokumen aliran uang terkait kasus suap proyek Mamberamo Tengah saat menggeledah sejumlah lokasi di Bekasi, Jakarta Pusat, dan Sleman.

NEWS | 7 Juli 2022

Polisi Temukan Banyak Ruang Rahasia di Pesantren Shiddiqiyah

Polisi menemukan banyak ruang rahasia di kawasan Pesantren Shiddiqiyah, Kabupaten Jombang, ketika mencari MSAT, tersangka pencabulan santriwati

NEWS | 7 Juli 2022

Tiga Orang Tewas Terseret Ombak di Madasari, Pangandaran

Tiga orang wisatawan tewas terseret ombak karena berenang di area berbahaya di kawasan Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

NEWS | 7 Juli 2022

MK Tolak Gugatan La Nyalla dan Yusril soal Presidential Threshold

MK menolak judicial review ketentuan presidential threshold dalam UU Pemilu yang diajukan pimpinan DPD termasuk La Nyalla Mattalitti dan Yusril Ihza Mahendra.

NEWS | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dukungan di Masa Tersulit, Ukraina Terima Kasih ke Boris Johnson

Dukungan di Masa Tersulit, Ukraina Terima Kasih ke Boris Johnson

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings