Logo BeritaSatu

Geledah Ruang Kerja Wali Kota Ambon, KPK Sita Catatan Aliran Uang

Rabu, 18 Mei 2022 | 15:19 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita catatan aliran uang dan bukti elektronik saat menggeledah sejumlah ruangan di Pemkot Ambon pada Selasa (17/5/2022). Penggeledahan ini terkait kasus dugaan suap persetujuan izin prinsip pembangunan cabang Alfamidi di Ambon pada 2020 yang menjerat Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

"Pada beberapa lokasi dimaksud, ditemukan dan diamankan berbagai bukti di antaranya sejumlah dokumen terkait keuangan termasuk catatan aliran sejumlah uang dan bukti alat elektronik," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Ali memaparkan sejumlah lokasi yang digeledah penyidik berada di Gedung A, B, C, dan D Pemkot Ambon. Salah satu ruang yang digeledah tim penyidik KPK untuk mencari bukti adalah ruang kerja Richard Louhenapessy.

Selain itu, tim penyidik juga menggeledah ruang kerja sekretariat wali kota Ambon, ruang kerja kepala dinas dan sekretariat kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, ruang kerja kepala dinas dan staf kantor Dinas Perhubungan, ruang kerja kepala dinas dan staf kantor BPKAD, dan beberapa ruangan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.

KPK bakal menganalisis catatan aliran uang dan bukti elektronik yang telah disita. KPK meyakini bukti yang ditemukan terkait erat dengan kasus suap yang menjerat Richard.

"Seluruh bukti-bukti hasil penggeledahan diduga kuat dapat menerangkan dan mengurai seluruh perbuatan para tersangka," ujar Ali.

Diberitakan, Richard saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK dalam kasus dugaan suap soal persetujuan izin prinsip pembangunan cabang Alfamidi pada 2020 di Kota Ambon. Ada dua orang lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka yakni staf tata usaha pimpinan pada Pemkot Ambon, Andrew Erin Hehanusa dan perwakilan Alfamidi, Amri.

Dalam kasus ini, KPK menduga Richard menerima suap terkait izin pembangunan cabang Alfamidi di Kota Ambon. Amri aktif berkomunikasi hingga bertemu dengan Richard agar proses perizinan Alfamidi bisa segera disetujui dan diterbitkan. Atas permintaan itu, Richard memerintahkan kepala dinas PUPR Pemkot Ambon untuk memproses dan menerbitkan berbagai permohonan izin, di antaranya surat izin tempat usaha (SITU), dan surat izin usaha perdagangan (SIUP).

Untuk setiap dokumen izin yang disetujui dan diterbitkan dimaksud, Richard Louhenapessy meminta agar Amri menyerahkan uang dengan minimal nominal Rp 25 juta menggunakan rekening bank milik Andrew. Tak hanya itu, Richard juga diduga menerima suap sekitar Rp 500 juta dari Amri terkait persetujuan pembangunan untuk 20 gerai Alfamidi di Kota Ambon.

Selain suap, KPK pun menduga Richard juga menerima gratifikasi dari sejumlah pihak. Namun, hal itu masih didalami tim penyidik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Hartarto Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Mentor

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenang Tjahjo Kumolo yang wafat hari ini sebagai sosok mentor. Sebelum PDIP, Tjahjo merupakan kader Golkar.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

Menkumham Yasonna H Laoly, berduka atas wafatnya Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo. Yasonna mengaku kehilangan sahabat dan senior dalam politik.

NEWS | 1 Juli 2022

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Tjahjo Kumolo akan dimakamkan secara militer.

NEWS | 1 Juli 2022

Diplomasi Presiden Jokowi Diharapkan Hasilkan Gencatan Senjata

Guru Besar Hukum Internasional UI mengharapkan diplomasi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia dapat menghasilkan gencatan senjata.

NEWS | 1 Juli 2022

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengenang jasa Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini dalam penerimaan PNS di Kemenhub.

NEWS | 1 Juli 2022

Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Kasus pembunuhan ibu dan anak di  Subang masih menjadi misteri. Begini kondisi rumah saksi pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu setahun lalu.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Minta Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Megawati meminta seluruh kader, anggota, dan simpatisan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

NEWS | 1 Juli 2022

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemerintah Siapkan Skema Normal Program Kartu Prakerja

Pemerintah Siapkan Skema Normal Program Kartu Prakerja

EKONOMI | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings