Logo BeritaSatu

Singapura dan Uni Afrika Saling Akui Sertifikat Vaksinasi Covid

Selasa, 17 Mei 2022 | 23:10 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Singapura, Beritasatu.com- Singapura dan Uni Afrika (AU) akan mulai saling mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19 digital mulai Senin (23/5/2022). Seperti dilaporkan TheStraitTimes, Selasa (17/5/2022), pengakuan sertifikat itu membuat perjalanan ke 55 negara anggota menjadi lebih mudah.

Dengan langkah tersebut, mereka yang divaksinasi lengkap di Singapura hanya perlu mengunggah sertifikat vaksinasi digital mereka yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan agar status mereka diverifikasi di platform Trusted Travel (TT) dan Trusted Vaccines (TV) AU, yang memungkinkan perjalanan bebas karantina.

Pemeriksaan digital status vaksinasi pelancong dipandang sebagai kunci untuk membuka potensi penuh perjalanan udara pascapandemi, dengan pemeriksaan manual dalam dua tahun terakhir semakin tidak mungkin karena jumlah pelancong kembali ke ketinggian sebelum pandemi.

Sertifikat Covid-19 Singapura sudah diakui setara dengan sertifikat digital Uni Eropa. Yurisdiksi, seperti Taiwan, juga telah membentuk pengaturan serupa dengan Singapura.

Pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan awal tahun ini, varian BA.4 dan BA.5 telah menjadi strain dominan di sana. Varian tersebut sering dibahas bersama karena mutasi pada gen protein lonjakan mereka identik, kata sebuah laporan di VaccinesWork, satu platform yang diselenggarakan oleh Gavi.

Menurut para ilmuwan Afrika Selatan, varian tersebut dapat menghindari antibodi dari infeksi sebelumnya. Namun varian itu jauh lebih sedikit mampu berkembang dalam darah orang yang divaksinasi Covid-19.

Secara global, setidaknya 1.000 kasus BA.4 dan BA.5 telah dilaporkan di setidaknya 16 negara pada 11 Mei, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tetapi pengetahuan tentang varian tetap terbatas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menambahkannya ke daftar untuk pemantauan awal bulan lalu.

Berdasarkan "penghindaran netralisasi", BA.4 dan BA.5 berpotensi menghasilkan gelombang infeksi baru, kata sebuah penelitian di Afrika Selatan.

Namun, sejauh ini tidak ada indikasi bahwa BA.4 atau BA.5 berhubungan dengan gejala baru atau penyakit yang lebih parah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kenang Kedekatan dengan Tjahjo, Puan: Saya Kenal dari Kecil

Ketua DPR Puan Maharani mengenang kedekatannya dengan sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Tjahjo Kumolo

NEWS | 1 Juli 2022

Komisi IX Desak Kemenkes Penuhi Target Vaksinasi Covid-19

Komisi IX DPR mendesak agar Kemenkes menuntaskan target vaksinasi Covid-19 sebanyak 208.265.720 dosis suntikan.

NEWS | 1 Juli 2022

Kolaborasi TECH dan Aptisi Libatkan 1.000 PTS di Indonesia

Sebanyak 1.000 PTS menjadi bagian kolaborasi PT IndoSterling Technomedia Tbk (TECH) dan Aptisi dalam upaya percepatan digitalisasi perguruan tinggi.

NEWS | 1 Juli 2022

Puan Ungkap Kesedihan Megawati atas Wafatnya Tjahjo Kumolo

Ketua PDIP, Puan Maharani mengungkapkan Megawati Soekarnoputri sangat sedih atas wafatnya Tjahjo Kumolo yang telah dianggap sebagai adiknya sendiri.

NEWS | 1 Juli 2022

Pemenang Hoegeng Awards Harus Jadi Contoh Polisi yang Baik

Kapolri berharap para pemenang Hoegeng Awards 2022 bisa menjadi contoh bagi institusi Polri yang baik seperti sosok Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso.

NEWS | 1 Juli 2022

Airlangga Hartarto Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Mentor

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenang Tjahjo Kumolo yang wafat hari ini sebagai sosok mentor. Sebelum PDIP, Tjahjo merupakan kader Golkar.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

Menkumham Yasonna H Laoly, berduka atas wafatnya Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo. Yasonna mengaku kehilangan sahabat dan senior dalam politik.

NEWS | 1 Juli 2022

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Tjahjo Kumolo akan dimakamkan secara militer.

NEWS | 1 Juli 2022

Diplomasi Presiden Jokowi Diharapkan Hasilkan Gencatan Senjata

Guru Besar Hukum Internasional UI mengharapkan diplomasi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia dapat menghasilkan gencatan senjata.

NEWS | 1 Juli 2022

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengenang jasa Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini dalam penerimaan PNS di Kemenhub.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kenang Kedekatan dengan Tjahjo, Puan: Saya Kenal dari Kecil

Kenang Kedekatan dengan Tjahjo, Puan: Saya Kenal dari Kecil

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings