Logo BeritaSatu

Jaksa Agung Ungkap Peran Lin Che Wei di Kasus Minyak Goreng

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:26 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.comJaksa Agung ST Burhanuddin mengungkap penasihat kebijakan atau analis Independent Research & Advisory Indonesia, Lin Che Wei dalam kasus dugaan korupsi ekspor minyak goreng. Diketahui, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Lin Che Wei sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait izin ekspor crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah dan turunannya.

Jaksa Agung menuturkan, sebetulnya Lin Che Wei merupakan pihak swasta yang direkrut oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) tanpa didasari surat keputusan maupun kontrak.

“Tetapi dalam pelaksanaannya, dia ikut menentukan kebijakan tentang peredaran prosedur tentang distribusi minyak goreng,” kata Burhanuddin kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Burhanuddin menegaskan, hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat berbahaya mengingat Lin Che Wei berasal dari kalangan swasta. Terkait hal itu Burhanuddin menegaskan, jajarannya telah memiliki sejumlah bukti dalam bentuk digital soal keterlibatan aktif Lin Che Wei pada kasus minyak goreng kali ini.

“Hadir dan ikut menentukan kebijakan ini. Kami punya bukti-bukti digitalnya bahwa dia ikut serta dalam keputusan ini,” tegasnya.

Sebagai informasi, Burhanuddin sebelumnya mengungkapkan dugaan persekongkolan yang dilakukan Lin Che Wei dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Perdaglu Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana dalam kasus korupsi CPO.

“Tersangka (Lin Che Wei) di dalam perkara ini diduga bersama-sama dengan IWW selaku Dirjen Perdagangan Luar Negeri telah mengondisikan produsen CPO untuk mendapatkan izin persetujuan ekspor CPO dan turunannya secara melawan hukum,” kata Burhanuddin dalam keterangan pers melalui video, Selasa (17/5/2022).

Padahal seharusnya, pemberian izin ekspor CPO harus memenuhi ketentuan domestic market obligation (DMO) sebesar 20%. Atas dasar itu, Lin Che Wei ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Atas perbuatannya itu, Lin Che Wei disangka melanggar Pasal 2 juncto Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dengan demikian, sudah ada lima tersangka yang ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi minyak goreng ini. Sebelumnya, Kejagung menetapkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana (IWW) sebagai tersangka untuk kasus dugaan korupsi dalam pemberian izin ekspor crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah dan turunannya.

Kejagung juga menetapkan tiga tersangka lainnya yakni Senior Manager Corporate Permata Hijau Group, Stanley MA (SMA); Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor (MPT); dan General Manager bagian General Affair PT Musim Mas, Pierre Togar Sitanggang (PTS).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

IDI kembali mengimbau agar masyarakat kembali memakai masker tidak hanya di ruang tertutup, tetapi juga saat berada di ruang terbuka.

NEWS | 3 Juli 2022

Ini Beda Ganja Sebagai Pengobatan Medis dengan Tanaman

Ganja yang digunakan sebagai sarana pengobatan atau ganja medis memiliki perbedaan dengan ganja tanaman.

NEWS | 3 Juli 2022

Politikus PDIP Ungkap Urgensi Jokowi Terbitkan Perppu Pemilu

Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengungkap urgensi Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) pemilu.

NEWS | 3 Juli 2022

Puluhan Rumah di Sukabumi Rusak Diterjang Gelombang Tinggi

Ada 38 rumah yang berada di Kampung Cipatuguran dan Rawakalong, Kecamatan Palabuhanratu terdampak bencana gelombang tinggi tersebut.

NEWS | 3 Juli 2022

IDI Cari Referensi Ilmiah Ganja untuk Pengobatan Medis

IDI tengah mencari referensi ilmiah mengenai penggunaan ganja untuk keperluan pengobatan medis.

NEWS | 3 Juli 2022

Covid-19 Melonjak, Puan Imbau Masyarakat Terapkan Prokes

Ketua DPR Puan Maharani mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), khususnya di ruang publik.

NEWS | 3 Juli 2022

CFD Jalan Dhoho Disambut Antusias, Ini Kata Walkot Kediri

Wali Kota Kediri menilai antusiasme masyarakat di CFD Jalan Dhoho menjadi semangat kebangkitan ekonomi di Kota Kediri.

NEWS | 3 Juli 2022

Jelang Puncak Ibadah Haji, Anggota DPR: Jaga Stamina

Ace Hasan Syadzily mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk fokus mempersiapkan diri dengan menjaga stamina, khususnya jelang puncak ibadah haji.

NEWS | 3 Juli 2022

PLN Gandeng Pemkab Tangerang Kelola Sampah dan Manfaatkan Limbah PLTU

PLN lewat anak usaha Indonesia Power menjalin kerja sama dengan Pemkab Tangerang dalam pemanfaatan sisa pembakaran batu bara milik IP di Tangerang.

NEWS | 3 Juli 2022

Jelang Iduladha, Ribuan Sapi di Probolinggo Divaksinasi PMK

Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, ribuan ekor sapi yang sehat di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mendapatkan vaksin PMK.

NEWS | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

NEWS | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings