Logo BeritaSatu

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Selasa, 17 Mei 2022 | 23:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beirut, Beritasatu.com- Sekutu Hizbullah diproyeksikan kehilangan kursi dalam pemilihan umum Lebanon. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (16/5/2022), beberapa kandidat anti-kemapanan merebut kursi dalam pemilihan pertama sejak krisis ekonomi dan ledakan mematikan di Beirut 2020.

Hasil parsial menunjukkan perubahan keseimbangan kekuasaan di Parlemen, tempat Hizbullah dan sekutunya pernah menjadi mayoritas.

Di antara 76 pemenang yang diumumkan pada Senin (16/5) oleh Menteri Dalam Negeri Bassam Mawlawi setidaknya ada sembilan kandidat oposisi anti-kemapanan, termasuk Yassin Yassin, yang mengalahkan wakil ketua Elie Ferzli di distrik Bekaa II dan dan Mark Daou yang mengalahkan pemimpin Druze Talal Arslan di Chouf- Aley.

Tiga kandidat oposisi menerobos di distrik pegunungan Chouf-Aley, dengan ilmuwan lingkungan Najat Sailba dan profesor hukum Halime Kaakour bergabung dengan Daou di parlemen baru.

Sementara di distrik Metn, jurnalis Jad Ghosn nyaris meraih satu kursi, namun kalah 88 kursi.

Masih terlalu dini untuk menentukan apakah ada mayoritas yang jelas untuk kelompok mana pun di parlemen Lebanon yang beranggotakan 128 orang.

Meskipun jumlah pemilih nasional lebih rendah hanya 41 persen, proyeksi tidak resmi menunjukkan perubahan signifikan dalam keseimbangan kekuasaan di Parlemen, di mana Hizbullah dan sekutu yang didukung Iran pernah memegang mayoritas.

Sekutu utama Hizbullah non-Syiah diperkirakan akan menderita kekalahan, terutama Gerakan Patriotik Bebas, yang pernah memegang kursi Kristen terbesar di parlemen.

Pasukan Kristen Lebanon, satu partai yang memiliki hubungan dekat dengan Amerika Serikat dan Arab Saudi, diproyeksikan akan muncul sebagai partai Kristen terbesar di Parlemen.

Sementara itu, pihak berwenang terus berjuang untuk menghitung surat suara dari pemilihan hari Minggu karena keterlambatan logistik dan tuduhan kecurangan suara.

“Para hakim masih bekerja di distrik yang tersisa, dan akan bekerja semalaman untuk menyelesaikan hasilnya,” kata Mawlawi setelah mengumumkan hasil dari 47 kursi di tujuh dari 15 distrik.

Sementara itu, Gerakan Masa Depan Sunni yang didukung Saudi tidak mencalonkan diri sebagai anggota parlemen, setelah pemimpinnya, mantan Perdana Menteri Saad al-Hariri, mengundurkan diri dari politik awal tahun ini. Namun, partisipasi pemilih di daerah pemilihan kunci Sunni di seluruh negeri tetap aktif.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ribuan Jemaah Haji Mulai Tiba di Kota Suci Mekah

Ribuan jemaah haji mulai tiba di kota suci Mekah di Arab Saudi pada hari Jumat (1/7/2022), di antara sekitar satu juta Muslim.

NEWS | 1 Juli 2022

Mensesneg Pratikno Pimpin Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin pemakaman Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo secara militer di TMP Kalibata.

NEWS | 1 Juli 2022

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri pemakaman Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

Kenang Kedekatan dengan Tjahjo, Puan: Saya Kenal dari Kecil

Ketua DPR Puan Maharani mengenang kedekatannya dengan sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Tjahjo Kumolo

NEWS | 1 Juli 2022

Komisi IX Desak Kemenkes Penuhi Target Vaksinasi Covid-19

Komisi IX DPR mendesak agar Kemenkes menuntaskan target vaksinasi Covid-19 sebanyak 208.265.720 dosis suntikan.

NEWS | 1 Juli 2022

Kolaborasi TECH dan Aptisi Libatkan 1.000 PTS di Indonesia

Sebanyak 1.000 PTS menjadi bagian kolaborasi PT IndoSterling Technomedia Tbk (TECH) dan Aptisi dalam upaya percepatan digitalisasi perguruan tinggi.

NEWS | 1 Juli 2022

Puan Ungkap Kesedihan Megawati atas Wafatnya Tjahjo Kumolo

Ketua PDIP, Puan Maharani mengungkapkan Megawati Soekarnoputri sangat sedih atas wafatnya Tjahjo Kumolo yang telah dianggap sebagai adiknya sendiri.

NEWS | 1 Juli 2022

Pemenang Hoegeng Awards Harus Jadi Contoh Polisi yang Baik

Kapolri berharap para pemenang Hoegeng Awards 2022 bisa menjadi contoh bagi institusi Polri yang baik seperti sosok Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso.

NEWS | 1 Juli 2022

Airlangga Hartarto Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Mentor

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenang Tjahjo Kumolo yang wafat hari ini sebagai sosok mentor. Sebelum PDIP, Tjahjo merupakan kader Golkar.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

Menkumham Yasonna H Laoly, berduka atas wafatnya Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo. Yasonna mengaku kehilangan sahabat dan senior dalam politik.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mensesneg Pratikno Pimpin Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Mensesneg Pratikno Pimpin Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings