Logo BeritaSatu

BUM Desa Diminta Bayar Rp 30 Juta/Tahun, Mendes Minta Keringanan PT KAI

Rabu, 18 Mei 2022 | 17:34 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar bergerak cepat mengunjungi PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai tindak lanjut keberatan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Bolali Maju, Desa Bolali, Wonosari, Klaten yang harus membayar Rp30 juta/tahun karena crossing kabel fiber optic yang melintasi properti PT KAI.

"Pasti tidak mampu kalau BUM Desa disuruh bayar segitu, ini mungkin salah satu yang kami minta dukungannya PT KAI," ujar Abdul Halim Iskandar, di sela kunjungan di Kantor PT KAI, di Kawasan Gambir, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Untuk diketahui BUM Desa Bolali Maju diharuskan membayar Rp 30 juta per tahun dan dibayar 2 tahun sekaligus untuk termin pertama sesuai aturan di PT KAI. Sementara pihak BUM Desa Bolali Maju merasa keberatan sehingga memohon dispensasi biaya crossing kabel fiber optik selama 2 tahun agar program penyediaan internet murah bagi warganya tidak terhambat.

Mendes PDTT menyadari PT KAI meminta biaya sebesar Rp30 juta itu sudah sesuai aturan yang berlaku. Kendati demikian kemampuan BUM Desa yang sebagian besar masih dalam status merintis usaha juga harus benar-benar dipertimbangkan.

“Saya yakin bisa dijalankan cari jalan tengah karena ini sama-sama untuk kepentingan rakyat. Kami yakin PT KAI juga mempunyai komitmen besar dalam mendukung tumbuh kembangnya BUM Desa,” katanya.

Mendes PDTT menilai ke depan potensi Kerjasama BUM Desa dengan PT KAI sangatlah besar. Apalagi saat ini BUM Desa sudah memiliki badan hukum jelas sehingga mempunyai potensi besar untuk berkembang dan bekerjasama dengan semua entitas usaha termasuk dengan PT KAI sebagai salah BUMN. “Jaringan PT KAI ini sebagian besar berada di desa-desa di Indonesia. Banyak stasiun dan jaringan rel yang melintasi banyak desa. Jika potensi ini dikembangkan maka akan banyak hal yang bisa dikerjasamakan antara BUM Desa dengan PT KAI,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyambut baik kehadiran dan rencana kerja sama antara Kemendes PDTT dengan PT KAI. Sebagai langkah awalnya ia menginginkan ada teken MoU dan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) agar lebih kuat secara hukum.

"Nanti dalam PKB itu apa saja yang bisa dikerja samakan, biar ditindak lanjuti," ungkap Didiek.

Sekedar informasi, BUM Desa Bolali Maju memilik program penyediaan internet murah untuk membantu masyarakat desa dalam hal memperoleh informasi pendidikan dan rintisan usaha UMKM berbasis online. Dalam hal itu harus membangun crossing kabel fiber optik yang kebetulan melintasi properti milik PT KAI.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Yogyakarta Dukung Revitalisasi Terminal Giwangan

Pemkot Yogyakarta siap mendukung revitalisasi Terminal Giwangan yang akan segera dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

NEWS | 29 Mei 2022

Ma’ruf Amin Jadi Pengganti Jokowi Selama Kunker

Wakil Presiden Ma’ruf Amin ditunjuk menjadi pengganti Jokowi selama kunjungan kerja ke lima negara.

NEWS | 28 Juni 2022

G-7 Berjanji untuk Mendukung Ukraina Selama Dibutuhkan

Para pemimpin G-7 berjanji untuk mendukung Ukraina "selama dibutuhkan" dan memperketat tekanan pada keuangan Rusia.

NEWS | 28 Juni 2022

Ditjen Hubdat Berkomitmen Wujudkan Zona Integritas

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan komitmennya untuk mewujudkan keberlanjutan zona integritas.

NEWS | 25 Mei 2022

Tuntut Kasus Indosurya Segera Disidang, Korban Gelar Demo di Mabes Polri

Korban kasus penipuan investasi dana nasabah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya menggelar demonstasi di depan Mabes Polri.

NEWS | 28 Juni 2022

Juli, Sistem Kelas Rawat Inap Standar BPJS Diuji Coba

Kebijakan kelas rawat inap standar (KRIS) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan diuji coba pada Juli 2022.

NEWS | 28 Juni 2022

Lembaga Masyarakat Adat Mendukung DOB Provinsi Papua

Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua menyatakan mendukung Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua.

NEWS | 28 Juni 2022

Kinerja Penanganan Mudik Tahun Ini Dinilai Positif

Kinerja penanganan mudik tahun ini mendapat penilaian positif dari sejumlah pihak baik dari presiden, DPR, dan masyarakat.

NEWS | 27 Juni 2022

Rudal Rusia Hantam Mal di Kremenchuk, 13 Orang Tewas

Dua rudal Rusia menghantam mal yang ramai di Kota Kremenchuk, Ukraina tengah pada Senin (27/6/2022), menewaskan sedikitnya 13 orang.

NEWS | 28 Juni 2022

Angkutan Lebaran 2022 Lancar berkat Kolaborasi Antarpihak

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganugerahkan penghargaan kepada berbagai pihak yang mendukung lancarnya Angkutan Lebaran 2022.

NEWS | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Daerah Otonom Baru Papua, DPR: Pemerataan Pembangunan

Daerah Otonom Baru Papua, DPR: Pemerataan Pembangunan

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings