Logo BeritaSatu

Semua Peserta BPJS Kesehatan Diusulkan Berstatus Aktif

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:22 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengusulkan seluruh peserta BPJS Kesehatan, termasuk peserta yang kini berstatus nonaktif karena sebab tertentu mulai dinyatakan sebagai peserta aktif. Hal itu ditujukan agar semua penduduk di Indonesia meraih haknya mendapat perlindungan kesehatan sesuai amanat UUD 1945 sekaligus mengejar target 98% peserta aktif pada tahun 2024.

"Untuk mencapai 98%, kalau modelnya seperti sekarang, kami bisa di BPJS Kesehatan. Namun yang tidak aktif harus juga kita hitung. Kalau semua aktif, ya berat," kata Ali Ghufron Mukti pada launching & bedah buku "Menyulam Program JKN Menjadi Andalan dan Kebanggaan Bangsa Indonesia", Selasa (17/5/2022).

Dia mengungkapkan, target itu dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Memang ada sejumlah strategi yang harus dijalankan BPJS Kesehatan, tetapi pendekatan untuk mengkategorikan peserta nonaktif menjadi peserta aktif menjadi penting.

Salah satu strategi yang dimaksud terkait Inpres 1/2022. Presiden menginstruksikan 30 Kementerian/Lembaga untuk melakukan percepatan universal health coverage di Indonesia. Pendekatan itu diperlukan kolaborasi yang luar biasa di antara pemangku kepentingan. "Kira-kira bagaimana kalau kita belajar dari Filipina yang tahun 2019 memiliki Undang-undang (UU), seluruh warga Filipina yang belum terdaftar itu otomatis menjadi peserta," kata dia.

Selain berkaca pada Filipina, dia juga melihat Thailand sebagai contoh konkret. Menurut dia, Thailand mengusung tiga pendekatan agar seluruh penduduknya mendapat perlindungan sosial di bidang kesehatan. Di antaranya melalui civil servant benefit scheme untuk pegawai negeri dan pendekatan social security untuk program Jamsostek. Di luar itu ada model universal health coverage. Sehingga pada tahun 2022 di Thailand sudah dapat masuk cita-cita universal health coverage.

Menurut dia, Indonesia memang sudah seharusnya memiliki sistem jaminan sosial nasional di bidang kesehatan. Seperti yang diamanatkan UUD 1945 Pasal 28h ayat (1) bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik, sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

"Untuk hidup sehat, serta sejahtera lahir dan batin, maka setiap warga bangsa Indonesia dapat mengakses pelayanan kesehatan tanpa kesulitan keuangan atau without financial hardship. Oleh karena itu, Pasal 28h ayat (3) disebutkan bahwa setiap orang berhak mendapatkan jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat," kata dia.

Dalam hal ini, dia menilai, negara bertanggung jawab atas jaminan kesehatan setiap warga negara agar dapat berkembang dan bermartabat sebagai manusia. Maka dalam Pasal 34 ayat (2) disebutkan negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat serta memberdayakan seluruh masyarakat yang lemah dan tidak mampu.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

IDI kembali mengimbau agar masyarakat kembali memakai masker tidak hanya di ruang tertutup, tetapi juga saat berada di ruang terbuka.

NEWS | 3 Juli 2022

Ini Beda Ganja Sebagai Pengobatan Medis dengan Tanaman

Ganja yang digunakan sebagai sarana pengobatan atau ganja medis memiliki perbedaan dengan ganja tanaman.

NEWS | 3 Juli 2022

Politikus PDIP Ungkap Urgensi Jokowi Terbitkan Perppu Pemilu

Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengungkap urgensi Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) pemilu.

NEWS | 3 Juli 2022

Puluhan Rumah di Sukabumi Rusak Diterjang Gelombang Tinggi

Ada 38 rumah yang berada di Kampung Cipatuguran dan Rawakalong, Kecamatan Palabuhanratu terdampak bencana gelombang tinggi tersebut.

NEWS | 3 Juli 2022

IDI Cari Referensi Ilmiah Ganja untuk Pengobatan Medis

IDI tengah mencari referensi ilmiah mengenai penggunaan ganja untuk keperluan pengobatan medis.

NEWS | 3 Juli 2022

Covid-19 Melonjak, Puan Imbau Masyarakat Terapkan Prokes

Ketua DPR Puan Maharani mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), khususnya di ruang publik.

NEWS | 3 Juli 2022

CFD Jalan Dhoho Disambut Antusias, Ini Kata Walkot Kediri

Wali Kota Kediri menilai antusiasme masyarakat di CFD Jalan Dhoho menjadi semangat kebangkitan ekonomi di Kota Kediri.

NEWS | 3 Juli 2022

Jelang Puncak Ibadah Haji, Anggota DPR: Jaga Stamina

Ace Hasan Syadzily mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk fokus mempersiapkan diri dengan menjaga stamina, khususnya jelang puncak ibadah haji.

NEWS | 3 Juli 2022

PLN Gandeng Pemkab Tangerang Kelola Sampah dan Manfaatkan Limbah PLTU

PLN lewat anak usaha Indonesia Power menjalin kerja sama dengan Pemkab Tangerang dalam pemanfaatan sisa pembakaran batu bara milik IP di Tangerang.

NEWS | 3 Juli 2022

Jelang Iduladha, Ribuan Sapi di Probolinggo Divaksinasi PMK

Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, ribuan ekor sapi yang sehat di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mendapatkan vaksin PMK.

NEWS | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

NEWS | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings